Menentukan Rencana Studi: Berapa Lama S2 di Swiss?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Menentukan Rencana Studi: Berapa Lama S2 di Swiss?

Menentukan Rencana Studi: Berapa Lama S2 di Swiss?

Temukan jawaban lengkap mengenai durasi studi S2 di Swiss, termasuk faktor-faktor yang memengaruhinya dan tips untuk merencanakan masa studi yang efektif

Studi S2 di Swiss adalah pilihan menarik bagi banyak mahasiswa internasional yang ingin mengejar pendidikan tinggi yang berkualitas di tengah lingkungan akademik yang dinamis dan multikultural. Namun, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gelar S2 di Swiss? Yuk, Mari kita eksplorasi lebih dalam di artikel kali ini.

pesona-swiss

Sekilas Tentang Pendidikan Di Swiss


Swiss, adalah sebuah negara federal di Eropa Tengah yang terdiri dari 26 kanton. Negara ini berbatasan dengan Jerman di utara, Prancis di barat, Italia di selatan, Liechtenstein dan Austria di timur. Swiss terkenal dengan pegunungannya yang megah, seperti Pegunungan Alpen, danau-danau yang indah, dan kota-kotanya yang menawan.

Swiss terkenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas tinggi, menduduki peringkat teratas di dunia. Wajib belajar di Swiss selama 11 tahun, dimulai dari usia 6 tahun.

Pendidikan dasar di swiss sendiri, terdiri dari sekolah dasar (Primarstufe) selama 6 tahun dan sekolah menengah pertama (Sekundarstufe I) selama 3 tahun. Setelah wajib belajar, terdapat dua jalur utama, yang bisa ditempuh siswa untuk melanjutkan pendidikan, yakni :

  1. Pendidikan Kejuruan (Berufsbildung): Berfokus pada pelatihan praktis untuk memasuki dunia kerja.
  2. Pendidikan Menengah Atas (Gymnasialstufe): Mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di universitas.

Swiss sendiri memiliki banyak universitas dan sekolah tinggi ternama, seperti ETH Zurich dan EPFL. Bahasa pengantar perkuliahan di SWISS, umumnya Jerman, Prancis, Italia, atau Inggris.

Struktur Program S2 di Swiss


Program S2 di Swiss umumnya terdiri dari dua jenis, yakni :

  • Master of Arts (MA) atau Master of Science (MSc): Biasanya berfokus pada subjek ilmu pengetahuan atau humaniora.
  • Master of Advanced Studies (MAS): Lebih terfokus pada aplikasi praktis dalam bidang tertentu seperti manajemen, teknik, atau keuangan.

Baca juga artikel menarik lainnya : Kuliah di Swiss Pakai Bahasa Apa? Cek Panduan dan Persyaratannya Disini!


Durasi Program

Berapa lama S2 Di Swiss? untuk durasi program S2 di Swiss berlangsung 1 - 2 tahun, namun hal ini juga dapat dipengaruhi pada beberapa faktor, seperti :

  • Jenis Program: Program MA/MSc biasanya berlangsung selama dua tahun penuh atau empat semester. Sementara itu, program MAS mungkin lebih pendek, sering kali antara satu hingga dua tahun, tergantung pada struktur program dan kebutuhan siswa.
  • Bentuk Studi: Beberapa universitas menawarkan fleksibilitas dalam bentuk studi, termasuk program paruh waktu. Jika Anda memilih untuk belajar paruh waktu, ini akan memperpanjang durasi studi Anda.
  • Tesis atau Proyek Akhir: Banyak program S2 di Swiss mengharuskan siswa menyelesaikan tesis atau proyek akhir sebagai bagian dari persyaratan gelar. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tesis atau proyek ini dapat bervariasi, dan hal ini dapat mempengaruhi durasi program S2 di Swiss

Tips untuk Menyelesaikan S2 di Swiss Tepat Waktu

  • Pilihlah program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.
  • Buatlah rencana studi yang realistis dan patuhi rencana tersebut.
  • Manfaatkan sumber daya yang tersedia di universitas, seperti tutor dan perpustakaan.
  • Berkomunikasi dengan dosen dan pembimbing Anda secara teratur.
  • Kelola waktu Anda dengan baik dan hindari menunda-nunda pekerjaan dan waktu belajar.

Proses Aplikasi

Proses aplikasi untuk mendaftar program S2 di Swiss sering kali melibatkan langkah-langkah berikut, yakni :

1. Pilih Program dan Universitas

Pilih program dan universitas yang sesuai dengan minat akademis dan kebutuhan Anda.

2. Persyaratan Masuk

Periksa persyaratan masuk untuk program yang Anda minati. Ini bisa termasuk tes bahasa, transkrip akademik, surat rekomendasi, dan pernyataan tujuan.

3. Kirim Aplikasi Online

Isi formulir aplikasi online dan unggah semua dokumen yang diperlukan.

4. Evaluasi Aplikasi

Universitas akan meninjau aplikasi Anda dan memberi tahu Anda tentang keputusan mereka. Setelah diterima, Anda harus mendaftar sebagai mahasiswa resmi universitas tersebut.

Yang harus Anda perhatikan, biaya studi dan biaya hidup di Swiss bisa cukup tinggi, terutama di kota-kota besar seperti Zurich dan Geneva.

Biaya studi bervariasi antara universitas dan program, tetapi mahasiswa internasional sering dikenakan biaya lebih tinggi daripada mahasiswa Swiss atau UE. 


Baca artikel kami yang lain : 5 Hal yang Bisa Kamu Nikmati Dengan Gratis Saat Kuliah dan Tinggal di Swiss


Studi S2 di Swiss menawarkan pengalaman akademik yang kaya dan berharga di tengah lingkungan yang inovatif dan multikultural. Lamanya studi S2 di Swiss juga bervariasi tergantung pada program dan universitas yang dipilih. 

Meskipun biaya studi dan biaya hidup bisa menjadi faktor yang menantang, manfaat pendidikan di Swiss, termasuk akses ke jaringan profesional global dan peluang karier yang luas, sering kali memberikan nilai jangka panjang yang besar bagi lulusannya.

Dengan perencanaan yang matang dan kerja keras, Anda dapat menyelesaikan studi S2 Anda si Swiss tepat waktu dan Anda mencapai tujuan pendidikan Anda. 

Mau Kuliah di S2 Di Swiss Dengan Mudah ? Yuk Vista Education bantu!

Anda mempunyai impian untuk melanjutkan pendidikan S2 ke Swiss dalam jarak dekat tapi masih bingung mau mulai darimana? Hubungi vista education, Tim kami siap membantumu.

Kami berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Kami telah bermitra dengan 200 lebih universitas dari USA, UK, Kanada, Swiss, Korea Selatan, China, Hongkong, Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu lagi pusing, tim kami akan mendampingi Anda mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan.

Yuk, segera isi form konsultasi disini dan mulailah berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !