Daftar 10 Universitas Terkenal di Australia
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Daftar 10 Universitas Terkenal di Australia

Daftar 10 Universitas Terkenal di Australia

Raih masa depan cerah dengan memilih salah satu dari 10 Universitas Terkenal di Australia berikut. Pelajari juga tentang kualitas pendidikan, lingkungan belajar, dan peluang setelah lulus.

Australia terkenal dengan sistem pendidikannya yang berkualitas tinggi dan budayanya yang ramah. Negara ini menjadi rumah bagi banyak universitas ternama yang diakui secara global, menarik para pelajar dari seluruh dunia. 

Berikut dibawah ini adalah 10 universitas ternama di Australia, berdasarkan peringkat QS World University Rankings 2024:

University-of-Melbourne

1. University of Melbourne

Universitas ini menduduki peringkat pertama di Australia dan ke-14 di dunia dan merupakan universitas tertua kedua di Melbourne, Victoria. Universitas ini terkenal dengan keunggulannya dalam berbagai bidang, seperti kedokteran, hukum, dan sains. 

Terletak strategis di pusat kota Melbourne, selain akses mudah ke fasilitas kota, universitas ini juga memiliki reputasi global untuk penelitian dan inovasi.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah Julia Gillard, perdana Menteri Australia wanita pertama yang menjabat dari tahun 2010 hingga 2013. Beliau memperoleh gelar sarjana hukum dari The University of Melbourne sebelum memasuki dunia politik.

The-University-of-New-South-Wales

2. The University of New South Wales (UNSW Sydney)

Universitas ini berada di peringkat kedua di Australia dan ke-19 di dunia, UNSW menawarkan program-program di tingkat S1, S2 dan S3 dalam 9 fakultas serta unggul dalam bidang teknik, teknologi, dan bisnis. 

Universitas ini memiliki fokus yang kuat pada industri dan kewirausahaan, dengan banyak peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja praktis.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah, Mike Cannon-Brookes, pengusaha dan salah satu pendiri Atlassian, perusahaan perangkat lunak terkemuka yang berbasis di Australia. Cannon-Brookes belajar di UNSW Sydney sebelum memulai perjalanan karirnya yang sukses dalam dunia teknologi.

The-University-of-Sydney

3. The University of Sydney

Sebagai salah satu institusi pendidikan tertua di Australia dan berada di peringkat ketiga di Australia dan ke-21 di dunia, University of Sydney menawarkan pendidikan berkualitas tinggi di berbagai disiplin ilmu. Universitas ini terkenal dengan program seni liberalnya yang kuat dan fokusnya pada penelitian.

Kampusnya yang indah terletak di dalam kota Sydney, menambah daya tarik bagi mahasiswa lokal dan internasional.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah Malcolm Turnbull, politisi Australia yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Australia dari 2015 hingga 2018. Turnbull adalah lulusan dari Fakultas Hukum University of Sydney dan telah menjadi tokoh penting dalam politik Australia selama beberapa dekade.

Australian-National-University-ANU

4. Australian National University (ANU)

Australian National University atau disingkat ANU merupakan universitas yang berlokasi di Canberra, ibukota Australia.

ANU menduduki peringkat keempat di Australia dan ke-30 di dunia. Universitas ini terkenal dengan penelitiannya yang berkelas dunia di berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, humaniora, dan sains serta hubungannya yang erat dengan pemerintah Australia.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah Kevin Rudd, mantan perdana menteri Australia yang menjabat dalam dua periode, yaitu 2007-2010 dan 2013. Rudd mendapatkan gelar master dalam bidang Kebijakan Internasional dari ANU sebelum memasuki dunia politik.

Monash-University

5. Monash University

Duduk di peringkat kelima di Australia dan ke-51 di dunia, Monash university didirikan pada tahun 1958 dan dinamai untuk mengenang pemimpin militer Australia era Perang Dunia I Sir John Monash.

Universitas ini memiliki beberapa kampus di seluruh Australia dan terkenal dengan program studinya yang beragam dan inovatif serta memiliki fokus yang kuat pada pembelajaran global dan interkultural.
Monash University menawarkan berbagai program akademik dari ilmu kedokteran hingga seni dan humaniora.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia periode 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-K.H Ma'ruf Amin dan juga ketua umum partai golkar

Baca juga artikel kami lainnya : Kuliah sambil Kerja di Australia? Emang Boleh?

The-University-of-Queensland

6. The University of Queensland

Berada di peringkat keenam di Australia dan ke-52 di dunia, Terletak di Brisbane, University of Queensland adalah salah satu universitas terkemuka di dunia dalam bidang ilmu kedokteran, teknik dan sains. Universitas ini juga memiliki program studi yang populer di bidang seni dan humaniora.

Kampusnya yang hijau dan terbuka menawarkan lingkungan belajar yang mendukung dan inspiratif.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah, Quentin Bryce, seorang politisi Australia yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal Australia pertama dari kalangan perempuan. Bryce memperoleh gelar hukumnya dari University of Queensland dan telah berkontribusi secara signifikan dalam bidang hukum, pendidikan, dan pemberdayaan perempuan.

University-of-Western-Australia

7. University of Western Australia

Duduk di peringkat ketujuh di Australia dan ke-96 di dunia, University of Western Australia atau disingkat UWA,  terletak di Perth dan merupakan salah satu universitas tertua di negara ini. Universitas ini terkenal dengan program studinya di bidang pertambangan, minyak dan gas, dan ilmu kelautan. 

Universitas ini juga dikenal karena lingkungan belajarnya yang canggih dan penelitiannya yang berdampak, UWA menarik mahasiswa dari seluruh dunia untuk mengejar studi tinggi di sana.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah Fiona Stanley, seorang epidemiologis Australia yang terkenal karena penelitiannya dalam bidang kesehatan anak. Dia dianugerahi gelar kehormatan dari UWA atas kontribusinya terhadap masyarakat dan ilmu pengetahuan.

University-of-Adelaide

8. University of Adelaide

Berada di peringkat kedelapan di Australia dan ke-106 di dunia, University of Adelaide terkenal dengan program studinya di bidang kedokteran, ilmu kesehatan, dan seni. 

University ini terletak di kota Adelaide, Australia Bagian Selatan dan berdiri pada tahun 1874 dan merupakan salah satu kampus tertua di Australia serta memiliki fokus yang kuat pada penelitian dan inovasi.

Universitas ini menawarkan program akademik yang luas dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, seni, dan bisnis.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah  Penny Wong, politisi Australia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Pemerintahan Australia. Wong adalah lulusan hukum dari University of Adelaide dan merupakan anggota senior Partai Buruh Australia.

Macquarie-University

9. Macquarie University

Duduk di peringkat kesembilan di Australia dan ke-201-250 di dunia, Macquarie University  didirikan tahun 1964 oleh Pemerintah New South Wales dan merupakan universitas ketiga yang didirikan di wilayah metropolitan Sydney. 

Macquarie University terkenal dengan program studinya di bidang bisnis, komunikasi, dan pendidikan. Universitas ini memiliki fokus yang kuat pada pembelajaran praktis dan kewirausahaan.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah Adam Hills seorang komedian dan presenter televisi terkenal asal Australia, dikenal luas karena gaya humornya yang cerdas dan inklusif. Ia lahir pada tanggal 10 Juli 1970 dan merupakan salah satu alumni dari Macquarie University di Sydney, tempat ia mempelajari komunikasi jurnalisme. 

Adam Hills mencapai ketenaran internasional terutama melalui acara talk show-nya yang berjudul "The Last Leg," yang tayang di Inggris. Acara ini awalnya dimulai sebagai pendamping untuk Paralimpiade London 2012 dan mendapat pujian karena cara Hills membahas isu-isu dengan humor namun tetap menghormati dan mengedepankan inclusivity. Selain itu, Adam Hills juga terkenal karena keterlibatannya dalam berbagai program televisi lain dan penampilan stand-up komedinya yang menarik audiens global.

RMIT-University

10. RMIT University

Berada di peringkat kesepuluh di Australia dan ke-251-300 di dunia, Royal Melbourne Institute of Technology atau yang biasa disingkat menjadi RMIT University. 

RMIT University yang sudah berdiri sejak tahun 1887 merupakan salah satu universitas negeri Australia yang berorientasi riset yang memiliki spesialisasi bidang technology, design dan enterprise serta memiliki banyak partnership menarik dengan banyak industri di tingkat nasional maupun internasional.

RMIT University terkenal dengan program studinya di bidang seni, desain, dan teknologi. Universitas ini memiliki lokasi yang strategis di pusat kota Melbourne.

Alumni yang terkenal dari universitas ini adalah Alexis Wright seorang penulis Aborigin Australia yang terkenal dan dihormati, dan salah satu alumni dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT). Dia dikenal karena karyanya dalam sastra yang mengeksplorasi dan menyoroti isu-isu kehidupan pribumi Australia. Karya-karyanya sering kali berisi narasi yang kaya dan kompleks, yang menggabungkan realitas historis dan kontemporer dengan unsur-unsur mistis dan spiritual.

Nah, Itulah sepuluh universitas terkenal di Australia. Setiap universitas ini memiliki keunggulan akademiknya sendiri dan menawarkan berbagai peluang belajar yang menarik bagi para mahasiswa.

Dengan sistem pendidikan tinggi yang berkualitas, Australia menjadi destinasi yang menarik bagi para pelajar internasional.

Baca juga artikel kami yang lain : Penting! Ini Durasi Kuliah di Australia


Ingin kuliah di Australia? Yuk, mulai persiapan mu bersama Vista Education!


Ada banyak universitas di Australia yang menjadi partner Vista Education, lho. Tim professional Vista Education siap membantu Anda mewujudkan mimpi kuliah ke Australia, Kami berpengalaman sejak tahun 1998 dan telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri, terutama ke Australia.

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami disini atau hubungi kami via WhatsApp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !