Kuliah di Swiss Pakai Bahasa Apa? Cek Panduan dan Persyaratannya Disini!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah di Swiss Pakai Bahasa Apa? Cek Panduan dan Persyaratannya Disini!

Kuliah di Swiss Pakai Bahasa Apa? Cek Panduan dan Persyaratannya Disini!

Bingung kuliah di Swiss pakai bahasa apa? Temukan panduan dan persyaratan lengkap di artikel ini! Pelajari lebih lanjut tentang penggunaan bahasa dalam kuliah di Swiss dan siapkan langkah Anda menuju pendidikan internasional yang sukses

Swiss, dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan jam tangan berkualitas tinggi, juga merupakan tujuan populer bagi mahasiswa internasional yang ingin mengejar pendidikan tinggi, terutama mahasiswa dari Indonesia. Negara ini menawarkan pendidikan berkualitas, universitas berperingkat tinggi, dan lingkungan multikultural. 

Nah, Jika Anda tertarik untuk melanjutkan studi di Swiss, berikut kami akan memberikan panduan lengkap mengenai bahasa pengantar dan persyaratan yang harus Anda penuhi saat kuliah di Swiss.

Bahasa Pengantar di Swiss

Swiss memiliki empat bahasa nasional, yakni : Jerman, Prancis, Italia, dan Romansh. Namun, Romansh jarang digunakan. Bahasa pengantar di universitas tergantung pada lokasi universitas tersebut:

  • Jerman: Di daerah berbahasa Jerman, seperti Zurich atau Bern, banyak program yang diajarkan dalam bahasa Jerman, khususnya untuk program sarjana. Namun, untuk program pascasarjana, banyak yang ditawarkan dalam bahasa Inggris.
  • Prancis: Di kota seperti Jenewa dan Lausanne, bahasa Prancis dominan. Serupa dengan daerah berbahasa Jerman, program sarjana umumnya diajarkan dalam bahasa Prancis, sementara program pascasarjana seringkali tersedia dalam bahasa Inggris.
  • Italia: Di kanton Ticino, satu-satunya kanton berbahasa Italia, universitas seperti Università della Svizzera italiana menawarkan beberapa program dalam bahasa Italia, namun program pascasarjana seringkali ada dalam bahasa Inggris.

Meskipun banyak program, terutama di tingkat pascasarjana, yang ditawarkan dalam bahasa Inggris, memiliki kemampuan berbahasa (Jerman, Prancis, atau Italia) bisa menjadi keuntungan besar, tidak hanya untuk studi tetapi juga untuk kehidupan sehari-hari dan peluang kerja Anda kedepan di Swiss.

Banyak yang bertanya ke konsultan vista education terkait kuliah di swiss pakai bahasa apa? Jawabannya, yakni : bahasa yang digunakan untuk kuliah di Swiss tergantung pada program dan universitas yang Anda pilih. 

Yang harus Anda ketahui, program kuliah di universitas di Swiss ditawarkan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris. Namun, sebagian besar program S1 atau program sarjana diajarkan dalam bahasa Jerman, Italia, atau Prancis, sementara program S2 atau program magister lebih banyak disampaikan dalam bahasa Inggris.

Jadi, jika Anda ingin kuliah di Swiss, Anda dapat memilih program yang disampaikan dalam bahasa yang Anda kuasai atau memilih program berbahasa Inggris di jenjang S2. 

Perlu diingat juga bahwa persyaratan kuliah di Swiss juga mencakup tes bahasa Inggris yang bersertifikasi internasional, seperti IBT TOEFL, PTE, atau IELTS

 

Baca juga artikel kami lainnya : Mau Kerja di New Zealand? Cek Fakta Ini

 

Panduan Kuliah di Swiss

1. Pilih Program Studi Yang Sesuai Minat

  • Universitas: Pilih universitas yang menawarkan program studi yang Anda minati. Pastikan juga Anda memenuhi persyaratan masuk untuk program studi yang Anda pilih.
  • Bahasa Pengantar: Perhatikan bahasa pengantar program studi, karena beberapa program diajarkan dalam bahasa Jerman, Prancis, atau Italia.

2. Persiapkan Persyaratan Pendaftaran

  • Persiapkan Dokumen Ijazah dan Transkrip Nilai: Terjemahkan ijazah dan transkrip nilai Anda ke dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, atau Italia.
  • Tulis Surat Motivasi: Jelaskan mengapa Anda ingin kuliah di Swiss dan program studi yang Anda pilih.
  • Minta Surat Rekomendasi: Jika Anda ingin lanjut S2 di Swiss, mintalah dua surat rekomendasi dari dosen atau atasan Anda.
  • Ikut Tes Bahasa: Ikuti tes bahasa yang disyaratkan oleh program studi, seperti TOEFL atau IELTS.
  • Miliki Visa Pelajar: Ajukan visa pelajar ke kedutaan besar Swiss di negara Anda.
  • Pertimbangkan Biaya Kuliah: Biaya kuliah di Swiss bervariasi tergantung pada universitas dan program studi. Namun, biaya kuliah di swiss relatif lebih murah dibanding beberapa negara seperti Amerika Serikat atau Inggris, biaya kuliah per tahun di Swiss tidak sampai membuat mahasiswa terbelit hutang dan umumnya berkisar hanya antara 800 sampai 1.500 CHF atau Rp 12,2 sampai Rp 22,8 juta setiap semester.

Persyaratan Kuliah di Swiss

  • Ijazah SMA/SMK: Memiliki ijazah SMA/SMK jika ingin lanjut S1 di Swiss dengan nilai yang baik.
  • Bahasa Pengantar: Memiliki kemampuan bahasa yang cukup untuk mengikuti program studi, dibuktikan dengan sertifikat tes bahasa.
  • Miliki Paspor dan Visa Pelajar: Mendapatkan visa pelajar dari kedutaan besar Swiss di negara Anda.
  • Miliki Letter of Acceptance: Dokumen ini nanti diterima setelah Anda diterima di universitas pilihan Anda di Swiss.
  • Miliki Asuransi Kesehatan: Asuransi kesehatan diperlukan selama studi di Swiss.

3. Tips Sukses Kuliah di Swiss

  • Belajar bahasa: Pelajari bahasa Jerman, Prancis, atau Italia untuk memudahkan Anda beradaptasi dengan kehidupan di Swiss.
  • Cari informasi: Cari informasi sebanyak mungkin tentang universitas, program studi, dan biaya hidup di Swiss. Anda bisa berkonsultasi ke team vista education terkait perkuliahan di Swiss
  • Persiapkan diri: Siapkan diri Anda secara mental dan finansial untuk berkuliah di Swiss.

 

Baca artikel kami yang lain : 5 Hal yang Bisa Kamu Nikmati Gratis Saat Kuliah dan Tinggal di Swiss

 

Mau Kuliah di Swiss Dengan Mudah ? Yuk Vista Education bantu!

Anda mempunyai impian untuk melanjutkan pendidikan ke Swiss dalam jarak dekat tapi masih bingung mau mulai darimana? Hubungi vista education, Tim kami siap membantumu.

Kami berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Kami telah bermitra dengan 200 lebih universitas dari USA, UK, Kanada, Swiss, Korea Selatan, China, Hongkong, Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu lagi pusing, tim kami akan mendampingi Anda mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan.

Yuk, segera isi form konsultasi disini dan mulailah berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !