Bachelor degree artinya apa dan apa bedanya dengan sarjana di Indonesia?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Bachelor degree artinya apa dan apa bedanya dengan sarjana di Indonesia?

Bachelor degree artinya apa dan apa bedanya dengan sarjana di Indonesia?

Bachelor degree adalah gelar akademik yang diperoleh setelah menyelesaikan program sarjana lalu apa bedanya dengan gelar sarjana di Indonesia? yuk simak pembahasan lengkapnya disini

Pendidikan tinggi adalah salah satu tonggak penting dalam kehidupan seseorang. Dalam perjalanan akademik, Setelah lulus SMA, Anda pasti pernah mendengar istilah "bachelor degree". Apakah itu bachelor degree? Apa artinya dan mengapa itu penting? 

Nah,  pada artikel kali ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang arti, jenis, pentingnya bachelor degree serta perbedaannya dengan gelar sarjana di Indonesia.

Mengenal Apa Itu Bachelor Degree 

Di Indonesia sendiri gelar Bachelor degree, atau gelar sarjana, adalah gelar pendidikan tinggi yang diberikan kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan program pendidikan tingkat sarjana. Gelar ini biasanya diberikan oleh universitas atau perguruan tinggi setelah mahasiswa menyelesaikan program studi yang dipilih.

Di Indonesia penamaan gelar yang digunakan adalah Sarjana, Magister atau Doktor. Hal ini tentunya berbeda, di luar negeri penamaan gelar berbeda menjadi Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate. 

 

Baca juga artikel kami lainnya : Mengenal Apa Itu Graduate Degree dan Perbedaannya Dengan Postgraduate & Undergaduate

Jenis-Jenis Bachelor Degree

Gelar Bachelor degree terbagi menjadi beberapa jenis tergantung pada bidang studi atau program akademik yang diambil. Berikut adalah beberapa gelar bachelor degree yang umum digunakan:

  • Bachelor of Arts (B.A.): Gelar ini umumnya diberikan untuk program-program studi di bidang humaniora, seni, dan ilmu sosial seperti sastra, sejarah, psikologi, dan lainnya.
  • Bachelor of Science (B.S.): Gelar ini biasanya diberikan untuk program-program studi yang berfokus pada ilmu pengetahuan, matematika, teknik, atau bidang terkait lainnya seperti fisika, biologi, dll.
  • Bachelor of Fine Arts (B.F.A.): Gelar ini diberikan kepada mereka yang menyelesaikan program-program studi di bidang seni rupa atau seni pertunjukan seperti seni lukis, tari, teater, dan lainnya.
  • Bachelor of Business Administration (B.B.A.): Gelar ini berfokus pada studi bisnis dan manajemen, dan biasanya meliputi bidang seperti ekonomi, keuangan, pemasaran, dan manajemen sumber daya manusia.
  • Bachelor of Engineering (B.Eng. atau B.E.): Gelar ini diberikan kepada mereka yang menyelesaikan program studi di bidang teknik seperti teknik mesin, teknik kimia, teknik sipil, teknik listrik, dan lainnya.
  • Bachelor in Computer Science (B.Comp.Sc.) : Gelar ini adalah gelar yang  diberikan kepada mereka yang sudah menyeleseikan program ilmu komputer. Lebih lanjut, ilmu komputer merupakan program studi yang mempelajari bagaimana menerjemahkan bahasa mesin menjadi bahasa yang mudah manusia mengerti.
  • Bachelor of Education (B.Ed.): Gelar ini biasanya diberikan kepada calon guru setelah menyelesaikan program pendidikan khusus untuk profesi pengajaran.

Pentingnya Gelar Bachelor Degree Untuk Masa Depan

Jika Anda memiliki gelar Bachelor degree selain memperdalam pengetahuan, memperluas keterampilan, gelar tersebut juga memberikan beberapa keuntungan untuk Anda di masa depan, antara lain:

  • Pintu Masuk ke Pekerjaan: Di banyak bidang, gelar bachelor degree merupakan syarat minimum untuk memasuki pasar kerja. Banyak perusahaan multinasional terutama di Indonesia membutuhkan karyawan dengan pendidikan tinggi untuk posisi-posisi yang lebih tinggi dan berpenghasilan lebih baik.
  • Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan: Melalui program-program sarjana, mahasiswa dapat memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang tertentu. Ini mempersiapkan mereka untuk sukses dalam karir yang mereka pilih.
  • Membangun Jaringan dan Kesempatan: Kampus / universitas adalah tempat yang bagus untuk membangun jaringan profesional. Mahasiswa dapat berinteraksi dengan sesama rekan sejawat, dosen, dan profesional dalam bidang mereka yang akan membantu mereka dalam memperluas kesempatan karir di masa mendatang.
  • Prestise dan Pengakuan: Gelar sarjana dari universitas terkemuka seperti contoh dari universitas harvard dapat meningkatkan reputasi dan prestise seseorang di masyarakat, kolega bisnis serta mertua.
  • Membuka Peluang Pendidikan Lanjutan: Bachelor degree adalah prasyarat untuk melanjutkan studi ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, seperti gelar master atau doktor, yang dapat membuka pintu bagi karir-karir yang lebih maju dan berpenghasilan lebih tinggi di masa depan.

Bachelor-degree-artinya-apa

Perbedaan Bachelor Degree dengan Gelar Sarjana Indonesia

Secara umum Bachelor Degree dengan gelar sarjana di Indonesia memiliki sistem yang hampir sama dalam banyak hal.  Keduanya merupakan gelar yang diperoleh sebelum tingkat master atau magister, dengan durasi studi rata-rata sekitar 4 tahun atau setara dengan 120 SKS. 

Namun ada perbedaan dalam pengakuan gelar sarjana antara Indonesia dan negara lain. Beberapa program sarjana di Indonesia mungkin tidak diakui secara langsung di negara lain demikian pula sebaliknya.

Oleh karena itu, jika seseorang memiliki gelar sarjana dari Indonesia dan ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, mereka mungkin perlu menyelesaikan proses penilaian, penyetaraan ijasah ataupun mendapatkan gelar tambahan yang diakui secara internasional.

Banyak sekali lulusan menggunakan gelar Bachelor Degree untuk memasuki pasar kerja, sementara yang lain memilih melanjutkan ke tingkat pendidikan lanjutan, seperti gelar master. Biaya kuliah untuk memperoleh gelar Bachelor Degree juga bervariasi, mulai dari beberapa ribu hingga 150.000 dolar serta mahasiswa juga harus memenuhi persyaratan masuk yang ditetapkan oleh program studi yang mereka pilih.

Meskipun istilah "bachelor degree" dan "gelar sarjana" sering dikira sama oleh banyak orang, namun ada perbedaan penting dalam konteks internasional dan Indonesia. Bachelor degree adalah gelar pertama yang diperoleh setelah menyelesaikan program pendidikan tinggi di banyak negara di luar Indonesia, sementara gelar sarjana adalah istilah yang digunakan di Indonesia. Meskipun memiliki perbedaan ini, kedua gelar tersebut mewakili pencapaian akademis yang sama dalam konteks masing-masing.

Baca artikel kami lainnya : Mengenal LoA: Pengertian, Syarat, dan Cara Mendapatkannya

Yuk, Wujudkan Impianmu Kuliah Keluar Negeri Vista Education!

Vista Education memiliki Tim professional  yang siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke luar negeri. Kami berpengalaman sejak tahun 1998 dan telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Tunggu apalagi, segera isi form konsultasi disini untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !