Apa Beda BA, MA dan MBA?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa Beda BA, MA dan MBA?

Apa Beda BA, MA dan MBA?

Banyak istilah di perkuliahan yang bikin bingung? Bagaimana dengan perbedaan gelar BA, MA, dan MBA? Apakah menurutmu 3 gelar itu memiliki perbedaan yang signifikan? Mulai dari pengertian, durasi studi, sampai profesinya pun berbeda lho!

Stop bingung lagi dan simak penjelasan berikut. Kamu perlu tahu seperti apa gambaran dari gelar-gelar tersebut.


BA (Bachelor of Arts)

BA adalah gelar yang memiliki mata kuliah non-ilmiah, seperti akuntansi dan keuangan, manajemen bisnis, atau event management. Mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa jurusan ini tentang seni liberal, antara lain adalah sastra, ilmu sosial, sejarah, humaniora, dan bahasa asing.

BA in Business Administration memiliki kelas-kelas yang memungkinkan kerangka kerja yang lebih luas untuk mengkontekstualisasikan bisnis. Kerangka berpikir ini mengaitkan antara bisnis dengan kehidupan sosial.

Umumnya, gelar BA dapat ditempuh dalam waktu 3-4 tahun. Mahasiswa dapat menjalani gelar ini setelah menyelesaikan studi sarjana di bidang tertentu dari seni liberal. Pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa bergelar BA cukup luas di berbagai bidang sesuai dengan jurusan yang diambil.

MA (Master of Arts)

MA adalah gelar pascasarjana dalam bahasa inggris, sejarah, geografi, humaniora, filsafat, ilmu sosial, seni rupa, keperawatan, dan teologi. Namun sebenarnya gelar ini lebih fokus di bidang humaniora dengan mata pelajaran yang didominasi oleh sastra, bahasa, seni, komunikasi, dan linguistik.

Pada gelar MA cenderung fokus pada penelitian. Untuk gelar MA in Business Administration, terdapat topik utama seperti manajemen atau inovasi. Dengan konsentrasi di seni, maka gelar ini akan menghubungkan topik utamanya dengan seni serta strategi bisnis yang inovatif dan kreatif. Tak heran, lulusan gelar MA dapat mengelola museum, festival, maupun bekerja di sektor pendidikan dan pemerintahan.

Gelar MA dapat ditempuh dalam waktu 2 tahun. Lulusan gelar MA bisa jadi pengajar, asisten peneliti, atau konsultan di bidang terkait. Gelar ini juga cocok untuk kamu yang belum memiliki pengalaman kerja dan ingin lanjut ke gelar sarjana. Pun, gelar MA cocok bagi kamu yang ingin mengejar PhD nanti.


MBA (Master in Business Administration)

MBA adalah gelar pascasarjana dalam bisnis dengan pendekatan manajemen dan berbagai bidang di ranah bisnis. Gelar ini dianggap sebagai gelar bisnis paling bergensi di dunia dan ditujukan kepada orang-orang yang sudah cukup berpengalaman mengenai bisnis selama bertahun-tahun.

Di gelar MBA ini, mahasiswa perlu menempuh pendidikan dengan materi pembelajaran seperti akuntansi, keuangan, manajemen, pemasaran, ekonomi, hukum bisnis, hingga SDM. Maka dari itu, di setiap universitas pasti memiliki fokus MBA yang berbeda-beda, seperti fokus dalam manajemen, pemasaran, atau keuangan.

Durasi studi MBA umumnya selama 3 tahun. Tetapi ada pula di institusi tertentu menetapkan durasi studi selama 2 tahun. Setelah menyelesaikan gelar MBA, mahasiswa bisa melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar. Tentu saja dengan gelar MBA ini, mahasiswa dapat meraih posisi yang tinggi di pekerjaannya. Lalu, lulusan gelar MBA dapat menjadi konsultan keuangan dan bisnis atau manajer di suatu perusahaan.


Wah ternyata memang gelar yang diambil juga dapat dipengaruhi oleh tujuan kamu mengambil gelar tersebut dan konsentrasi apa yang ingin kamu pelajari. Daripada takut salah ambil gelar, konsultasikan dulu yuk dengan Vista Education yang punya rekomendasi untukmu dan dapat mengarahkanmu sesuai kebutuhan.

Jangan lupa juga gabung dalam Vista Master Class. Webinar spesial untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri dan sedang mempersiapkan tes TOEFL. Cek infonya di sini

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !