Apa Arti Rizz yang Menjadi Oxford's 2023 Word of The Year ?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa Arti Rizz yang Menjadi Oxford's 2023 Word of The Year ?

Apa Arti Rizz yang Menjadi Oxford's 2023 Word of The Year ?

Siapa yang sudah pernah dengar kata 'Rizz' ? Tau ga si kalau Oxford menetapkan kata Rizz sebagai Word of The Year untuk tahun 2023.

“He’s got serious rizz” 

“They’ve got this unspoken rizz” 

“Albert just tried to rizz up Carol” 

Apakah kalian sudah tau arti dari kalimat diatas ? Kalau belum, kamu harus tau kata yang dinobatkan sebagai Oxford’s 2023 Word of The Year. 

Meskipun pada tahun ini banyak sekali slang dalam bahasa Inggris yang muncul di sosial media, penetapan kata ‘rizz’ sebagai Word of The Year melewati berbagai proses sehingga akhirnya terpilih. Menurut ahli bahasa Oxford memilih kata rizz daripada slang lain karena mempertimbangkan 3 hal yaitu : 

1. Aspek Linguistik 
Meskipun kata rizz adalah sebutan baru tetapi kata tersebut dapat dengan cepat digunakan oleh masyarakat terutama generasi muda. Hal ini menunjukkan bahwa kata tersebut memiliki potensi untuk menjadi bagian dari bahasa Inggris modern. 

2. Aspek Kebudayaan 
Penggunaan kata rizz melibatkan aspek budaya karena mempunyai arti dalam menjelaskan faktor daya tarik manusia mulai dari penampilan fisik hingga kepribadian. 

3. Respons Publik
Respons publik menjadi salah satu penentu keberhasilan kata rizz untuk menjadi Word of The Year 2023. Kata rizz mendapatkan lebih dari 32 ribu suara dari publik yang mengunjungi website Oxford Language. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa kata ini sering digunakan oleh masyarakat umum. 

 

Asal kata Rizz 

Popularitas kata Rizz bermula dari salah satu influencer yang berasal dari media Twitch yaitu Kai Cenat yang menggunakan slang ini dalam siaran langsung yang saat itu ditonton 8 juta followersnya. Kai Cenat mengaku kalau kata rizz sebenarnya sering digunakan bersama teman-temannya dimana tempat ia berasal. Rizz sendiri merupakan kepedendekan dari kata dalam bahasa Inggris ‘Charisma’ atau Karisma dalam bahasa Indonesia. Kata ini bisa digunakan untuk menggambarkan daya tarik seseorang baik secara fisik dan penampilan yang mampu menarik perhatian orang lain. 

Baca Juga : Singakatan-Singakatan Populer Dalam Bahasa Inggris Pt.2

 

Popularitas kata Rizz 

Bermula dari media Twitch, slang ini juga mulai populer di sosial media lain seperti Tiktok. Tidak hanya berhenti disitu saja, aktor Tom Holland pemeran Spiderman dalam produksi Marvel juga pernah menggunakan slang ini di salah satu wawancaranya di Buzzfeed. 

tom holland buzzfeed

 

“What’s the secret to your rizz ?” (Apa rahasia dari karismamu ?) 

“I have no rizz whatsoever. I have limited rizz, my brother Paddy has ultimate rizz…” (Aku tidak punya karisma atau apapun itu. Aku punya karisma yang terbatas, adik laki-laki ku Paddy mempunyai karisma yang luar biasa)

Baca Juga : Cek 3 Hal Ini Sebelum Ambil Les Bahasa Inggris

 

Kamu mau tau lebih banyak lagi terkait slang dalam bahasa Inggris ? atau kamu ingin lebih jago bicara dalam bahasa Inggris ? Tenang aja ! VIP English punya berbagai program buat kamu yang mau belajar bahasa Inggris. Salah satunya kelas conversation yang dijamin bakal buat kamu percaya diri saat bicara dengan temanmu dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa mempersiapkan tes IELTS / TOEFL bersama VIP English lho! Baca selengkapnya tentang VIP English disini ya

 

Mulailah pendidikanmu di luar negeri bersama Vista Education!

Berpengalaman sejak 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. Seluruh tim akademik Vista English memiliki kualifikasi internasional. Mereka juga memiliki pengalaman mengajar program-program khusus International Exams selama lebih dari 10 tahun.

Tak hanya itu, tim kami juga siap mendampingimu dalam menentukan jurusan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !