Kuliah di UK Tanpa IELTS? Apa Bisa?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah di UK Tanpa IELTS? Apa Bisa?

Kuliah di UK Tanpa IELTS? Apa Bisa?

Ujian IELTS memang suka jadi PR tersendiri. Iya kalau langsung lulus, kalau enggak. Bisa gak ya kuliah di UK tanpa harus punya sertifikat IELTS?

Apakah mungkin kuliah di UK tanpa IELTS? Jawabannya bisa. Memungkinkan kok untuk belajar di Inggris tanpa IELTS. Tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan baik-baik. Pertama, kamu perlu mendaftar ke universitas tertentu yang memiliki persyaratan alternatif seperti nilai bahasa Inggris di kelas 11 dan 12, sudah bergelar sarjana dalam bahasa Inggris ( berarti untuk calon mahasiswa S2 ya) , atau universitas yang menyediakan kursus bahasa pra-sesi untuk siswa internasional.

Beberapa universitas terbaik di Inggris yang bisa kamu masuki tanpa IELTS diantaranya University of Central Lancashire, University of Greenwich, Swansea University, University of Northampton, University of Plymouth, Portsmouth University, dan Northumbria University. 

Berikut adalah persyaratan utama untuk visa belajar di UK tanpa IELTS:

  • Dokumen yang dibuktikan oleh universitas kamu dengan pernyataan bahwa kamu dapat mengajukan visa studi UK tanpa skor IELTS. 
  • Surat penerimaan dari universitas di Inggris 
  • Calon mahasiswa juga dapat mengikuti Secure English Language Test (SELT) yang diamanatkan oleh UK Visas and Immigration (UKVI) sebagai bukti valid untuk kemahiran berbahasa Inggris tanpa IELTS. 

Baca juga : Biaya Hidup dan Kuliah di UK dalam Rupiah

Bagaimana cara kuliah di UK tanpa IELTS?

IELTS bukan satu-satunya cara perguruan tinggi dapat menguji kemampuan bahasa Inggris kamu. Jika kamu belum mengikuti ujian IELTS, ada beberapa alternatif yang disediakan oleh universitas di UK. Berikut ini kriteria pengganti IELTS yang ditawarkan oleh universitas di Inggris:

  • Wawancara online: beberapa universitas mungkin meminta kamu untuk hadir dalam wawancara online untuk menilai kemampuan bahasa Inggris kamu. 
  • Nilai bahasa Inggris yang diperoleh di sekolah menengah: Jika kamu memiliki skor lebih dari 70% dalam bahasa Inggris saat sekolah menengah, maka hal tersebut akan menjadi pertimbangan bagi beberapa universitas. Namun, universitas telah menetapkan persyaratan mereka sendiri untuk kursus yang berbeda. 
  • Jurusan bahasa Inggris: Jika kamu mempelajari bahasa Inggris sebagai spesialisasi utama saat mengejar gelar sarjana, maka yang jelas kamu tidak perlu mengikuti tes IELTS. 
  • Kursus bahasa Inggris Pra-Sesi: Sebagaimana telah diuraikan diatas, beberapa universitas menawarkan kursus bahasa Inggris pra-sesi bagi mereka yang berencana untuk belajar di Inggris tanpa memberikan tes IELTS. Dengan demikian, kamu dapat mengambil kursus ini setelah dinyatakan diterima untuk program gelar pilihan kamu.

Baca juga: 5 Universitas Teknik Paling Unggulan di UK  

Mau Kuliah di UK? Yuk Vista Education bantu!

Vista Education adalah konsultan pendidikan yang berpengalaman selama 25 tahun. Bermitra dengan 200 lebih universitas dari USA, UK, Kanada, Swiss, Korea Selatan, China, Hongkong, Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand dan masih banyak lagi. Vista biasa membantu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, negara, pendaftaran, admission sampai akomodasi. Vista juga punya program bahasa Inggris loh. Yuk diskusi dengan kami sekarang

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !