Biaya Hidup dan Kuliah di UK dalam Rupiah
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Biaya Hidup dan Kuliah di UK dalam Rupiah

Biaya Hidup dan Kuliah di UK dalam Rupiah

Artikel wajib jika kamu ingin kuliah di UK

UK menjadi salah satu tujuan populer para pelajar untuk melanjutkan studi. Tak heran karena jajaran perguruan tinggi bergengsi ada di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Apakah kamu salah satu yang ingin sekolah di UK? Kalau iya, kamu harus paham dulu, nih, berapa biaya kuliah dan biaya hidup di UK? Yuk, simak ulasan selengkapnya!

  1. Biaya Visa dan Pelayanan Kesehatan

Biaya persiapan kuliah di UK juga salah satu yang wajib kamu ketahui. Setelah mendapatkan CAS (Certificate of Acceptance of Studies), kamu dapat memulai proses permohonan visa. Kamu dapat mengajukan permohonan visa hingga enam bulan sebelum kuliah dimulai dengan membayar biaya pendaftaran sejumlah £363 atau sekitar Rp. 6,5 juta untuk pelajar) dan memiliki paspor yang masih berlaku. 

Kamu juga wajib membayar kesehatan saat pengajuan visa. Biaya ini digunakan untuk akses ke Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS). Mahasiswa menerima diskon 25 persen dari biaya normal, sehingga tarif untuk pemegang visa pelajar adalah £470 atau sekitar Rp. 8,5 juta per tahun.

  1. Biaya Kuliah

Jumlah biaya kuliah yang harus kamu bayar akan tercantum dalam CAS, tergantung dimana kamu belajar. Merujuk ke laman resmi British Council, mahasiswa internasional membayar sekitar £10.000 hingga £26.000 atau sekitar Rp. 180 juta - 467 juta setiap tahun. Informasi biaya kuliah biasanya dicantumkan di situs resmi perguruan tinggi yang kamu tuju.

  1. Biaya Hidup

Kamu perlu menyiapkan biaya hidup yang digunakan untuk membayar akomodasi, tagihan, makanan, dan biaya hidup lainnya dengan total sekitar £800 – £1.300 atau sekitar Rp. 14 juta - Rp. 23 juta per bulannya. Biaya ini berbeda-beda tergantung lokasi dimana kamu tinggal, kota-kota besar di Inggris seperti London akan lebih tinggi biaya hidupnya.

Program gelar sarjana di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara biasanya dapat ditempuh selama tiga tahun. Sedangkan di Skotlandia berlangsung selama empat tahun. Untuk kamu yang ingin melanjutkan S2, gelar master di UK dapat diselesaikan dalam satu tahun penuh waktu. Jadi biaya hidup bisa lebih rendah dan kamu dapat berkarir lebih cepat.

Mulailah pendidikanmu di UK bersama Vista Education!

Ingin sukses kuliah di UK tapi masih bingung bagaimana memulainya? Tim professional Vista Education siap membantumu. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Nggak perlu pusing, tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. Yuk, segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !