Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

5 Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

Ternyata kuliah di luar negeri punya banyak keuntungan dari segi pendidikan maupun pekerjaan yang bisa didapatkan di masa depan lho!

Kuliah di luar negeri bukan hanya soal menempuh pendidikan. Kamu akan belajar banyak hal yang tidak bisa didapatkan di Indonesia. Kuliah di luar negeri melatih kita untuk survive. melihat dunia dengan pikiran yang lebih terbuka, mandiri dan melatih problem solving.

Selain itu, Apa saja yang bisa kamu dapatkan jika kuliah di luar negeri? Berikut ini keuntungan kuliah di luar negeri yang perlu kamu tahu.


Jangkauan karir dan relasi yang lebih luas

Ketika kamu kuliah di luar negeri, kamu akan banyak bertemu mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. Dengan begitu, kamu bisa menambah teman dengan jangkauan yang lebih luas. Bahkan, kamu bisa saja belajar bahasa negara lain dari temanmu berasal.

Banyak teman, banyak rejeki. Jika kamu memiliki banyak teman, kamu bisa mendapat peluang dari mereka, membangun bisnis dan meminta dukungan dari teman-temanmu. Selain itu, kamu tak akan lagi melihat dunia dengan mata yang sama. Berteman dengan berbagai latar belakang akan memperluas pemikiranmu. Memberikan pemahaman dan ide-ide baru yang mustahil didapatkan hanya dari Indonesia saja. 


Belajar lebih dari satu bahasa

Keuntungan yang didapatkan jika kamu kuliah di luar negeri adalah tidak hanya mempelajari satu bahasa asing, tetapi bisa dua sampai tiga bahasa sesuai daerah kuliah. Contoh, kamu kuliah di Korea Selatan atau China. Meskipun pembelajaran kuliah memakai Bahasa Inggris, kamu juga harus memahami bahasa lokal. Yap, agar lebih mudah beradaptasi dan membaur dengan kehidupan sosial. Pada akhirnya, kamu akan mendapat nilai lebih lagi. Lihai berbahasa Inggris dan cerdas berbahasa Korea atau Tionghoa. 


Mendapatkan kualitas pendidikan yang tinggi

Banyak negara maju yang bisa menjadi tempatmu untuk menempuh pendidikan. Negara-negara maju tersebut memiliki keunggulan meliputi kualitas pendidikan, lingkungan, budaya, ekonomi, hingga teknologi.

Kuliah di luar negeri akan mendapatkan pengalaman merasakan canggihnya teknologi, mendapat lingkungan dan masyarakat yang berbeda, kualitas pendidikan yang menggunakan fasilitas modern, dan lain-lain. Tentunya jika belajar di luar negeri, kualitasnya lebih baik dari segi pembelajaran maupun fasilitas pendukung penelitiannya.


Kesempatan Magang di perusahaan impian

Kelebihan lain universitas di luar negeri adalah kerja sama mereka dengan berbagai perusahaan internasional. Rata-rata, mereka memang sudah memiliki kontrak kerja sama. Jadi gak heran kalau kamu akan lebih mudah untuk magang bahkan bekerja di berbagai perusahaan impian seperti Disney, Google, Toyota, JW Marriott, Hilton Hotel  dan masih banyak lagi. Universitas luar negeri juga menganggap magang atau internship sebagai hal penting. Bahkan ada yang menerapkanya selama 1 semester penuh.

 

Meningkatkan kemampuan adaptasi

Culture shock sudah pasti akan dirasakan oleh setiap mahasiswa internasional. Culture shock bisa dirasakan terhadap jenis makanan, peraturan umum, musim atau cuaca, dan lingkungan tempat tinggal. 

Mungkin akan terasa berat sebelumnya, namun disinilah kamu akan banyak belajar. Kita tidak bisa selamanya berada di zona nyaman. Kita pasti akan berpindah dari satu lingkungan kerja ke lingkungan lain. Jika tinggal di luar negeri saja bisa kamu atasi, maka kamu sudah siap dengan berbagai perubahan lingkungan hidup di masa depan


CV mu akan jauh lebih diminati

Sudah jadi rahasia umum, CV mu akan semakin glowing dimata para HR jika berasal dari universitas elit. Apalagi jika ada predikat “lulusan luar negeri”. Ya, kamu akan mendapat privilege dan dianggap lebih menonjol. Kuliah di luar negeri bukan perkara mudah. Lulus dari universitas luar negeri juga sebuah pencapaian besar. Sudah sepantasnya jika kamu masuk deretan SDM (Sumber Daya Manusia) unggul


Apa kamu masih berpikir kuliah di luar negeri cuma soal belajar? Kamu akan mendapat banyak hal yang lebih dari yang kamu bayangkan. Kalau masih ragu atau memiliki perbedaan paham dengan orang tuamu untuk kuliah di luar negeri, kamu bisa hubungi Vista Education untuk konsultasi . Isi form konsultasi atau klik kontak untuk menghubungi kantor terdekat ya!