5 Aturan Tidak Tertulis Saat Kuliah di Korea Selatan
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Aturan Tidak Tertulis Saat Kuliah di Korea Selatan

5 Aturan Tidak Tertulis Saat Kuliah di Korea Selatan

Siapa sih yang nggak pengen menempuh pendidikan di negeri ginseng? Yaps, negeri ginseng adalah sebutan bagi Korea Selatan. Korea Selatan tentunya memiliki budaya sekaligus aturan yang sudah menjadi ciri khas. Tentunya jika kamu ingin berkuliah di sana, kamu harus tahu beberapa hal yang menjadi aturan tidak tertulis di Korea Selatan. Ready to know?

 

  1. Dilarang memberi tip 

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah tip. Tip adalah uang tambahan atau extra fee yang diberikan konsumen kepada pemberi jasa. Memberikan tip menjadi hal yang lumrah dilakukan dalam industri pelayanan seperti hotel dan restoran. Namun demikian, di Korea Selatan hal ini bukanlah kebiasaan yang umum dilakukan. Memberikan tip dianggap sebagai tindakan yang kasar dan tidak sopan. Hal ini disebabkan masyarakat Korea Selatan menganggap bahwa pelayanan yang baik itu wajib dilakukan. Bukan semata-mata karena adanya tambahan uang dari pelanggan. Dengan demikian, jika kamu berkuliah di Korea Selatan dan berkunjung ke restoran atau hotel, maka lebih baik tidak memberikan tip kepada siapapun. 

Baca juga: Cara Mendaftar Kuliah di Korea Selatan

  1. Memberi atau menerima dengan kedua tangan  

Korea Selatan memiliki aturan tak tertulis yang menjadikan masyarakatnya terbiasa menggunakan kedua tangan saat memberi atau menerima sesuatu. Artinya, jika kamu menggunakan satu tangan, maka kamu dianggap menyinggung perasaan orang lain. Dengan demikian, jika kamu menerima atau memberi apapun, kamu bisa menggunakan kedua tangan untuk menunjukkan rasa sopan. So, jangan lupa menggunakan kedua tangan saat berinteraksi dengan orang Korea Selatan. 

  1. Dilarang duduk di kursi prioritas 

Tahukan kamu bahwa alat transportasi publik di Korea Selatan menyediakan kursi prioritas? Yaps, kursi prioritas ini biasanya ditujukan untuk lansia, difabel, atau wanita hamil. Artinya, seorang dengan keadaan normal dilarang untuk memakai kursi ini. Hal ini dikarenakan anggapan bahwa tidak sopan jika duduk di kursi prioritas. Bahkan, tak jarang orang Korea Selatan akan memberi teguran dengan kasar kepada orang biasa yang duduk di kursi prioritas. Jadi, perhatikan kursi yang akan kamu duduki saat menggunakan transportasi publik, ya!

Baca juga: Apa saja sih syarat kuliah di Korea Selatan?

Kuliah di Korea Selatan

 

  1. Dilarang menyisakan makanan

Sama seperti orang Jepang, masyarakat Korea Selatan sangat menghormati makanan. Oleh karena itu, terdapat aturan yang tidak tertulis secara langsung bahwa makanan dan minuman harus dihabiskan. Artinya, walaupun kamu sudah kenyang, usahakan sebisa mungkin kamu tetap menghabiskan makanannya. Di Korea Selatan, jika seseorang tidak menghabiskan makanannya, maka dianggap tidak menghormati orang yang sudah menyediakan makanan tersebut. 

  1. Dilarang memainkan sumpit 

Sumpit merupakan salah satu alat makan yang menjadi kebudayaan di Korea Selatan. Faktanya, sebagian besar makanan di sana dikonsumsi menggunakan sumpit. Artinya, hanya makanan tertentu yang menggunakan sendok dan garpu. Sumpit menjadi salah satu benda yang tidak boleh dipakai secara sembarangan. Kamu dilarang untuk menusuk makanan dengan sumpit. Selain itu, kamu juga dilarang membenamkan sumpit secara vertikal di tengah-tengah nasi. Hal tersebut dilakukan oleh orang Korea Selatan sebagai bentuk menghargai makanan dan orang yang menyediakannya. 

Siap kuliah di Korea Selatan bersama Vista Education

Vista Education adalah konsultan pendidikan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Vista memiliki 200 lebih partner universitas yang tersebar di berbagai negara. Salah satunya adalah Korea Selatan. Vista bisa membantumu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, pendaftaran, admission, sampai pencarian akomodasi atau tempat tinggal. Biaya konsultasi juga gratis loh! Ayo hubungi Vista dengan klik tombol whatsapp atau isi form konsultasi sekarang

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !