Apa Saja Sih Syarat Kuliah di Korea Selatan?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa Saja Sih Syarat Kuliah di Korea Selatan?

Apa Saja Sih Syarat Kuliah di Korea Selatan?

Pengen kuliah di Korea Selatan? Baca ini dulu yuk!

Sejak industri K-POP semakin santer, kualitas pendidikan di Korea Selatan juga kian terkenal. Negara gingseng ini berhasil menawarkan kehidupan yang banyak dicari semua orang. Khususnya oleh para mahasiswa internasional. 

Korea Selatan memikat banyak hati dengan lingkungan, budaya, teknologi bahkan aneka kulinernya. Apakah kamu juga suka makan kimchi, toppoki, odeng dan kawan-kawan? Wah! Kayaknya kamu cocok nih kuliah di Korea Selatan. 

Baca juga: Lengkap, Biaya Hidup dan Kuliah di Korea Selatan

Kuliah di Korea Selatan 

Jika kamu sering nonton drama korea, kamu pasti tidak asing lagi dengan sistem pendidikan di negara tersebut. Mirip dengan Indonesia, Korea Selatan memberlakukan mode 6-3-3-4. Sekolah Dasar selama 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun dan S1 selama 4 tahun. 

Perguruan tinggi di Korea Selatan dibagi menjadi 2. Kuliah vokasi (politeknik) selama 2-3 tahun dan Universitas selama 4-6 tahun. Universitas yang menerima mahasiswa asing akan menjalankan proses belajar mengajar dalam bahasa Inggris. 

Siswa lokal Korea Selatan terkenal super ambisius dengan jadwal belajar mencapai 16 jam setiap hari. Proses seleksi ketat dan, terlebih untuk kampus favorit. 

 

Berapa biaya Kuliah di Korea Selatan?

Untuk masuk universitas negeri atau nasional, biaya kuliah yang perlu kamu siapkan adalah KRW 2,5 juta sampai KRW 7 juta, atau setara dengan IDR 32 juta sampai IDR 89 juta yang dibayarkan tiap semesternya. Seperti halnya pada Sejong University yang punya biaya kuliah S1 rata-rata sebesar KRW 3,8 juta, atau setara dengan IDR 49,7 juta per semesternya. Sedangkan untuk biaya kuliah S2, kamu perlu menyisihkan  sekitar IDR 33 juta sampai IDR 70 juta per semester.

Untuk biaya hidup, setiap orang membutuhkan minimal sebesar KRW 225.000 atau setara dengan IDR 1,7 juta. Mahasiswa internasional kerap berhemat dengan memanfaatkan swalayan yang menjual kimbap (nasi kepal), rice box dan nasi kepal yang berharga dibawah Rp.50,000

Sedangkan untuk tempat tinggal, kamu bisa memilih asrama dengan biaya mulai dari IDR 4,5 juta untuk 3 bulan ( 400.000 – 1.500.000 won). Ada juga one-room atau kos dengan biaya 250 - 1000 won (IDR 11 juta) tergantung tipe kamar, luas dan fasilitas.

Kota-kota favorit mahasiswa internasional di Korea

  1. Seoul

Ibu kota Korea Selatan yang menjadi pusat ekonomi, entertainment dan kebudayaan. Seoul dijuluki “ kota yang tidak pernah tidur”. Transportasi umum seperti kereta dan bis tersedia lengkap. Seoul juga masuk dalam 4 kota pelajar terbaik di dunia

  1. Busan

Kota cantik yang dikelilingi oleh pantai dan pelabuhan yang sibuk. Memiliki populasi terbesar ke 2 di Korea Selatan. Cocok untuk kamu yang mencintai daerah pesisir.

  1. Daejon

18 Perguruan tinggi berada di Daejon. 2 diantaranya adalah KAIST dan Solbridge. Daejon juga menjadi kota ke 5 terbesar di Korea Selatan

Syarat Kuliah di Korea Selatan

  • Formulir aplikasi penerimaan mahasiswa baru
  • Personal Statement
  • Bukti kemahiran bahasa (Korea atau Inggris)
  • Surat rekomendasi atau referensi konselor
  • Transkrip SMA
  • Paspor
  • Akta kelahiran
  • Dokumen opsional dapat mencakup profil sekolah sebelumnya, sertifikat , dan indikator pencapaian akademik lainnya
  • Materi pelengkap seperti penghargaan, portofolio, atau kegiatan sukarelawan selama SMA
  • Biaya aplikasi ($70 – $150)

Kuliah di Korea Selatan Bersama Vista Education

Apakah kamu bingung mau masuk ke Universitas apa di Korea? Butuh bantuan untuk berdiskusi? Yuk mulai diskusimu dengan konsultan pendidikan berpengalaman di Vista Education.Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Vista punya banyak partner institusi yang tersebar di berbagai negara khususnya Korea Selatan.

 Isi form konsultasi atau hubungi kami lebih cepat via whatsapp

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !