Cara Mendaftar Kuliah di Korea Selatan
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cara Mendaftar Kuliah di Korea Selatan

Cara Mendaftar Kuliah di Korea Selatan

Gimana sih cara daftar kuliah di Korea Selatan itu?

Korea Selatan adalah salah satu negara dengan perkembangan teknologi yang pesat namun juga tetap kaya akan budaya. Selain populer dengan K-Drama dan K-Pop, pendidikan di Korea Selatan juga punya kualitas yang bagus, lho! 

Sebagai salah satu negara paling aman di dunia, negara ini akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Bahkan, Kementerian Pendidikan Korea Selatan juga sangat mendukung pendidikan mahasiswa internasional secara sistematis. Apa kamu salah satu yang ingin kuliah di Korea Selatan? Yuk, pahami dulu cara daftarnya!

  1. Pilih jenjang pendidikan, universitas, dan jurusan

      Lembaga pendidikan tinggi di Korea Selatan dibagi menjadi sekolah vokasi (2-3 tahun), universitas (4 tahun),          dan sekolah pascasarjana. Periode pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  • Semester musim semi (dimulai bulan Maret) adalah bulan September-November 
  • Semester musim gugur (dimulai bulan September) adalah bulan Mei-Juni. 

Kamu dapat melakukan pendaftaran secara online.

  1. Siapkan formulir pendaftaran dan dokumen yang dibutuhkan

Sebagian besar universitas menggunakan seleksi dokumen untuk pendaftaran mahasiswa baru, tetapi beberapa universitas juga akan memberikan syarat wawancara atau ujian untuk pendaftaran mahasiswa baru. Sebaiknya kamu mencari tahu tentang cara pendaftaran universitas yang kamu tuju sebelum mendaftar. Beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan yaitu:

  • Form for visa issuance (recognition)
  • Educational institution business registration certificate (Company Registration Certificate in South Korea)
  • University acceptance letter
  • Family card
  • Last education certificate
  • Financial documents

Baca juga: Syarat Kuliah di Korea Selatan

  1. Mengirimkan formulir dan dokumen

Nah, setelah semua persyaratan sudah kamu siapkan, kamu harus mengirimkan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Setiap universitas dan jurusan mempunyai waktu pendaftaran dan syarat dokumen pendaftaran yang berbeda sehingga kamu wajib memeriksa website universitas agar tidak menemui kendala.

  1. Menerima surat penerimaan dari perguruan tinggi

Semua berkas yang sudah kamu kirimkan akan diverifikasi oleh perguruan tinggi. Jadi, kamu harus menunggu keputusan apakah kamu diterima atau tidak.

Oh iya, kamu wajib mengajukan visa pelajar melalui kedutaan besar Korea Selatan atau konsulat setempat setelah mengumpulkan dokumen yang diperlukan untuk kuliah di Korea Selatan. Jenis visa yang diperlukan untuk kuliah di Korea Selatan berbeda-beda, tergantung jenis pendidikan yang ditempuh seperti S1, S2, S3, sekolah bahasa, atau pelatihan budaya Korea. Calon mahasiswa yang akan kuliah S1-S3 wajib mendapatkan visa D-2.

Mulailah pendidikanmu di Korea Selatan bersama Vista Education!

Masih bingung cara daftar kuliah ke negeri ginseng ini? Tim professional Vista Education siap membantumu. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.


 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !