10 Negara Yang Mempunyai Badan Intelejen Terbaik
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

10 Negara Yang Mempunyai Badan Intelejen Terbaik

10 Negara Yang Mempunyai Badan Intelejen Terbaik

Setiap negara pasti mempunyai sebuah lembaga yang bertugas untuk menjaga kemanan dan stabilitas nasional. Berbeda dengan polisi dan juga tentara, badan intelejen bersifat lebih tersembunyi dan bersifat spionase. Identitas mereka tidak dapat diketehui oleh publik. Bahkan jika mereka harus gugur saat bertugas, jasa mereka juga tidak akan pernah diketahui oleh masyarakat luas. Yang pasti, Mereka ikut membantu dan menjaga segenap bangsa dari segala serangan terorisme maupun ancaman keamanan yang lain.

Di Indonesia, badan intelejen mendapat sebutan “Badan Intelijen Negara ”  atau biasa disingkat BIN. Badan Intelejen Indonesia berdiri di masa penjajahan Jepang atau sekitar tahun 1943. Sejauh ini, Badan intelejen Nasional juga sudah banyak bergerak untuk membantu Indonesia bangkit kembali. Seperti yang kita ketahui, Indonesia juga beberapa kali mendapat serangan teroris. Masih lekat dalam ingatan kita bom bali 1 dan bom bali 2. Belum lagi kejadian teror di Jakarta kemarin, 14 Januari 2016.

Jika Indonesia bisa berbangga dengan BIN, bagaimana dengan negara lain? Dan negara mana sajakah yang mempunyai bdan intelejen terbaik?

10. MOSSAD, Israel

MOSSAD adalah badan intelejen milik pemerintah Israel. Operasi pertama MOSSAD terdengar pada tahun 1949. MOSSAD terkenal dengan kemampuan mereka untuk mengumpulkan informasi dan menganalisa. Mereka juga bekerja sebagai ” pasukan bayang – bayang” dan membantu melawan terorisme.

9. RAW, India

Badan intelejen India atau RAW menempati peringkat 9 dari 10 agensi terbaik di dunia. RAW merupakan singkatan dari Research and Analysis Wing. RAW berdiri pada tahun 1968 dan berpusat di New Delhi. Tugas utama mereka adalah mengumpulkan data dan memantau pergerakan negara lain yang kemungkinan besar mempengaruhi stabilitas India. RAW juga bertugas untuk melindungi program nuklir yang India miliki

8. MSS, China

MSS merupakan singkatan dari Ministry of State Security. MSS merupakan badan intelejen milik China dan beijing. Selama tahun 2015, MSS berada dalam urutan ke 8. Tugas mereka masih sama. Yaitu melindungi negara dari segala ancaman.

7. ASIS Australia

Diposisi ke 7 ada ASIS Australia. ASIS telah berdiri sejak tahun 1952 dan berbasis di Canberra. Misi ASIS adalah “Protect and Promote Australia’s vital interest trough the provesion of unique foreign intelligence services as directed by government”. ASIS bukan agendi baru yang terkenal karena sepak terjangnya.

6.DGSE, France

Direction Generale De La Securiite Exterieure atau DGSE adalah badan intelejen milik Prancis. Dulunya, DGSE adalah Documentation Extérieure et de Contre-Espionnage (SDECE). Setelah mendapat nama baru, tugas mereka fokus pada menjaga perdamaian dan kenyamanan seluruh warga Negara. Mereka juga bertugas untuk membantu pemerintah mengangani serangan-serangan teroris . Dari beberapa sumber, ada sekitar 5000 orang.

5.BND Jerman

Badan Intelejen jerman yang bernama BND sudah ada sebelum perang dunia ke dua. Sejak perang tersebut, anggota BND bertugas untuk menjadi seorang spy dan berusaha untuk menemukan kelemahan lawan, menyiapkan langkah strategis dan sebuah rencana matang. Mesin Enigma juga disebut-sebut digunakan oleh anggota BND untuk mengirimkan pesan rahasia

4.FSB, Rusia

FSB Rusia mengclaim dirinya mempunyai lebih dari 250.000 pegawai yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Seluruh pegawai tersebut terbagi dalam beberapa spesifikasi pekerjaan. Pertama adalah spesial agent, double agent, spy dan guard.

3.MI6, UK

Military Intelligence 6 atau badan intelejen rahasia UK ikut ambil bagian dalam 10 intelligence agencies terbaik. MI6 bahkan lebih tua dibandingkan BND. Jika BND dibuat pada perang dunia ke dua. MI6 sudah beroperasi sejak perang dunia pertama. Sekarang, MI6 bekerja sama dengan MOSSAD dan CIA untuk membasmi seluruh komplotan terorisme multicultural.

2.CIA, USA

CIA mungkin menjadi lembaga intelejen yang sudah sering kita dengar namanya melalui banyak film yang dibuat oleh Hollywood. Nyatanya memang benar, CIA menduduki kursi ke dua sebagai badan intelejen terbaik di dunia. Sampai sekarang mereka tidak pernah lelah untuk memburu grup terrorist dimanapun mereka bersembunyi.

1.ISI, Pakistan

Dan inilah badan intelejen paling mematikan di dunia, ISI milik Pakistan. Mereka berdiri pada tahun 1947, satu tahun setelah Pakistan merdeka. Walaupun belum mempunyai logo, pergerakan agen ISI benar-benar meninggalkan decak kagum. Salah satu prestasi yang mereka ukirkan adalah, kesuksesan mereka dalam operasi penangkapan Osama Bin Laden. Sebuah nama yang tidak asing lagi dalam dunia terrorisme dunia

 

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !