Apa sih Sebenarnya Fungsi Sertifikat TOEFL / IELTS ?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa sih Sebenarnya Fungsi Sertifikat TOEFL / IELTS ?

Apa sih Sebenarnya Fungsi Sertifikat TOEFL / IELTS ?

Sebel itu ketika waktu terbatas, ada kesempatan bagus namun nyatanya harus punya sertifikat TOEFL. Iya kalau punya, kalau enggak? . Duhh, jadi pengen nangis. Masa iya bisa punya sertifikat TOEFL atau IELTS secara tiba-tiba. Salah siapa dong?

 

Hm.. gak ada yang salah sih. Karena faktanya banyak yang belum tahu betapa pentingnya sertifikat TOEFL / IELTS. Oke, cari tahu yuk. Kenapa kita harus punya sertifikat ini mumpung belum diburu kebutuhan.

TOEFL pertama kali ditemukan pada tahun 1963. TOEFL generasi 1 ini diciptakan dan dikembangkan oleh ETS ( Educational Testing Service ) . Awalnya, tes ini hanya digunakan oleh masyarakat seputar New Jersey untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, siapa sangka bahwa tes ini menjadi standart Bahasa Inggris Internasional

Well, semakin berkembangnya waktu, sertifikat TOEFL / IELTS menjadi semakin penting. Apalagi sekarang perusahaan internasional banyak di Indonesia. Kesempatan untuk bekerja di dalam atau diluar negeri terbuka lebar. Gimana kalau gak punya Bahasa Inggris

Vista Education berhasil merangkum pentingnya sertifikat TOEFL / IELTS sebagai berikut

  1. Digunakan untuk pendaftaran program short course dan non-degree program di negara-negara berbahasa Inggris.
  2. Digunakan untuk pendaftaran ke program sarjana (S1) dan master kalau kamu ingin kuliah ke luar negeri
  3. Digunakan untuk pendaftaran dan penempatan dalam program kolaborasi internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.
  4. Untuk mendaftar program beasiswa ke berbagai negara – sebagai seleksi awal.
  5. Untuk tes masuk program berbahasa Inggris yang membutuhkan bukti kemampuan bahasa Inggris akademik di level sarjana (S1) atau diploma.
  6. Untuk memonitor perkembangan kemampuan bahasa Inggris khususnya yang memerlukan kecakapan/keahlian dalam bahasa Inggris akademik.
  7. Untuk menyiasati beasiswa LPDP. Kalau universitas tempat kita akan belajar di luar negeri meminta skor bahasa inggris yang lebih rendah (misalnya IELTS 6, atau malah 5.5) tetap saja LPDP akan meminta skor TOEFL sebesar 550. Nah, TOEFL ITP ini bisa dipakai.
  8. TOEFL biasa digunakan sebagai pra syarat (admission requirements) untuk mendaftar ke Sekolah Menengah Atas dan Universitas di dalam dan di luar negeri, juga untuk syarat memperoleh beasiswa.
  9. TOEFL bagi para pelamar kerja
  10. Untuk kenaikan jabatan atau promosi.

Hayo udah punya sertifikat TOEFL / IELTS belum ? Kalau belum dan memang sudah siap, segera Cek Cara Mendaftar Test TOEFL . Kalau belum, yuk les TOEFL dulu di Vista Education.  

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !