3 Manajemen Diri yang Perlu Kamu Terapkan
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

3 Manajemen Diri yang Perlu Kamu Terapkan

3 Manajemen Diri yang Perlu Kamu Terapkan

Tumbuh Bersama Vista

Self management atau manajemen diri berarti mengendalikan emosi, pikiran, perasaan, serta aktivitas sehari-hari. Kemampuan self management hendaknya kalian miliki sehingga dapat menguasai diri pada semua keadaan. Mampu menempatkan diri dan berfikir jernih bahkan saat tidak mengenakkan sekalipun.Hm... cukup menantang ya? Ayo belajar bersama. Berikut ini aspek-aspek manajemen diri yang perlu kamu terapkan.

Percaya Diri

Mempercayai diri sendiri adalah langkah awal. Terlebih saat kita ingin menghadapi apapun secara positif serta mengalahkan ketakutan yang ada dalam diri. Untuk membangun rasa percaya diri ini , kalian harus memahami bahwa setiap orang dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka, tidak perlu minder apabila berada di tengah orang-orang yang menurut kalian lebih kaya, lebih cerdas, dan sebagainya. Dia lebih kaya, tapi belum tentu keluarganya seharmonis kalian. Dia lebih good-looking tapi belum tentu sesehat kamu. Teruslah bergaul dengan orang-orang yang positif dan terus memotivasi diri bahwa kalian bisa!

Manajemen Stres

Bagaimana kalian mengatasi stress karena suatu masalah? Bisa jadi karena masalah pelajaran, pertemanan, hingga asmara. Tentu masing-masing memiliki cara tersendiri, ya. Namun perlu diingat jangan sampai berlarut-larut dalam kesedihan. Kalian harus rileks dan selalu berpikir positif. Berlibur atau berjalan-jalan dengan orang-orang tersayang juga bisa jadi pilihan. Beberapa orang memilih untuk melakukan me time untuk menyegarkan kembali pikirannya. Ceritakan pada orang lain jika itu mampu meringankan bebanmu. Intinya, lakukan apapun yang kamu nyaman agar stress itu cepat berlalu.

Manajemen Waktu

Pengelolaan waktu menjadi penting untuk dilakukan, mengingat banyak hal yang berpotensi akan membuang waktu kalian dengan percuma, misalnya stalking akun-akun Instagram seharian. Tidak masalah jika kalian menjadikan aktivitas semacam itu sebagai hiburan. Namun kalau sampai kebablasan, artinya kalian belum bisa mengatur waktu, lho. Mulailah membagi waktu untuk masing-masing kegiatan sesuai dengan daftar atau rencana yang telah kalian buat. Sehingga tidak ada waktu yang akan terbuang sia-sia dan target kalian segera tercapai.

Nah, sekian paparan mengenai manajemen diri. Tak ada salahnya untuk mulai menerapkan agar kalian menjadi pribadi yg lebih baik. 

-Eka Wahyu

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !