TOEFL ITP berlaku berapa lama? ini masa berlakunya
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

TOEFL ITP berlaku berapa lama? ini masa berlakunya

TOEFL ITP berlaku berapa lama? ini masa berlakunya

Temukan berapa lama TOEFL ITP berlaku dan informasi penting seputar masa berlakunya. Pelajari batas waktu kevalidan hasil tes TOEFL ITP di artikel kali ini

Test of English as Foreign Language (TOEFL)  adalah serangkaian tes yang dipakai untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris. Kemampuan yang diuji mencakup keterampilan membaca, mendengarkan, menulis serta berbicara.

Dilihat dari jenisnya, TOEFL sendiri dibedakan jadi dua, yakni TOEFL ITP dan TOEFL IBT. Perbedaan utamanya yakni TOEFL ITP dan IBT adalah cara mengerjakannya. TOEFL ITP dikerjakan secara paper based, sedangkan TOEFL IBT dikerjakan dengan komputer atau internet based. Untuk sertifikat kedua jenis TOEFL ini dikeluarkan oleh Educational Testing Service (ETS). 

Jika Anda sudah melaksanakan tes TOEFL, biasanya hasil tes tersebut akan keluar dalam kurun waktu 10 hingga 12 hari sejak hari ujian telah selesai dilaksanakan.

Selain cara pengerjaan perbedaan TOEFL ITP dan IBT dan berapa lama masa berlaku keduanya. Apakah satu tahun? dua tahun? atau bahkan lima tahun? Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut! 

Perbedaan TOEFL ITP dan IBT

Format Tes dan waktu

  • TOEFL ITP: Tes dilaksanakan menggunakan kertas dan pensil, terdiri dari tiga bagian: Listening Comprehension (45 menit), Structure and Written Expression (45 menit), serta Reading Comprehension (60 menit).
  • TOEFL IBT: Tes dilakukan melalui komputer dan internet, terdiri dari empat bagian: Listening (60-90 menit), Reading (60-80 menit), Speaking (20 menit), dan Writing (50 menit).

 

Baca juga : Berapa Skor Toefl Rata - Rata Orang Indonesia?

 

Aspek Kemampuan yang Diuji

  • TOEFL ITP: Mengutamakan pemahaman terhadap bacaan dan dialog akademis, serta pemahaman struktur dan tata bahasa Inggris.
  • TOEFL IBT: Mengukur kemampuan dalam mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam konteks akademis. Tes ini juga mengevaluasi kemampuan terpadu dalam keempat aspek tersebut.

Durasi Tes TOEFL

  • TOEFL ITP: Memakan waktu sekitar 2-3 jam.
  • TOEFL IBT: Memakan waktu sekitar 3-3.5 jam.

Metode Penilaian

  • TOEFL ITP: Skor berkisar antara 310-677.
  • TOEFL IBT: Skor berkisar antara 0-120, dengan penilaian terpisah untuk masing-masing komponen (listening, speaking, reading, dan writing).

Biaya Ujian TOEFL

  • TOEFL ITP: Berapa biaya tes TOEFL ITP? Untuk biaya ujian bervariasi tergantung lokasi tes, umumnya sekitar Rp 500.000-600.000.
  • TOEFL IBT: Biaya ujian lebih tinggi dibandingkan ITP, biasanya sekitar Rp 2.500.000-3.000.000.

Pengakuan oleh Universitas

  • TOEFL ITP: Diakui oleh sejumlah universitas di Indonesia dan beberapa universitas di luar negeri.
  • TOEFL IBT: Diakui oleh hampir semua universitas di luar negeri.

Skor TOEFL ITP berlaku berapa lama?

Salah satu pertanyaan umum yang sering diajukan pada team kami adalah seberapa lama skor TOEFL ITP berlaku? umumnya, skor TOEFL ITP memiliki masa berlaku selama dua tahun. Ini berarti bahwa setelah Anda menyelesaikan tes dan mendapatkan skor, skor tersebut akan diakui selama dua tahun sejak tanggal tes tersebut diambil.

Setelah periode dua tahun tersebut berakhir, maka skor tersebut tidak diakui lagi sebagai referensi resmi. Yang perlu diingat bahwa tiap institusi akademik dan organisasi mungkin menerapkan kebijakan yang berbeda mengenai masa berlakunya skor TOEFL ITP.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa persyaratan khusus dari institusi atau organisasi yang Anda tuju. Hal ini memastikan bahwa skor TOEFL ITP Anda masih berlaku ketika Anda mengajukan suatu  aplikasi atau menggunakan skor tersebut untuk keperluan tertentu.

Baca juga : Apakah Saya Bisa Mengulang Saat Gagal Tes TOEFL?


Apakah nilai TOEFL 500 tinggi?

Selain masa berlaku skor toefl banyak juga orang - orang yang bertanya pada team konsultan pendidikan kami, mengenai apakah skor toefl 500 tinggi? apakah skor toefl 400 sudah bagus? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut. Simak penjelasan kami selengkapnya dibawah.

Jenis Tes TOEFL:

  • TOEFL ITP: Skor 500 sudah tergolong cukup baik. Skor rata-rata TOEFL ITP di Indonesia adalah 480. Universitas di Indonesia umumnya mensyaratkan skor minimal 450-500 untuk program S1 dan 500-550 untuk program S2.
  • TOEFL IBT: Skor 500 tergolong rendah. Skor rata-rata TOEFL IBT di Indonesia adalah 53. Universitas di luar negeri umumnya mensyaratkan skor minimal 80-100 untuk program S1 dan 100-110 untuk program S2.

Nilai TOEFL 500 tidak tergolong tinggi untuk TOEFL IBT, terutama untuk tujuan studi di luar negeri atau mendapatkan beasiswa bergengsi.

Namun, skor ini sudah cukup baik untuk TOEFL ITP dan untuk beberapa tujuan lain, seperti untuk melamar pekerjaan atau studi di universitas di Indonesia dan sudah menunjukkan tingkat kemampuan bahasa Inggris yang mendasar hingga menengah.  
Apakah skor TOEFL 500 dianggap tinggi  atau tidak? tergantung pada standar penerimaan dari lembaga atau program yang dimaksud. Beberapa institusi mungkin memiliki standar yang lebih tinggi dan memerlukan skor TOEFL yang lebih tinggi untuk masuk ke program mereka.

Yuk, Raih Skor TOEFL Tertinggi Bersama Vista education

Jika kamu berniat mengikuti tes TOEFL, kamu bisa mendaftar TOEFL di Vista Education Lho. Kami juga menyediakan kelas persiapan TOEFL ITP dan persiapan TOEFL iBT di Vista Education.

Anda akan mendapatkan pembelajaran terpadu dari master teacher kami dan siap membantu Anda memperoleh skor TOEFL tinggi. 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !