Tips Datang ke Pameran Pendidikan

Iya sih 2015 memang jamanya serba digital. Kita bisa mencari apapun kapapun dan dimanapun. Apalagi dengan kecanggihan gadged dan jaringan informasi yang dimiliki internet. Tapi sayangnya tidak semua hal bisa kita amini hanya karena info di google. Perlu bertanya dan berkonsultasi langsung jika itu urgent. Apalagi berhubungan dengan pendidikan.

  

Vista education sebagai konsultan pendidikan di luar negeri sering mengadakan education fair. Kegiatan ini ditujukan untuk menjawab dan memberikan informasi seputar pendidikan yang akurat. Seperti yang sering kita bahas, dunia perkuliahan itu sangat krusial. Universitas merupakan gerbang terakhir sebelum kita terjun di dunia kerja. So, gak boleh tuh yang namanya asal pilih jurusan dan kampus. Mendaftar karena informasi burung apalagi hanya karena ikut-ikutan teman.

Melalui education fair seperti ini, Vista berusaha mendekatkan pihak sekolah dan calon mahasiswa. Kegiatan ini semakin efektif karena calon mahasiswa tidak perlu datang ke masing-masing sekolah untuk bertanya. Justru para representative ini berkumpul dalam satu tempat. Jadi, ketika kamu datang ke sebuah pameran pendidikan, kamu mempunyai banyak opsi sekolah untuk dikunjungi boothnya. Seru kan?

Nah! Agar lebih efektif lagi, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan sebelum datang ke pameran. Apa saja kah itu?

1. Datang bersama Orang tua

Bagaimanapun juga, orang tua berperan penting dalam setiap langkah hidup kita. Saat kuliah pun kita masih membutuhkan bantuan financial dari mama atau papa. Jurusan yang kita pilih juga harus mendapat restu dari orang tua dong agar semua berjalan lancar. Jadi, lebih baik untuk datang bersama orang tua kan saat ke pameran? Kamu dan mama papamu dapat mendengarkan penjelasan dari perwakilan universitas secara bersama-sama. Setelah itu baru mengambil keputusan melalui diskusi bersama.

 PAMERAN PENDIDIKAN-education expo

2. Datang tepat waktu

Pameran pendidikan biasanya memang diselenggarakan dalam rentang waktu tertentu. Contohnya jam satu siang sampai jam tujuh malam. Meskipun begitu, datang di awal acara akan jauh lebih baik. Soalnya, datang di akhir acara beresiko terkendala antrian dan durasi. Sehingga, waktu konsultasi menjadi tidak maksimal.

3. Membawa Berkas Langsung

Dengan membawa berkas langsung seperti raport dan ijazah,kamu akan jauh lebih mudah mendapatkan kepastian. Contoh, jika kamu tertarik di jurusan design Italia kamu bisa menunjukkan langsung portofolio dan nilai raport. Konsultan akan memberikan pendapat atau saran apakah kamu bisa diterima atau tidak. Jika semua hal cocok, kamu juga bisa mendaftar langsung. Toh, daftar langsung di acara pameran pendidikan berpeluang mendapat potongan harga dan segala kemudahan lain.

4. Siapkan seabrek prestasi pendukung

Pameran pendidikan juga biasanya memberikan kesempatan beasiswa. Bertemu langsung dengan perwakilan sekolah pemberi beasiswa adalah sebuah peluang emas bukan?. Kamu bisa langsung menunjukkan nilai jual mu. Why kamu worth it dapetin tuh scholarship. Hitung-hitung kayak interview langsung. Tapi jangan datang kosongan ya… Maksutnya, kamu harus sudah punya setidaknya sertifikat dan niat untuk belajar. Dari pada sekedar datang kemudian bilang “Pak, Bu saya ingin cari beasiswa”. Di jamin, kalau kamu memang berkualitas, bisa jadi beasiswa mu akan segera diproses.

Bonus

Jangan takut untuk bertanya. Meskipun kamu nanti akan menemui banyak bule di education fair (Contohnya di education fair yang diadain Vista), setiap booth akan didampingi oleh orang lokal kok. Jadi masalah bahasa bukan lagi kendala yang berarti.

Di acara –acara seperti ini, banyak hal loh yang bisa kamu peroleh. Contohnya adalah pengalaman (at least pengalaman ngomong sama orang asing),  ikut tes minat bakat dan juga ikut seminar.

 

Kapan lagi coba dapat ilmu tapi gratis.