Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Tipe Beasiswa Kuliah di Luar Negeri dan Mana yang Vista Bisa Bantu

Tipe Beasiswa Kuliah di Luar Negeri dan Mana yang Vista Bisa Bantu

Beragam tipe beasiswa untuk kuliah di luar negeri dan mana yang bisa dibantu oleh konsultan pendidikan seperti Vista Education

Kata pepatah, ada harga ada rupa. Begitu juga dengan kuliah di luar negeri. Kualitas dan segala previlage lulusan luar negeri memang tidaklah murah. Selain karena biaya dasar pendidikan, kuliah di luar negeri juga membutuhkan biaya hidup. ( Cek biaya kuliah di luar negeri di sini). Itu mengapa banyak dari kita yang mencoba untuk mencari beasiswa untuk sekedar meringankan beban. Karena tipe-tipe beasiswa kuliah di luar negeri itu banyak sekali, yuk simak baik-baik perbedaanya sekarang

Beasiswa Pemerintah untuk kuliah di luar negeri

Beasiswa ini juga biasa disebut public scholarship, diberikan oleh pihak organisasi publik, seperti pemerintah, departemen, atau lembaga. Di Indonesia, ada beberapa departemen/lembaga pemerintahan yang memberikan beasiswa kuliah di dalam maupun luar negeri, diantaranya Beasiswa LPDP, Beasiswa Unggulan Kemendikbud, dan Beasiswa Dikti.


Private Scholarship untuk kuliah di luar negeri

Penyelenggara program beasiswa ini adalah lembaga swasta seperti perusahan-perusahaan besar. Biasanya lebih dikhususkan untuk jenis bidang studi yang erat kaitannya dengan bidang industri perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan swasta di Indonesia yang peduli dengan dunia pendidikan dan memberikan beasiswa S1, S2, dan S3 yaitu Sampoerna Foundation, Djarum, The Ford Foundation, dan Shell.


Negara Maju dan Donor Internasional

Banyak negara maju dan lembaga-lembaga donor internasional yang memberikan tawaran beasiswa kepada pelajar Indonesia. Sehingga diharapkan hubungan kerjasama antara Indonesia dengan mereka akan lebih kondusif. Beberapa contohnya yaitu:

  1. Beasiswa Australia Awards dari Pemerintah Australia,
  2. Beasiswa Chevening dari pemerintah Inggris yang dikelola oleh British Council
  3. Beasiswa Fulbright dari pemerintah Amerika Serikat yang dikelola oleh AMINEF
  4. Beasiswa Monbukagakusho dari pemerintah Jepang
  5. Beasiswa KGSP dari pemerintah Korea Selatan


Beasiswa Universitas untuk kuliah di luar negeri

Jenis beasiswa dari universitas pun bermacam-macam:

  1. Skema Major-Specific Awards
    Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademis pada bidang studi tertentu. 
  2. Skema Athletic Scholarships
    Beasiswa jenis ini biasanya diberikan pada seorang atlet yang berniat untuk menekuni bidang keahliannya.
  3. Skema Fellowships
    Beasiswa yang diberikan adalah berupa bantuan keuangan untuk melakukan penelitian di universitas serta dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Perhatikan apakah universitas tersebut mempunyai bidang penelitian sesuai dengan bidang yang kamu lakukan.

Community Organizations atau Yayasan

Beasiswa ini diberikan oleh komunitas atau yayasan tertentu, baik yang bersifat akademik, organisasi sosial, ataupun keagamaan. Program beasiswa yang ditawarkan biasanya selaras dengan nilai-nilai yang dijunjung komunitas atau yayasan tersebut.

Beasiswa juga memiliki 2 tipe, full scholarship (biaya hidup dan biaya sekolah) dan partial scholarship (Potongan biaya sekolah). Partial scholarship biasanya berupa potongan harga atau tak perlu bayar tuition sama sekali. Partial scholarship lebih banyak dijumpai di berbagai universitas. Ada yang bisa didapatkan langsung sebelum menjadi mahasiswa baru. Ada pula yang bisa didapatkan di semester 2 dan seterusnya.

Lalu, scholarship tipe apa yang Vista Education bisa bantu? Jawabanya adalah partial scholarship di berbagai universitas. Sebagai konsultan pendidikan luar negeri, Vista biasa mengumumkan adanya kesempatan tersebut melalui sosial media atau di website sendiri. So, jangan lupa follow semua account kami ya !

Apapun beasiswa yang akan kamu ajukan, jangan lupa kamu juga harus bertanggung jawab untuk menjaga pretasimu di kampus. Sudah banyak sekali mahasiswa Indonesia yang lulus dari universitas luar negeri dengan beasiswa. Kalau mereka bisa, kamu pasti bisa. Tetap jaga semangatmu