Berapa Biaya Kuliah di Luar Negeri 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berapa Biaya Kuliah di Luar Negeri 

Berapa Biaya Kuliah di Luar Negeri 

Banyak sekali yang bermimpi kuliah di luar negeri, namun ragu karena biayanya yang tinggi. Eits, jangan salah. Ada beberapa negara yang biaya kuliahnya tak jauh beda dibandingkan kampu-kampus di Indonesia. Yuk, simak ulasan biaya kuliah di berbagai negara!

Malaysia

Biaya kuliah di Malaysia cukup terjangkau, setidaknya kamu hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 20 juta hingga Rp 60 juta per tahun. Sementara untuk biaya hidup di sana kamu akan menghabiskan rata-rata Rp 4 juta per bulan. Malaysia memang menawarkan biaya hidup yang cukup ramah di kantong bagi para perantau.

Jepang

Biaya kuliah di Jepang tergantung jenjang pendidikan yang kamu ambil. Universitas negeri biasanya lebih mahal karena menjadi kampus favorit, misalnya Universitas Kyoto dan Universitas Tokyo. Ada 2 program kuliah di Jepang, yakni program 6 tahun untuk ilmu kedokteran dan farmasi dan program 4 tahun untuk keilmuan lainnya. Program sarjana 4 tahun akan membutuhkan dana sekitar Rp300 juta sampai Rp750 juta.

Australia

Besarnya biaya pendidikan di Australia tergantung program yang kamu ambil. Untuk program sarjana, rata-rata biaya pendidikan per tahun berkisar antara 15,000 – 33,000 AUD atau sekitar Rp 149,572,500 – Rp 329,059,500 per tahun.

Amerika Serikat

AS adalah rumah bagi banyak universitas terkemuka, seperti Stanford University, Harvard Uiversity, dan Massachusetts Institute of Technology. Biaya kuliah untuk program Sarjana di negara ini adalah 25.000 USD atau Rp 350 juta (Universitas Negeri), sedangkan di Universitas Swasta 35.000 USD atau Rp 500 juta.

Jerman

Beberapa kampus – terutama kampus negeri - di negara ini membebankan sedikit biaya kuliah kepada mahasiswa dari luar negeri. DAAD (Dinas Pertukaran Akademis Jerman) mencatat biaya rata-rata belajar di Jerman yakni 10.520 USD (Rp 151.666.840) per tahun, dimana 540 USD (Rp 7.785.180) untuk biaya sekolah dan 9.980 USD (Rp 143.881.660) selama 1 tahun hidup disana, yang meliputi akomodasi, makanan, transportasi, hiburan, dan keperluan lainnya.

Itulah kisaran biaya kuliah di beberapa negara. Kamu tetap harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai biaya di kampus tujuanmu. Jika kamu ingin informasi lebih detail, coba isi form konsultasi di samping. Kamu bisa langsung berdiskusi dengan para ahli. Tetap semangat mempersiapkan masa depanmu!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !