Syarat Pendaftaran Dan Biaya Kuliah Di Yale University
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Syarat Pendaftaran Dan Biaya Kuliah Di Yale University

Syarat Pendaftaran Dan Biaya Kuliah Di Yale University

Tertarik kuliah di Yale University? Simak syarat pendaftaran dan biaya kuliah di universitas ini agar Anda siap memulai proses aplikasi.

Yale University, merupakan salah satu perguruan tinggi bergengsi di Amerika Serikat, terkenal dengan reputasi akademiknya yang luar biasa dan menghasilkan banyak alumni ternama.

Namun, bagi sebagaian orang, biaya kuliah di Yale University bisa menjadi mimpi buruk. Benarkah demikian? Nah, Dalam artikel ini, kami akan membagikan informasi penting terkait biaya kuliah di Yale University, termasuk biaya kuliah tahunan, biaya hidup, dan bantuan keuangan yang mungkin tersedia bagi para mahasiswa.

Tradisi dan lingkungan di Yale University

Yale University juga mempunyai beberapa tradisi yang tidak bisa Anda temukan di kampus lain dan telah berkembang hingga hampir 300 tahun,  Seperti upacara Commencement, maskot kesayangan kampus Handsome Dane (yang seorang anjing di tahun 1889), Class Day, upacara White Coat di fakultas kesehatan, dan banyak lainnya. 

Cara mendaftar di Yale University

Cara mendaftar di Yale University sebenarnya cukup mudah dan berbeda untuk setiap jenjang dan fakultas yang diambil.

Jika Anda memiliki impian melanjutkan studi Sarjana di Yale University Anda harus menyiapkan form aplikasi ke Yale University, dua surat rekomendasi, transkrip nilai, hasil test SAT, dan rapor pertengahan tahun. Sedangkan untuk calon mahasiswa Pascasarjana, Anda bisa langsung mendaftar secara online di website bidang studi tujuan masing-masing.  

Jurusan unggulan di Yale University

Beberapa contoh program studi unggulan yang menjadi minat ribuan calon mahasiswa untuk kuliah di Yale University adalah:

  • Social Sciences
  • Biological and Biomedical Sciences
  • Mathematics and Statistics
  • Multi/Interdisciplinary Studies
  • Computer and Information Sciences and Support Services
  • History
  • Engineering Area
  • Ethnic, Cultural, Gender, and Group Studies Psychology Visual and Performing Arts

yale-university-vista-education


Persyaratan dokumen Untuk Mendaftar Ke Yale University


  • Anda memiliki bukti pembayaran biaya pendaftaran sebesar USD 80 atau Anda dapat dibebaskan dari biaya ini jikaAnda meminta keringanan pembiayaan dan berasal dari keluarga dengan pendapatan kurang dari USD 85.000 per tahun dengan jumlah tanggungan anak sebanyak 6 orang atau kurang.

  • Anda memiliki 2 surat rekomendasi dari guru dan seorang konselor.

  • Memiliki transkrip akademik atau rapor

  • Mempunyai hasil tes ACT atau SAT

  • Mempunyai Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris, dengan skor : 
    a. TOEFL 100
    b. IELTS 7
    c. Cambridge English Qualification 185
    d. Duolingo English Test 120

Baca artikel menarik lainnya : Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah di Amerika Serikat


Biaya Kuliah Tahunan di Yale University

Untuk tahun akademik 2023-2024, Biaya kuliah di Yale University pertahun sebesar USD 65.200 untuk program sarjana. Biaya ini belum termasuk biaya hidup seperti akomodasi, makan, buku, dan transportasi. Jika dikonversikan ke rupiah dengan kurs Rp 16.000 per USD 1, maka biaya kuliah tahunan di Yale University mencapai Rp 1.043.200.000.

Biaya Hidup

Selain biaya kuliah, mahasiswa di Yale University juga harus mempertimbangkan biaya hidup selama masa studi mereka. Biaya hidup di kota New Haven, Connecticut, tempat Yale berlokasi, dapat bervariasi tergantung pada gaya hidup individu. Menurut perkiraan, biaya hidup tahunan di Yale University, Yakni :

  • Akomodasi (asrama dan makan): Rp 616 juta
  • Biaya Buku dan perlengkapan kuliah: Rp 16 juta
  • Transportasi: Rp 11 juta
  • Kesehatan: Rp 22 juta
  • Kebutuhan pribadi: Rp 37 juta

Dengan memperhitungkan biaya hidup, total biaya tahunan untuk kuliah di Yale University bisa mencapai sekitar $51.000 atau sekitar Rp. 812.991.000

Bantuan Keuangan

Yale University berkomitmen untuk menyediakan akses pendidikan yang adil dan inklusif bagi para mahasiswanya. Oleh karena itu, universitas ini menawarkan berbagai bentuk bantuan keuangan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat. Sekitar 50% dari mahasiswa sarjana di Yale menerima bantuan keuangan, dengan jumlah rata-rata sekitar $51.000 per tahun. 

Bantuan keuangan di Yale University didasarkan pada kebutuhan finansial keluarga mahasiswa dan dapat mencakup beasiswa, hibah, pinjaman berbunga rendah, dan program kerja mahasiswa.

Meskipun biaya kuliah di Yale University sangat mahal, namun bukan berarti tidak mungkin bagi mahasiswa Indonesia untuk kuliah di sana.

Mahasiswa Indonesia dapat mencoba mendaftar beasiswa yang ditawarkan oleh Yale University atau mencari sumber pendanaan lain seperti pinjaman pendidikan atau sponsorship.

Selain itu, Yale University juga memiliki program kerja mahasiswa yang memungkinkan mahasiswa untuk bekerja di kampus dan mendapatkan penghasilan untuk membantu membiayai studi mereka.

Dengan kerja keras, dedikasi serta strategi pendanaan yang tepat, mimpi untuk kuliah di Yale University dapat menjadi kenyataan.

Baca artikel kami yang lain : Ini Tes Masuk Universitas di Amerika Untuk Siswa Internasional


Apakah Anda Punya Impian Kuliah Di Amerika Terutama di Yale University ? Yuk, Wujudkan, Bareng Vista Education!


Anda butuh info lebih lengkap tentang kuliah di Amerika terutama di Yale University? Masih bingung step by step dan syarat apa yang harus dipenuhi? Yuk konsultasi gratis bareng konsultan pendidikan Vista Education.

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, Vista siap membantu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, pendaftaran, admission sampai pencarian akomodasi di Amerika, lho. Chat kami via whatsapp dibawah atau isi form konsultasi disini! 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !