Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Sama-Sama Indah, Pilih Kuliah di Swiss vs Kuliah di New Zealand

Sama-Sama Indah, Pilih Kuliah di Swiss vs Kuliah di New Zealand

Antara Swiss dan New Zealand, negara mana yang paling cocok untukmu sebagai tujuan kuliah di luar negeri?

Kamu berencana kuliah di luar negeri tapi pengenya berada di lingkungan yang dikelilingi perbukitan dingin dan hijau? maka Swiss atau New Zealand adalah pilihan tepat. Dua negara ini merupakan negara teraman dengan pemandangan eksotis.  New Zealand dan Swiss juga unggul di bidang pendidikan. Nah loh, jadi bingung mau pilih negara mana untuk tujuan kuliah kan?  Mari kita bongkar satu per satu supaya kamu tahu lebih dalam.


Sistem pendidikan

Di sisi sistem pendidikannya, Swiss dan New Zealand sama-sama memimpin sebagai negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik menurut Economist Intelligence Unit. Urutan pertama dipegang oleh Finlandia, sementara Swiss di urutan kedua, kemudian disusul oleh New Zealand.

a. Swiss

Menurut QS World University Rankings, mayoritas mahasiswa merasa puas dengan akademisi di Swiss dibandingkan negara lain di Eropa. Dalam mengembangkan potensi mahasiswa, universitas di Swiss mengadakan banyak event, seperti lokakarya, konferensi, dan acara start-up. Terlebih, negara ini juga didominasi oleh organisasi-organisasi internasional, jadi ada banyak peluang untuk bisa berpengalaman luar biasa di Swiss.

b. New Zealand

Di New Zealand, sistem pembelajarannya berbasis pada penelitian. Mahasiswa dituntut untuk belajar secara mandiri, berpikir kritis, dan memperbanyak interaksi dengan dosen. Yang paling disukai oleh para mahasiswa adalah tentang adanya perizinan untuk bekerja hingga 20 jam selama berkuliah.

 

Kualitas hidup

a. Swiss

Bagi kamu yang suka akan ketenangan, Swiss menjadi negara yang tepat untukmu. Tak cuma itu, Swiss juga dinobatkan jadi negara teraman di dunia. Di negara ini, kamu pun dapat mempelajari 4 bahasa resmi yang umumnya digunakan di sana, yaitu bahasa Perancis, Italia, Jerman, dan Romansh.

Akan tetapi, banyak desas-desus bahwa biaya hidup di negara Swiss mahal. Di sejumlah kota di Swiss memang membutuhkan biaya hidup yang cukup mengejutkan. Misalnya di Jenewa, kamu membutuhkan biaya hidup sekitar EUR 1.600 – 1.700 atau IDR 26 – 27,6 juta per bulan. Di kota Zurich, biaya hidup yang perlu dipersiapkan per bulannya adalah sekitar EUR 1.200 – 1.700 atau IDR 19 – 27,6 juta.

b. New Zealand

Hidup di New Zealand tak kalah damainya dengan Swiss. Negara ini menempati urutan kedua dalam Indeks Perdamaian Global 2021. Bahkan, negara ini tidak turun tingkat selama 1,5 dekade. Perlu kamu tahu, warga New Zealand juga disebut sebagai Kiwi, warga yang terkenal ramah dan paling santai, bahkan kepada orang asing sekalipun.

Negara New Zealand punya kota-kota dengan biaya hidup terjangkau. Misal seperti kota Auckland, biaya hidup mahasiswa dapat berkisar antara NZD 1.000 – 1.250 atau IDR 9,6 – 12 juta per bulan.

 

Biaya kuliah

a. Swiss

Sebagian besar mahasiswa menganggap biaya kuliah di Swiss cenderung mahal. Mungkin, statement tersebut hanya berlaku bagi mahasiswa lokal. Rata-rata biaya kuliah di Swiss untuk mahasiswa internasional adalah sebesar CHF 34,500 /tahun. Bahkan, di program exchange, mahasiswa tidak perlu membayar biaya apapun lho!

b. New Zealand

Kalau ingin kuliah, kamu harus tahu dong berapa rata-rata biaya kuliah di negara tersebut. New Zealand dianggap sebagai negara yang memiliki biaya kuliah lebih affordable. Rata-rata biaya kuliah di New Zealand untuk jenjang pendidikan sarjana adalah sebesar NZ$22.000 - NZ$32.000 / tahun.


Masing-masing negara punya keunggulan dan kekurangan. Mungkin sekarang tinggal bagaimana caramu memilih negara sesuai dengan kebutuhanmu. Daripada bingung sendirian, kamu bisa hubungi Vista Education untuk mendapat pencerahan dan rekomendasi yang tepat untukmu.