Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Rekomendasi Universitas Dengan Jurusan STEM Terbaik di Asia

Rekomendasi Universitas Dengan Jurusan STEM Terbaik di Asia

Ingin kuliah jurusan STEM di luar negeri? Negara-negara di Asia punya universitas rekomendasi untuk belajar STEM

Kamu mencari jurusan STEM di universitas terbaik Asia? Ada beberapa yang bisa jadi pilihan untukmu. Namun, ketahui dulu seperti apa jurusan STEM yang sebenarnya.


Jurusan STEM

STEM itu sebenarnya apa sih? STEM adalah kurikulum mahasiswa di bidang Science, Technology, Engineering, and Mathematics. Program STEM ini biasanya mencakup jurusan atau program studi seperti:

  • Teknik sipil
  • Teknik perminyakan
  • Electrical engineering
  • Information Technology (IT)
  • Biological science
  • Geological engineering
  • Computer information system security

Rekomendasi universitas terbaik di Asia jurusan STEM

1. PSB Academy

PSB Academy merupakan universitas yang terletak di Singapura yang berhasil bermitra dengan sejumlah universitas di Inggris, seperti University of London, Loughborough University, dan The University of Nottingham.

Kampus ini menjadi salah satu kampus terbaik yang menduduki peringkat ke-23 di Singapura. Program akademis yang dijalankan PSB Academy antara lain Sekolah Teknik dan Teknologi, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Sekolah Ilmu Hayati, hingga Sekolah Studi Pascasarjana. Bidang studi yang ada di PSB Academy ada sistem informasi komputer, teknik, media dan komunikasi, ilmu pengetahuan alam, hingga olahraga.

2. Asia Pacific University of Technology & Innovation (APU)

APU adalah universitas yang terletak di Malaysia dengan peringkat 1 se-Asia dan Malaysia, dan peringkat 1 kategori International Students menurut QS Asia University Rankings 2021. APU menyediakan program pathways, pre-university student, hingga postgraduate, dan masih banyak lagi program perkuliahan di APU.

Untuk jurusan STEM di APU ada di fakultas Computing, Technology & Games Development, serta Engineering. Lalu kamu bisa memilih program studi teknologi informasi, software engineering, ilmu komputer, dan lain-lain.

3. Tokyo Institute of Technology

Menduduki peringkat ke 56 dunia, Tokyo Institute of Technology memiliki program the Global Scientist and Engineers (GSEP). Program tersebut merupakan program sarjana teknik transdisipliner. Ada pula International Graduate Programs (IGP) yang menjadi sasaran mahasiswa internasional untuk mendapatkan gelar sains maupun teknik yang maju di Jepang.

Di lingkup Asia, Tokyo Institute of Technology menduduki peringkat ke 20. Tokyo Institute of Technology memiliki beberapa fakultas teknik yang mungkin kamu cari. Yaitu ada materials and chemical technology, engineering, science, computing, dan life science and technology. Yang dimana, kampus ini menyediakan penuh program studi sains dan teknologi yang terbaik.

4. National Taiwan University (NTU)

Universitas ini berlokasi di Taipei City. National Taiwan University menjadi universitas yang menduduki ranking ke 68 dunia menurut QS WUR. Kampus ini memiliki 2.000 fakultas yang mendukung ilmu sains hingga humaniora dan ilmu sosial, dengan berbagai penelitian inovatif yang membantu mengembangkan potensi mahasiswa.

National Taiwan University memiliki akses ke sumber daya dan fasilitas dari institusi tetangga, yaitu National Taiwan University dan National Taiwan Normal University. Kampus ini memfokuskan pengajaran kepada mahasiswanya berupa bisnis, administrasi, dan hukum, teknologi informasi dan komunikasi, serta engineering, manufacturing, and construction.

5. National University of Singapore (NUS)

Satu lagi rekomendasi universitas di Asia yang terletak di Singapura. Reputasinya sudah tidak diragukan lagi karena kampus ini menduduki peringkat ke 11 dunia dan pertama dalam Asia University Rankings menurut QS WUR.

National University of Singapore sangat mengagumkan ketika banyak jurusan STEM yang dimilikinya menduduki peringkat teratas. Seperti ilmu komputer, teknik sipil, teknik kimia, materials science, teknik, dan energy and fuels.


Jika kamu berniat mendaftar di salah satu universitas terbaik di Asia tetapi masih bingung, kamu bisa konsultasi kepada Vista Education via whatsapp atau mengisi formulir yang tersedia.