Persyaratan dan Deadline Australia Awards Scholarship 2024
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Persyaratan dan Deadline Australia Awards Scholarship 2024

Persyaratan dan Deadline Australia Awards Scholarship 2024

Bagi pelajar indonesia yang bercita-cita mengejar S2 di luar negeri, beasiswa Australia Awards 2024 layak dicoba, simak deadline dan persyaratan disini.

Beasiswa Australia Awards merupakan program beasiswa unggulan Pemerintah Australia yang memberikan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan Master dan PhD di universitas-universitas terbaik di Australia.

Program beasiswa ini juga bertujuan untuk mendukung pendidikan tinggi dan pengembangan manusia di negara-negara berkembang, salah satunya yakni Indonesia.

Bagi pelajar indonesia yang bercita-cita mengejar S2 di luar negeri, beasiswa Australia Awards menjadi salah satu pilihan yang layak dicoba. Beasiswa ini meliputi biaya pendidikan, tunjangan hidup, dan tiket pesawat pulang pergi. 

Persyaratan Umum Australia Awards Scholarship

Dibawah ini adalah persyaratan umum Australia Awards Scholarships yang harus Anda ketahui sebelum mendaftar. 

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki IPK minimal 2.75 untuk pelamar S2 dan 3.0 untuk pelamar S3 dari skala 4.00
  3. Telah menyelesaikan program S1 untuk pelamar S2 dan program S2 untuk pelamar S3
  4. Tidak menikah atau bertunangan dengan warga negara Australia/Selandia Baru saat mendaftar
  5. Tidak mengajukan visa tinggal di Australia
  6. Tidak sedang dalam tugas militer
  7. Memenuhi persyaratan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia
  8. Memenuhi kriteria dari Pemerintah Indonesia
  9. Bersedia mengikuti pelatihan English for Academic Purposes (EAP) di Indonesia dan Australia
  10. Berpengalaman kerja minimal 2 tahun (untuk pelamar S2)
  11. Memiliki surat rekomendasi dari atasan/dosen
  12. Memiliki rencana studi yang jelas dan relevan dengan bidang prioritas pembangunan Indonesia dan berkomitmen untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi.
  13. Hasil IELTS, TOEFL dan PTE akademik harus yang terbaru dan hasil tes yang diperoleh dalam jangka waktu 2 tahun terakhir

 

Baca juga : Syarat pendaftaran dan Deadline Manaaki New Zealand Scholarship 2024

 

Skor Tes Bahasa Inggris Minimal

Minimal nilai tes bahasa Inggris terbaru bagi pendaftar Master’s Awards:

  • IELTS 5,5
  • TOEFL ITP 525
  • TOEFL iBT 69
  • PTE Academic 46

Minimal nilai tes bahasa Inggris terbaru bagi pendaftar Master’s Awards untuk pendaftar dengan disabilitas dan pendaftar dari Area Fokus Geografis:

  • IELTS 5,0
  • TOEFL ITP 500
  • TOEFL iBT 59
  • PTE Academic 38

Minimal nilai tes bahasa Inggris terbaru bagi pendaftar PhD Awards:

  • IELTS 6,0
  • TOEFL ITP 550
  • TOEFL iBT 79
  • PTE Academic 54

Jika kini Anda belum memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS. Anda dapat mengikuti latihan atau mengikuti tes TOEFL atau IELTS di vista education.
Untuk mengikuti tes TOEFL, Anda bisa mendaftar di laman resmi ETS kami. Atau Anda juga bisa melalui menghubungi team Vista Education  melalui tombol whatsapp dibawah.
Hubungi kami segera untuk mendaftar. Maksimal pendaftaran TOEFL international test adalah H-2 minggu sebelum tes berlangsung.


Dokumen Pendukung Yang Harus Dipersiapkan

Berikut dokumen pendukung yang harus disiapkan sebelum apply Australia Awards Scholarship

  1. CV terbaru (harus berbahasa Inggris)
  2. Surat rekomendasi
  3. Ijazah dan transkrip nilai (dilegalisir)
  4. Fotokopi akta kelahiran
  5. Fotokopi KTP/Paspor atau identitas yang fotonya tercantum
  6. Sertifikat Bahasa Inggris  dengan skor yang sesuai persyaratan
  7. Proposal penelitian di formulir aplikasi (untuk pelamar S3)
  8. Surat keputusan pengangkatan PNS/PPPK (untuk pelamar ASN)
  9. Nominating Agency Declaration dari badan yang mengajukan (untuk pelamar dari sektor publik).

Benefit Yang Diperoleh Dari Australia Awards Scholarship

Australia Awards Scholarship (AAS) merupakan beasiswa fully funded, artinya seluruh biaya kuliah dan biaya hidup ditanggung oleh program beasiswa. Dalam program beasiswa Australia Awards Scholarship (AAS) Anda tidak hanya memperoleh kesempatan pendidikan yang berkualitas di Australia, tetapi juga membuka pintu bagi sejumlah manfaat / benefit yang bernilai.

Apa saja benefit yang Anda  peroleh jika berhasil meraih beasiswa ini?Pertama-tama, penerima beasiswa akan menerima tunjangan hidup bulanan sebesar AUD2250 atau sekitar Rp22.161.501 dengan kurs terkini. Besaran tunjangan ini cukup tinggi dan memadai untuk menutupi biaya hidup selama di Australia, yang rata-rata mencapai AUD1500-2000 per bulan.

Selain tunjangan hidup, berikut adalah benefit lain yang akan Anda nikmati setelah lolos dalam program beasiswa ini:

  • Biaya Kuliah Penuh: Beasiswa ini mencakup biaya kuliah penuh sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang beban keuangan terkait pendidikanmu.
  • Biaya Transportasi ke dan dari Australia: Program ini juga menyediakan dukungan untuk biaya perjalanan ke Australia dan kembali ke negara asal untuk keperluan pendidikan.
  • Tunjangan Kedatangan dan Akomodasi Awal: Kamu akan mendapatkan tunjangan kedatangan serta biaya akomodasi di awal perjalanan, bersama dengan bantuan untuk buku materi dan perlengkapan belajar.
  • Bantuan Biaya Hidup: Selama menjalani studi di Australia, kamu akan mendapatkan bantuan biaya hidup yang akan membantu menutupi berbagai kebutuhan sehari-hari.
  • Pelatihan Pra-Keberangkatan: Sebelum memulai studi akademik formal, para penerima beasiswa akan mengikuti program pelatihan wajib yang memberikan informasi tentang kehidupan dan pembelajaran di Australia.
  • Asuransi Kesehatan: Program ini juga mencakup asuransi kesehatan selama masa studi, sehingga kamu akan terlindungi dari risiko medis yang tidak terduga.
  • Kursus Bahasa Inggris: Penerima beasiswa akan memiliki akses ke kursus bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh instruktur khusus dari Australia, membantu mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan akademik dan sosial di negara tersebut.
  • Dukungan Pendidikan Tambahan: Selain pendidikan formal, program ini juga menyediakan dukungan untuk pendidikan tambahan yang mungkin diperlukan oleh para penerima beasiswa.
  • Kesempatan Kerja Lapangan: Bagi peserta program PhD dan Master, terdapat peluang untuk mengikuti program kerja lapangan yang akan memperkaya pengalaman studi mereka.

Dengan manfaat-manfaat yang luar biasa diatas, program Australia Awards Scholarship tidak hanya memberikan kesempatan pendidikan yang luar biasa, tetapi juga membantu membangun keterampilan dan relasi internasional yang sangat berharga bagi para penerimanya.

Kategori Pendaftar

Australia Awards Scholarship membuka kesempatan bagi siapa saja untuk meraih pendidikan tinggi di Australia. Beasiswa ini terbuka untuk berbagai bidang studi dan menawarkan banyak keuntungan. Australia Awards Scholarship memprioritaskan pendaftar dari beberapa kategori berikut:

1. Kelompok Sasaran Pemerataan (ETG)
Penyandang disabilitas: Beasiswa ini mendukung individu dengan disabilitas untuk mencapai potensi penuh mereka melalui pendidikan.
Perempuan dari kelompok rentan: Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Masyarakat dari provinsi sasaran pemerataan: Beasiswa ini fokus pada pengembangan wilayah yang tertinggal di Indonesia. Provinsi yang termasuk dalam kategori ini adalah:

  • Lampung
  • Kalimantan Barat
  • Sulawesi Tengah
  • Sulawesi Barat
  • Nusa Tenggara Barat
  • Nusa Tenggara Timur
  • Gorontalo
  • Maluku
  • Maluku Utara
  • Papua Barat Daya
  • Papua Barat
  • Papua
  • Papua Pegunungan
  • Papua Tengah
  • Papua Selatan

2. Pegawai Pemerintah Indonesia

PNS dan PPPK: Beasiswa ini terbuka bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tingkat pusat, provinsi, dan daerah. Namun penting untuk dicatat bahwa beasiswa ini tidak terbuka untuk pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Tahapan Seleksi

  1. Pelamar melengkapi formulir aplikasi secara daring
  2. Peserta yang lolos seleksi Tahap Pertama diumumkan pada bulan Juni
  3. Peserta akan mendapatkan informasi mengenai tanggal dan lokasi untuk wawancara dan Tes IELTS
  4. Peserta mengikuti seleksi wawancara dan Tes IELTS pada bulan Juli
    Pengumuman akhir sebagai Penerima Beasiswa (Awardee) pada bulan Agustus

Nah, demikian informasi tentang Beasiswa Australia Awards 2024 yang menarik untuk dicoba. Lekas menyiapkan persyaratan dan dokumen secara lengkap dan cermat. Semoga berhasil, ya.


Baca juga artikel kami lainnya :

7 Jurusan Kuliah di Australia Paling Dicari di Tahun 2024


Info Lengkap Biaya Studi Berbagai Jenjang di Australia

 

Apakah Penerima Beasiswa Australia Awards Scholarship Bisa Mengajak Keluarga ke Australia?

Penerima Beasiswa Australia Awards Scholarship memiliki opsi untuk membawa anggota keluarga (pasangan dan anak) ke Australia selama masa studi. Namun, penting untuk diingat bahwa; Biaya membawa keluarga ke Australia tidak ditanggung oleh beasiswa.
Penerima beasiswa harus menanggung sendiri biaya penerbangan, visa, akomodasi, dan biaya hidup keluarga mereka.

Anggota keluarga harus memenuhi persyaratan visa Australia. Persyaratan ini dapat dilihat di situs web Department of Home Affairs Australia. Penerima beasiswa ini juga harus menunjukkan bukti bahwa mereka memiliki kemampuan finansial untuk mendukung keluarga mereka di Australia.

Anda ingin sukses saat apply beasiswa Australia Awards dan jadi Awardee tapi masih bingung bagaimana memulainya? 


Hubungi vista education sekarang juga.
Kami memiliki Tim professional yang siap membantu Anda. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 
Nggak perlu pusing, tim kami akan mendampingi Anda mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan.
Yuk, segera isi form konsultasi disini untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via tombol WhatsApp dibawah.

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !