Perbedaan Test TOEFL® , TOEIC, IELTS, GRE® dan GMAT
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Perbedaan Test TOEFL® , TOEIC, IELTS, GRE® dan GMAT

Perbedaan Test TOEFL® , TOEIC, IELTS, GRE® dan GMAT

Banyak orang yang masih bingung dengan tes Bahasa Inggris. Sudah jenisnya beragam, fungsi dan materi yang diuji cobakan juga berbeda-beda. Ada TOEIC, TOEFL®, IELTS, SAT dan GRE®. Sebenarnya, apasih perbedaan ke lima jenis tes Bahasa Inggris tersebut :   

 

TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL adalah tes Bahasa Inggris yang ditujukan untuk; mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang untuk belajar & bekerja di luar negeri; menunjukkan kesiapan akademik seseorang. Yang patut Anda perhatikan adalah TOEFL® banyak diminta sebagai salah satu syarat jika Anda ingin kuliah di Amerika dan Kanada

TOEFL® dibagi ke dalam tiga metode :

1. pBt (Paper Base)

Paper Base  TOEFL® adalah tes TOEFL® yang masih menggunakan kertas dan pensil/ bulpoin. Metode ini sering digunakan ketika penggunaan komputer dan internet belum terlalu marak. Pun jika sekarang masih digunakan, hanya karena beberapa kondisi tertentu. Pertama sebagai latihan saja. Kedua karena tempat pelaksanaan tes masih minim komputer dan jaringan internet.

2. cBt (Computer Base)

Computer Base  TOEFL® adalah metode pelaksanaan TOEFL® generasi ke dua. Metode ini tidak lagi menggunakan kertas sebagai media, tapi sudah langsung menggunakan komputer. Software sudah terinstal dan peserta tes hanya perlu mengaksesnya. Walaupun sudah dirilis sejak tahun 1998, Computer Base TOEFL® masih jarang digunakan di Indonesia. Sebagian besar pelaksanaan  TOEFL® di Negara ini masih menggunakan paper base.

3. iBt (Internet Base )

TOEFL iBT® banyak dikenal sebagai NG-TOEFL® (Next Generation) TOEFL®. System ini adalah system terbaru  TOEFL® yang dikeluarkan oleh ETS pada tahun 2005. Namun, TOEFL iBT® baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2006. Metode yang digunakan mirip dengan CBT-TOEFL®. Peserta akan menjawab soal dalam sebuah komputer. Hanya saja, bedanya adalah, komputer yang digunakan terhubung langsung dengan internet. Sehingga, jawaban dari peserta secara langsung akan tersimpan di database ETS. Sekarang, TOEFL iBT® adalah standar baru Test TOEFL® yang diakui dunia. TOEFL® berbasis internet (iBT) mengujikan 4 bagian:

  • Listening
  • Reading
  • Speaking
  • Writing

Cara Mendaftar Tes Internasional

Ada dua cara untuk mendaftar TOEFL®. Pertama dengan mendaftar online di website resmi ETS kemudian Website tersebut akan merekomendasikan tempat-tempat pelaksanaan yang bisa Anda pilih. Langkah ke dua adalah dengan mendaftar melalui lembaga pendidikan yang telah mendapat otorasi. Salah satunya adalah Vistaeducation. Kemudahan yang dapat Anda peroleh dengan mendaftar melalui lembaga pendidikan adalah kesempatan bimbingan dan prosedur yang jelas. Vistaeducation memberikan trial test pada peserta yang mendaftar melalui kantor. Selain itu, Anda juga dapat bertanya langsung ke konsultan apabila menemukan sebuah kesulitan

IELTS (International English Language Testing System)

Berbeda dengan TOEFL®, Skor IELTS digunakan sebagai syarat pendaftaran sekolah di UK, New Zealand dan Australia. IELTS juga menggunakan Bahasa Inggris British. Meskipun terlihat sedikit mirip dengan American English. British English memiliki beberapa idiom, ejaan dan logat yang berbeda.  Seluruh jawaban soal IELTS ditulis tangan, kecuali pada bagian conversation. Penguji Andalah yang akan memberikan nilai langsung nantinya.

TOEIC (TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION)

TOEIC yang dikembangkan pada tahun 1979, ditujukan untuk mengukur kemahiran seseorang dalam bahasa Inggris pada level intermediate (menengah) dan advance (lanjutan). TOEIC adalah sebuah standarisasi kemampuan bahasa Inggris di tempat kerja di seluruh dunia. TOEIC tidak melakukan tes khusus  

Tujuan dari TOEIC lebih bervariasi dari test-test lainnya. Umumnya TOEIC digunakan untuk 3 kegunaa yaitu :

Corporate- perusahaan = untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris karyawa, syarat kenaikan jabatan dan syarat prekrutan 

Sekolah = Untuk mengukur standart kemampuan Bahasa Inggris siswa, sehingga guru dapat memberikan pelajaran yang sesuai

Instansi Pemerintah = Untuk merancang program pelatihan bagi karyawan, perekrutan dan promosi karyawan

SAT (Scholastic Aptitude Test)

SAT adalah test yang akan mengukur sudah sejauh mana anda menguasai materi yang dipelajari di sekolah dan seberapa baik pula anda dapat menerapkan pengetahuan itu. SAT ini menilai pengetahuan Anda tentang membaca secara kritis, menulis dan keterampilan matematika yang sudah anda pelajari. Waktu uji total SAT ini adalah 3 jam dan 45 menit. SAT adalah test yang lumrah digunakan di USA, biasa digunakan sebagai salah satu syarat masuk ke universitas.

 

GRE® (Graduate Record Examinations)

Tes GRE® diperlukan oleh individu yang akan melanjutkan jenjang studi S1 & S2 (Sarjana & Master) baik itu untuk displin ilmu alam, teknik, ilmu sosial, humaniora dan seni, pendidikan, bisnis atau bidang lainnya. Tes ini dirancang untuk membantu panitia penerimaan mahasiswa baru dan para sponsor dalam menilai kualifikasi pelamar untuk tujuan program mereka.

 

GMAT (Graduate Management Admission Test)

GMAT adalah standard test international yang dipakai oleh banyak universitas internasional dalam menentukan “APTITUDE” mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah untuk mendapatkan gelar Master (MBA). Test ini dirancang untuk membantu program pascasarjana manajemen menilai kualifikasi pelamar untuk studi lanjutan di bidang bisnis dan manajemen.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !