Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah Jurusan Kriminologi di Luar Negeri Yuk

Kuliah Jurusan Kriminologi di Luar Negeri Yuk

Apa itu jurusan kriminologi? Yuk kupas tuntas di sini

Ada yang pernah dengar jurusan kriminologi? Itu loh.. jurusan yang booming karena unik, menarik dan berprospek tinggi. Sayangnya, jurusan ini masih cukup langka di Indonesia. Hanya tersedia di 3 kampus yaitu Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau. Tapi, untuk kamu yang ingin kuliah di luar negeri, jurusan kriminologi sudah cukup populer kok. Bisa dibilang sudah well establish dan memiliki banyak professor handal. Sebelum pilih jurusan kriminologi di negara mana, simak dulu yuk seperti apa jurusan kriminologi, materi pembelajaran, dan jenjang karirnya versi Vista Education 

Apa itu jurusan kriminologi?

Kriminologi adalah gabungan dari ilmu psikologi, hukum, filsafat, antropologi, sosiologi, politik, dan jurnalistik. Kriminologi merupakan cabang dari bidang sosiologi yang meneliti perilaku, interaksi, serta organisasi manusia.

Oleh karena itu, mahasiswa jurusan kriminologi dituntut untuk melakukan penelitian sosial guna menganalisis tentang perilaku hidup masyarakat hingga kasus yang berbasis data.

Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka menganalisis seperti detektif dengan aura misteri. Perlu adanya rasa penasaran yang tinggi terhadap suatu kasus atau kejadian yang memiliki banyak kejanggalan untuk diselidiki.

Materi pembelajaran jurusan kriminologi

Kriminologi yang mempelajari tentang tindak kriminal ini mirip-mirip dengan jurusan hukum. Bedanya, di jurusan kriminologi kamu tidak hanya akan menganalisis kasus berdasarkan pasal, tetapi juga tingkah laku manusia (korban dan pelaku), lingkungan manusia, hingga reaksi masyarakat terhadap suatu kejahatan.

Maka dari itu bentuk kejahatan yang dianalisis pun cukup luas, antara lain terorisme, kejahatan dalam bentuk digital seperti hacking dan cyber-bullying, serta kejahatan internasional.

Jika kamu ingin menempuh pendidikan jurusan kriminologi, maka kamu akan mempelajari beberapa hal seperti sosiologi perilaku menyimpang, hak asasi manusia, kejahatan transansional, bisnis dan kejahatan whit-collar, viktimologi, hukum dan pembangunan, penologi, perempuan dan keadilan, serta teror dan terorisme.

Jenjang karir jurusan kriminologi

Seorang lulusan jurusan kriminologi dapat bekerja di berbagai bidang seperti kriminolog, analis intelijen, wartawan, manajer keamanan, sosiolog, psikolog forensik, dan analis data.

Sebagai kriminolog, kamu yang akan menjadi seseorang yang ditanyai tentang pandangan mereka atas suatu tindakan kejahatan dari penyebab, dampak, hingga cara mengelola perilaku kejahatan tersebut.

Di bidang ini, ada juga yang disebut sebagai criminal profiler yang bertugas menyusun profil kriminal dari pelaku kejahatan untuk menyediakan penegak hukum data hasil pemeriksaan sosial dan psikologis pelaku, serta memberi saran dan strategi dalam proses wawancara dengan pelaku.

Kamu juga bisa bekerja sebagai intel polisi dan militer untuk melakukan penyelidikan dalam rangka mencegah tindak kejahatan atau gangguan keamanan yang dapat membahayakan masyarakat dan negara. Sehingga, kamu bisa menjadi bagian dari TNI, Badan Penanggulangan Teroris, KPK, Jaksa Agung, dan Bea Cukai lho!

Jurusan kriminologi di kampus luar negeri

Sekolah khusus kriminologi di luar negeri adalah University of Pennsylvania di Philadelphia, The State University of New York (SUNY) di Albany, Victoria University of Wellington di New Zealand, University of Florida di Florida, dan University of Maryland di Washington.

Bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan di bidang kriminologi, University of Pennsylvannia adalah kampus yang tepat karena menyediakan program-program terbaik untuk warga AS maupun mahasiswa internasional.

Kamu pun bisa mengambil studi dengan jalur beasiswa di Pennsylvania karena mencakup biaya sekolah hingga biaya lainnya, sehingga bisa membantu kehidupanmu selama di luar negeri.

Makin penasaran dengan jurusan kriminologi di luar negeri? Butuh bantuan untuk informasi lebih komplit? Yuk hubungi konsultan Vista Education terdekat dari rumahmu. Kamu juga bisa chat kami via whatsapp atau isi form konsultasi. Semangat!