Kuliah di UK vs Kanada
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah di UK vs Kanada

Kuliah di UK vs Kanada

Dari segi biaya hidup Kanada lebih murah namun, dari segi banyaknya universitas bergengsi UK lebih unggul. Tetapi keduanya memiliki plus dan minus tersendiri.

Bingung pengen kuliah di UK atau di Kanada? Kira-kira bagusan mana sih? Hmm, relative nih jawabanya. UK dan Kanada sama-sama negara tujuan kuliah di luar negeri paling favorite. Keduanya punya keunggulan masing-masing. Coba yuk kita jabarkan Bersama. Siapa tahu bakal dapat inspirasi. 

 

Deri segi deretan universitas bergengsi di UK dan Kanada

10 dari 250 Universitas terbaik di dunia berada di Kanada. Lembaga mereka yang bernama Association of Universities and Colleges of Canada (AUCC) memiliki tugas untuk memastikan kualitas seluruh universitas di negara tersebut. Sampai saat ini, Kanada menjadi salah satu negara dengan sytem Pendidikan terbaik di dunia. Top University bergengsi di Kanada diantaranya : Toronto University, McGill University, Montreal University dan University of British Columbia.

Bagaimana dengan UK? UK bisa dibilang sesepuh untuk sebuah system Pendidikan. Sampai 2021, system Pendidikan UK menjadi higher education standards untuk seluruh institusi di dunia (ucas.com). UK juga punya sederet universitas tertua dunia. Banyak pula yang masuk jajaran terbaik seperti :

Cambridge University, University of Oxford, University College London, University ofSt Andrews, Imperial College London, Coventry University, De Monfort University dan masih banyak lagi

 

Biaya Kuliah di UK vs di Kanada

UK

Mitosnya, kuliah di UK terbilang lebih costly. Apakah itu benar? Tentu saja relative. Jika kalian memutuskan memilik UK paling tidak biaya yang harus dipersiapkan untuk Pascasarjana sebesar 18000-35000 poundsterling. Tergantung jurusan yang dipilih. Jika dirupiahkan sekitar Rp. 363.347.280 - Rp. 706.528.580.

Sementara untuk program Sarjana atau S-1 berkisar antara GBP12.000 – GBP20.000 per tahun; sedangkan untuk kedokteran, biaya kuliah sekitar GBP15.000 – GBP40.000 per tahun.

Kanada

Kisaran biaya studi untuk Pascasarjana dimulai dari16000-30000 CAD (188.915 rupiah-354.216.768 rupiah). Sedangkan untuk program sarjana ekitar $ 5.000 CAD per tahun

 

Biaya Hidup di UK vs Biaya Hidup di Kanada

Biaya Hidup di Kanada untuk 1 orang di Vancouver rata-rata sekitar CA$ 991.98 (Sekitar Rp.12.000.000 an) / bulan di luar biaya akomodasi, sedangkan di Toronto sekitar CA$ 1,070.6 (Sekitar Rp.13.000.000 an)/bulan di luar biaya akomodasi (numbeo.com). 

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa contoh akomodasi asrama di Kanada (Berdasarkan hotcourses):

·         Totem Park di University of British Columbia – Kamar single dan kamar bersama, termasuk makan =  CAD$527-725 per bulan

·         Douglas Hall di McGill University – Kamar single = CAD$1,275 per bulan

·         International Living and Learning Centre di Ryerson University – Kamar single dengan kamar mandi, termasuk makan = CAD$11,031 per tahun akademis

·         Chestnut Residence di University of Toronto – Kamar single termasuk makan = $14,000-$18,000 per tahun akademis

Cek biaya hidup dan kuliah di Kanada di sini https://www.vistaeducation.com/article/biaya-hidup-dan-kuliah-di-kanada 

Mari lanjut ke biaya hidup di UK. Jika kamu memasak makanan sendiri, maka kamu hanya perlu menyiapkan 5-20 poundsterling/hari (Mulai dari Rp.100.000/ 3 kali makan). Untuk akomodasi, Vista Education menyarankan untuk tinggal di asrama. Karena akan jauh lebih terjangkau dan hemat biaya transport. Salah satu asrama di UK menawarkan 214 poundsterling (Sekitar Rp.4.500.000). Namun jika kamu memilih homestay, maka kamu perlu menyiapkan 350-500 poundsterling ( Mulai dari Rp.7.000.000 an per bulan) Harga ini rata-rata untuk homestay yang memiliki fasilitas kamaar mandi, dapur dan ruang tamu Bersama. Beberapa homestay juga sudah menawarkan listrik dan internet include. 

Kredit dan Sistem Penilaian

UK : di UK untuk pascasarjana biasanya memiliki 180 kredit study. Untuk system penilainnya sebagai berikut:

Distinction (tanda kehormatan) 70%+
Commendation (dengan pujian) 60%-69%
Pass (lulus) 50%-59%
Fail (gagal) 40%-49%


Kanada : di Kanada untuk kredit dan system penilaian tergantung pada lokasi kampus. Untuk penilaian menggunakan system A+,A.B+.B

 

Nah itu tadi secara garis besar perbedaan kuliah di UK dan Kanada. Yang pasti memiliki plus dan minusnya masing-masing ya. Tetapi untuk kualitas pendidikannya keduanya sama-sama bagus.

Jangan lupa share informasi ini ke teman kalian dan jika masih ragu bisa konsultasi ke vistaeducation terdekat.

 

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !