Kuliah di Birmingham, UK
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah di Birmingham, UK

Kuliah di Birmingham, UK

Birmingham terletak di West Midlands dan menjadi kota terbesar kedua di Britania Raya setelah London. Kota ini punya sederet universitas ternama, lho. Selain itu ada banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ingin tahu bagaimana rasanya kuliah dan tinggal di Birmingham? Simak ulasan ini, yuk!

Pendidikan di Birmingham

Ada banyak perguruan tinggi di Birmingham, diantaranya University of Birmingham, Birmingham City University, Newman University, Aston University, dan Birmingham Theatre School. Nggak heran kalau kota ini menjadi multikultur karena ada banyak mahasiswa dari seluruh dunia yang belajar disana. 

Biasanya, program sarjana di Inggris, Wales, dan Irlandia Utara berlangsung selama tiga tahun. Berbeda dengan di Skotlandia dengan durasi empat tahun. Sedangkan untuk program master bisa kamu selesaikan dalam waktu satu tahun saja. So, kalau kamu lulus tepat waktu, kamu juga akan lebih cepat memulai karir. 

Baca juga: 5 Kota Paling Ramah Pelajar di UK

Biaya kuliah dan biaya hidup

Biaya kuliah di Inggris untuk program sarjana internasional bervariasi, yakni dari £11.400 - £38.000. Biaya rata-rata diperkirakan sekitar £22.200 atau sekitar Rp. 404 juta per tahun. Sedangkan untuk program pascasarjana internasional bervariasi dari £9.000 - £30.000. Biaya rata-rata diperkirakan sekitar £ 17.109 atau kisaran Rp. 311 juta per tahun (1 Poundsterling = Rp. 18.196,39). Biayanya akan berbeda-beda tergantung jurusan dan universitas, jadi sebaiknya kunjungi web resmi universitas yang kamu tuju, ya.

Mahasiswa internasional yang kuliah di Inggris menghabiskan sekitar £1300- £1400 (Rp. 23,7 juta - Rp, 25 juta) per bulan di London atau £900- £1300 (Rp. 16,4 juta - Rp. 23,7 juta) di seluruh Inggris untuk keperluan akomodasi, tagihan, belanjaan, dan berbagai biaya hidup lainnya selama studi disana.

Baca juga: Biaya Hidup dan Kuliah di UK dalam Rupiah

Kuliah di Birmingjam UK

Tempat menarik di Birmingham

Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di Birmingham. Seperti menikmati coklat di Cadbury World, menjelajahi sejarah di Birmingham Museum & Art Gallery, atau refreshing ke The Birmingham Botanical Gardens. Kamu juga bisa mengunjungi National Sea Life Centre yang menyajikan kehidupan air tawar dan air laut. Kalau untuk sekedar bersantai sejenak di taman atau piknik dengan teman, ada banyak taman yang dapat kamu kunjungi, seperti Sutton Park, Cannon Hill Park, Sandwell Valley Country Park, dan Castle Bromwich Hall Gardens.

Birmingham juga dijuluki sebagai black country. Yup! Karena jaman dulu, pusat utama industri negara Inggris ini selalu tampak hitam tertutup oleh asap. Demikian ulasan tentang Birmingham kali ini. Apakah kamu berniat kuliah di Birmingham?

Mulailah kuliah di UK bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke luar negeri. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !