Ketahui Arti Worth It Lengkap Dengan Contohnya
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Ketahui Arti Worth It Lengkap Dengan Contohnya

Ketahui Arti Worth It Lengkap Dengan Contohnya

Anda Yakin sudah menggunakan kata "worth it" dengan benar? Yuk, kita bedahpenggunaan kata kata "worth it" dalam bahasa gaul Inggris di Artikel kali ini!

Pasti kata “worth it” sering Anda temui baik dalam chat whatsapp atau melalui percakapan langsung, seperti :

"worth it banget."
"worth it to try."
"harganya worth it."
"Ini sih worth to buy, ya."

Pastinya Anda pernah menemui kalimat di atas? atau Anda sendiri sering menggunakannya? Kata diatas sudah jadi bagian dari bahasa gaul Inggris sehari - hari ala anak - anak Jaksel.

Nah, yang menjadi pertanyaan, apakah selama ini Anda sudah menggunakan kata worth it dengan benar? 

Kata "worth it" sendiri ternyata sudah ada jauh sebelum era internet!

Akar kata "Worth"

Istilah "Worth it" berasal dari kata "worth", yang secara dalam bahasa Indonesia mengacu pada nilai atau keberhargaan. Penggunaan "worth" umumnya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang memiliki nilai atau manfaat yang cukup tinggi.

Menurut Anda Bahasa Inggris Oxford, "worth it" memiliki makna "cukup baik, menyenangkan, atau berhasil untuk menggantikan segala usaha, masalah, atau biaya yang telah dikeluarkan."

  • Kata "worth" sendiri dalam bahasa Inggris sendiri sudah digunakan sejak abad ke-10, berasal dari kata dalam bahasa Jerman Kuno "weord" yang berarti "nilai" atau "harga".
  • Seiring berjalannya waktu, "worth" berevolusi menjadi kata yang tak hanya merujuk pada nilai finansial, tapi juga nilai intrinsik, seperti "worthwhile" (berarti) atau "worthy" (layak).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa frasa "worth it" digunakan ketika seseorang merasa mendapatkan sesuatu yang cukup baik, sehingga sepadan dengan segala usaha, masalah, atau biaya yang telah dikeluarkan.


Baca juga artikel kami yang lain : Nama Hari Dalam Bahasa Inggris Dan Cara Melafalkannya

Contoh Penggunaan Worth It dalam Percakapan 

Educational Pursuits

  • Person A: "I'm hesitant about pursuing a master's degree. It requires a significant commitment of time and money." 
    (Orang A: "Saya ragu untuk mengejar gelar master. Ini karena memerlukan komitmen waktu dan uang yang besar.")
  • Person B: "True, but think about the career opportunities it could open up. In the long run, the investment in your education could be worth it."
    (Orang B: "Benar, tapi pikirkan lagi peluang karier yang bisa dibuka. Dalam jangka panjang, investasi dalam pendidikan Anda akan sangat bermanfaat.")

Investment Decisions

  • Person A: "I'm thinking of investing in solar panels for my home, but they're quite expensive."
    (Orang A: "Saya sedang berpikir untuk berinvestasi pada panel surya untuk rumah saya, tapi harganya cukup mahal.")
  • Person B: "It might seem pricey upfront, but considering the long-term savings on electricity bills and environmental benefits, it's definitely worth it."
    (Orang B: "Mungkin terlihat mahal di awal, namun mengingat penghematan jangka panjang pada tagihan listrik dan manfaat lingkungan, hal ini sangat berharga.")

Health and Fitness

  • Person A: "I'm considering joining a gym, but the membership fees are quite high."
    (Orang A: "Saya sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan gym, tetapi biaya keanggotaannya cukup mahal.”)
  • Person B: "It's an investment in your health. If you utilize the facilities regularly and see improvements in your fitness levels, it'll be worth every penny."
    (Orang B: "Ini adalah investasi untuk kesehatan Anda. Jika Anda memanfaatkan fasilitas ini secara teratur dan melihat peningkatan dalam tingkat kebugaran Anda, setiap sen yang Anda keluarkan akan sangat bernilai.")

Technology Purchases

  • Person A: "The latest smartphone model is tempting, but it comes with a hefty price tag."
    (Orang A: "Model ponsel pintar terbaru memang menggiurkan, namun memiliki banderol harga yang lumayan.")
  • Person B: "If you rely heavily on your phone for work or it offers significant upgrades compared to your current one, it might be worth the investment in terms of efficiency and productivity."
    (Orang B: "Jika Anda sangat bergantung pada ponsel untuk bekerja atau ponsel tersebut menawarkan peningkatan yang signifikan dibandingkan ponsel Anda saat ini, investasi ini mungkin sepadan dalam hal efisiensi dan produktivitas.")


Baca juga artikel kami lainnya : Mengenal Apa Itu To Be dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya


Bagaimana, setelah memahami makna "worth it" dan cara penggunaannya dengan benar. Kini, Anda bisa langsung menggunakannya dalam percakapan bahasa Inggris sehari - hari ataupun menggunakannya dalam bahasa inggris gaul ala anak-anak Jaksel.

Jika Anda saat ini membutuhkan bantuan dalam pelajaran bahasa Inggris, Anda bisa lho mencoba join kelas bahasa inggris di vista education.

Kami menyediakan master teacher yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Mulai dari reading, writing, listening hingga speaking!

Yuk diskusi dengan konsultan kami sekarang, disini! Atau hubungi kami via whatsapp dibawah

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !