Kamu Mau Kuliah di Luar Negeri? Intip Persiapan Obat Apa Saja yang Perlu Kamu Punya
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kamu Mau Kuliah di Luar Negeri? Intip Persiapan Obat Apa Saja yang Perlu Kamu Punya

Kamu Mau Kuliah di Luar Negeri? Intip Persiapan Obat Apa Saja yang Perlu Kamu Punya

Kehidupan sebagai mahasiswa internasional adalah pengalaman yang penuh tantangan. Salah satu aspek yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah aspek kesehatan.


 

Saat kamu berada di sebuah negara baru, kamu pasti akan menjumpai makanan dan gaya hidup yang berbeda. Oleh karena itu, kamu penting untuk memahami obat-obatan yang akan kamu butuhkan saat menjalani studi di luar negeri. Artikel ini akan membahas lima jenis obat yang common dan penting untuk diketahui oleh mahasiswa internasional. Penasaran apa saja? Let's check this out?

Parasetamol (Acetaminophen)

Parasetamol adalah obat pereda nyeri yang sangat umum digunakan oleh masyarakat. Obat ini efektif untuk meredakan demam dan sakit kepala. Kamu akan menjumpai banyak merek dagang yang tersedia, seperti Tylenol, Panadol, atau Paralen. Selain itu, penting untuk mengikuti dosis yang direkomendasikan dan tidak melebihi dosis aman harian. Parasetamol tentunya mudah kamu temukan di apotek sebagian besar negara. Paracetamol telah menjadi obat yang berguna untuk mengatasi gejala flu atau demam.

Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan. Ibuprofen berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan, sakit gigi, atau nyeri otot dan sendi. Kamu dapat berkonsultasi dengan profesional di bidang kesehatan sebelum mengkonsumsi ibuprofen secara teratur. Terlebih jika kamu memiliki riwayat masalah perut atau penyakit tertentu. Obat ini umumnya tersedia di apotek di berbagai merek, seperti Advil atau Nurofen.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Kuliah di Luar Negeri

Antasida

Perubahan pola makan dan lingkungan baru dapat mempengaruhi pencernaan kamu. Antasida adalah obat yang digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, terutama gangguan lambung dan refluks asam. Obat ini akan membantu mengurangi rasa terbakar dan ketidaknyamanan perut. Biasanya, kamu dapat menemukan antasida dalam berbagai bentuk, seperti tablet kunyah atau cairan.

Obat Demam dan Flu

Saat kamu tinggal di luar negeri, kemungkinan besar kamu akan terpapar pada berbagai jenis penyakit. Hal ini dikarenakan oleh adanya pengaruh cuaca dan lingkungan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk selalu memiliki obat demam dan flu di tangan. Beberapa obat yang mungkin kamu butuhkan adalah obat batuk, obat pilek, dan antihistamin. Pastikan untuk membaca petunjuk dan dosis yang disarankan pada label.

Baca Juga: Cara Membaca Kesehatan Mental Saat Kuliah di Luar Negeri

Obat Penghilang Rasa Sakit Topikal

Obat penghilang rasa sakit topikal seperti krim atau salep dapat membantu untuk mengatasi nyeri otot atau nyeri pada kulit. Obat tersebut juga bisa bermanfaat jika kamu mengalami gigitan serangga atau iritasi kulit lainnya. Simpan beberapa obat penghilang rasa sakit topikal dalam kit kesehatan  saat berada di luar negeri.

Jadi, penting buat kamu dalam mengetahui 5 obat-obatan di atas. Namun demikian, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengkonsumsinya secara teratur atau dalam jangka waktu yang lama. Kesehatan kamu adalah prioritas utama, sehingga segera  dapatkan saran medis dari dokter jika kamu merasa tidak sehat. Selalu perhatikan tanggal kadaluarsa obat dan pastikan kamu menggunakan obat sesuai dengan petunjuk. Kesadaran dan persiapan adalah kunci untuk menjaga kesehatan saat menjalani studi di luar negeri.https://www.vistaeducation.com/contact

Selain obat, kamu juga perlu menyimpan beberapa alat kesehatan seperti termometer, pulse oximeter, dan P3K lain. 

Nyaman kuliah di luar negeri bersama Vista Education

Apakah kamu membutuhkan informasi lain seputar kuliah di luar negeri? Butuh bantuan dari para ahli? Yuk diskusi dengan tim konsultan Vista Education aja! Vista Education adalah konsultan pendidikan luar negeri terkemuka di Indonesia. Berpengalaman selama lebih dari 25 tahun, Vista siap membantumu sejak proses pemilihan jurusan, negara, universitas, pendaftaran, admission, VISA sampai akomodasi. Konsultasi gratis sekarang!




 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !