Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Finance vs Jurusan Accounting

Jurusan Finance vs Jurusan Accounting

Tertarik masuk jurusan yang berbau pengelolaan keuangan? Pertimbangkan antara jurusan finance dan jurusan accounting yuk!

Ingin improve skill tentang mengelola keuangan atau perpajakan? Enaknya ambil jurusan yang mana ya? Ada dua pilihan nih, antara jurusan finance dan accounting. “Bedanya apa?” Yuk kita bedah kedua jurusan tersebut mulai dari pengertian hingga prospek kerjanya.


Pengertian

1. Finance

Jurusan finance atau jurusan keuangan mempelajari tentang ilmu keuangan, perbankan, perdagangan dan ekonomi. Tak cuma soal keuangan, jurusan finance mengajakmu mempelajari mengenai bisnis dan manajemen yang menggunakan prinsip dan praktik keuangan.

Hal-hal lain yang akan kamu dapatkan di jurusan finance adalah tentang terminologi keuangan, manajemen bank, aplikasi keuangan manajerial, hingga metode penilaian kursus terkait investasi. Umumnya, sarjana keuangan perlu menempuh pendidikan selama kurang lebih 4 tahun atau 5-6 tahun bagi pelajar paruh waktu.

2. Accounting

Akuntansi merupakan program studi yang memiliki banyak peminat dari jurusan SMA IPS sebelumnya. Akuntansi merupakan jurusan yang identik dengan perhitungan uang, perpajakan, manajemen, sistem informasi, dan pengauditan.


Mata kuliah

1. Finance

Ilmu keuangan pada jurusan ini akan mengulas tentang studi akuisisi, pengelolaan uang, investasi, dan mencakup beberapa kegiatan perbankan, kredit, pasar modal, dan lain-lain. Kamu akan mempelajari tentang manajemen pemasaran, penganggaran perusahaan, analisa laporan keuangan, lalu lintas pembayaran luar negeri, hingga perpajakan.

2. Accounting

Mata kuliah apa saja yang ada di jurusan akuntansi? Ada ekonomi makro dan mikro, ekonomi koperasi, matematika bisnis akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, perpajakan internasional, dan mengulas tentang investasi dan pasar modal.


Gelar

1. Finance

Di luar negeri, gelar jurusan finance terbagi dua, yaitu Bachelor of Arts in Finance dan Bachlor of Science in Finance. Di sejumlah universitas akan memberi gelar kombinasi, yaitu BA in Accounting and Finance.

2. Accounting

Jika kamu kuliah jurusan accounting dengan program sarjana di luar negeri, gelar yang akan kamu dapat adalah gelar Bachelor of Accountancy (BAcy atau B.Acy). Nama gelar tersebut juga dikenal sebagai Bachelor of Accounting. Mirip dengan finance, gelar akuntansi menggunakan gelar BS (Bachelor of Science).


Prospek kerja

1. Finance

Lulusan jurusan finance bisa bekerja secara individu, di perusahaan atau pemerintahan di bidang perekonomian. Bisa menjadi penasihat keuangan, analisis keuangan, bekerja seputar peminjaman, dan asuransi. Selain itu, bisa menjadi Penilai di bidang pajak dan keuangan, akuntan, dan analisis kredit lho! Kalau ingin bekerja pada suatu bisnis, kamu bisa mengajukan diri sebagai manajer keuangan.

2. Accounting

Akuntan kerjanya apa aja sih? Sama dengan jurusan finance, lulusan jurusan accounting bisa bekerja di perusahaan, organisasi nirlaba, lembaga pemerintah, dan bisnis kecil. Akuntan bekerja membuat laporan keuangan, meninjau pemasukan dan pengeluaran, menyiapkan dokumen pajak, dan membantu pelacakan keuangan.

Lulusan jurusan accounting juga bisa menjadi makelar saham, pegawai bank, ekonom, juru taksis, Penilai properti dan real estate, dan akuntan. Bisa juga bekerja di bidang perpajakan, seperti pegawai pajak, pengawas imigrasi dan bea cukai, atau sebagai pemeriksa dan pengumpul pajak dan agen revenue.


Coba introspeksi, ilmu apa yang ingin kamu perdalam. Prospek kerja keduanya tidak jauh berbeda karena umumnya, kedua jurusan ini juga bergerak di bidang pengelolaan keuangan. Setelah memilih jurusannya, kamu tinggal memilih kampus mana yang akan jadi tempat studimu beberapa tahun ke depan. Ingin konsultasi soal kampus untuk kuliah di luar negeri, hubungi saja Vista Education.