Jurusan Construction Management

Ulasan lengkap Jurusan Construction Management

Taukah kamu bahwa di balik setiap bangunan yang menakjubkan ada satu manajer konstruksi yang menjalankan operasi yang lancar dan kerjasama yang baik dengan tim pembangunnya? Semua skill untuk menjadi manajer proyek bisa kamu pelajari di Jurusan Construction Management. Yuk, simak ulasan berikut ini.

Apa itu Construction Management?

Manajemen konstruksi adalah ilmu yang mempelajari dan mempraktikkan aspek-aspek manajerial dan teknologi industri konstruksi. Bidang ini menggabungkan dua bidang studi, yaitu keterampilan perdagangan dan keterampilan manajemen. Dari sisi perdagangan, kamu akan mempelajari proses dan bahan yang terlibat dalam bangunan, mulai dari cara membuat dan menganalisis rencana dan gambar konstruksi hingga cara menafsirkan data lokasi konstruksi dan memeriksa situs tertentu. Sementara dari sisi pengelolaan, kamu akan mempelajari cara menjalankan operasi konstruksi, termasuk pengendalian sumber daya dan biaya serta setiap aspek keamanan. Jurusan ini juga akan menjelaskan tentang alat dan mesin konstruksi serta kode untuk keselamatan dan etika.

Apakah tugas seorang Construction Manager?

Sebagai manajer konstruksi kamu akan mengontrol pelaksanaan rencana pembangunan dan memastikan bahwa gedung tersebut akan dibangun secara efektif dan efisien. Kamu juga akan bekerja  di belakang meja, yakni mengawasi kontrak dan proposal, menyiapkan tawaran dan perkiraan, serta menyiapkan pencegahan kecelakaan kerja dan jaminan kualitas. Asosiasi Manajemen Konstruksi Amerika (CMAA) menyatakan bahwa tujuh kategori utama tanggung jawab seorang manajer konstruksi, yaitu perencanaan proyek manajemen, manajemen harga, manajemen waktu, manajemen kualitas, administrasi kontrak, manajemen keselamatan dan praktik profesional.

Prospek Kerja

Prospek kerja di bidang ini dapat dibilang menjanjikan. Lulusan di bidang ini umumnya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan konstruksi, developer, real estate, hingga instansi pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum.  Beberapa profesi yang akan kamu geluti diantaranya:

1.       Penilai Real Estate

2.       Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate

3.       Sales Perusahaan Konstruksi

4.       Bagian Penjualan (Sales) Perusahaan Perumahan

5.       Surveyor Tanah

6.       Kontraktor

7.       Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC)

8.       System Analyst

Kampus dengan Jurusan Construction Management

Kampus yang menyediakan jurusan di bidang konstruksi cukup banyak, beberapa diantaranya menawarkan spesifik jurusan Manajemen Konstruksi, yaitu Swinburne University of Technology, The University of Newcastle, York University, Iowa State University, dan Universiti Tunku Abdul Rahman. Jangan lupa untuk berdiskusi dengan konsultan dari Vista Education jika ingin ambil jurusan construction management di luar negeri. Hubungi sekarang

Nah, jika kamu ingin menjadi seorang manajer konstruksi maka kamu juga harus memiliki kemampuan perencanaan, analisis, serta komunikasi yang baik. Bayangkan saja, semua pengerjaan proyek konstruksi ada di bawah kendalimu. Tapi jangan khawatir, jika kamu belajar dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati maka kamu akan bisa mencapai cita-citamu. Semoga berhasil!