Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Istilah-Istilah Dalam Perkuliahan di Luar Negeri

Istilah-Istilah Dalam Perkuliahan di Luar Negeri

Ketika kuliah di luar negeri, ada banyak istilah yang mungkin akan terdengar asing bagimu atau sulit untuk kamu bedakan

Ketika kamu kuliah di luar negeri, kamu akan mendapatkan perbedaan bahasa yang signifikan dan nama istilah yang tidak biasa. Di dunia perkuliahan di luar negeri, penyebutan program perkuliahan dan gelarnya berbeda-beda. Yuk simak lebih lanjut


1. Program Perkuliahan

Di setiap perkuliahan terdapat program sarjana ataupun vokasi, dan lain-lain bukan? Nah, kalau di luar negeri, program-program tersebut disebut apa ya?

Undergraduate

Istilah untuk program-program yang ditempuh sebelum mendapat level bachelor atau S1
- Untuk Certificate yang ditempuh selama 1 tahun
- Untuk Associate Degree yang ditempuh selama 2 tahun

Para pemilik gelar certificate maupun associate ini bisa langsung bekerja karena sudah menyelesaikan kuliah undergraduate-nya. Namun, mereka juga bisa transfer untuk mendapat gelar sarjana

Bachelor

Berikut adalah program perkuliahan yang setara dengan S1 di Indonesia. Waktu tempuh pendidikannya pun sekitar 3,5-4 tahun untuk menyelesaikan 120 SKS atau lebih.

Graduate

Nah, program graduate ini sering disebut sebagai S2. Lulusan program graduate akan mendapat gelar Master atau Magister.

Postgraduate

Di Indonesia, program postgraduate juga disebut sebagai S3. Program perkuliahan inilah yang ditempuh bagi para mahasiswa yang ingin menyandang gelar Doktor atau PhD. Sedangkan di Indonesia, kamu akan mendapat gelar Profesor.


Pathway

Program yang satu menjadi pilihan mahasiswa internasional sebagai solusi adanya gap sistem pendidikan di Indonesia dan luar negeri. Baik itu secara kurikulum, nilai, kemampuan bahasa maupun kesiapan diri. Mereka yang ambil program pathway bisa langsung transfer ke universitas impian di tahun kedua tanpa mengulangi dari awal. 

Foundation

Sejumlah institusi di luar negeri, salah satunya Australia, memiliki program foundation yang ditujukan kepada orang yang ingin masuk ke universitas tertentu. Namun, seseorang itu belum memenuhi syarat masuk, sehingga harus masuk ke foundation terlebih dahulu agar lebih siap dan dianggap telah memenuhi kriteria menjadi mahasiswa pada umumnya. 

Certificate

Di Australia terdapat program certificate yang setara dengan SMA. Ketika kamu berada di kelas 2 SMA dan ingin melanjutkan studi di Australia, maka kamu bisa memilih high school (SMA) atau certificate (SMK).

Sedangkan di Amerika, certificate didapatkan oleh seseorang yang menempuh perkeliahan selama 1 tahun selepas SMA. Mungkin di Indonesia namanya D1 kali ya.


2. Gelar

Biasanya, kamu akan mendapatkan gelar setelah menyelesaikan pendidikan tersebut. Tetapi, di setiap jenjang pendidikan terdapat nama gelar yang berbeda-beda.

Associate degree

Gelar Associate degree ini akan kamu dapat ketika mengambil program D3 di luar negeri. Gelar ini sangat umum di Amerika, Australia, Kanada, Belanda, dan Hongkong. Sementara di Inggris, gelar ini disebut dengan Foundation degree.

Diploma

Diploma adalah suatu gelar yang hampir sama dengan diploma di Indonesia dan programnya memiliki waktu tempuh yang kurang lebih sama pula.

Advanced diploma

Advanced diploma merupakan gelar yang kamu dapatkan setelah tamat diploma. Gelar ini memiliki beberapa keunggulan dibanding diploma biasa, yaitu dapat membantumu mendaftar ke universitas (bachelor) dan menjadi pengantarmu dalam mendapatkan graduate visa.

Bachelor degree

Gelar ini yang akan kamu dapatkan setelah lulus S1 atau setelah mengikuti program undergraduate. Misalnya kamu telah menyelesaikan jurusan sains, maka gelar yang akan kamu dapat adalah BSc.

Master degree

Setelah lulus S2 atau magister, kamu akan mendapatkan gelar Master ini. Misalnya untuk jurusan administrasi bisnis, gelar yang kamu dapat adalah Master of Business Administration (MBA).

Doctoral

Gelar Doctoral bisa didapatkan oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan program S3 dan diwajibkan menciptakan penelitian dalam waktu beberapa tahun.

Hons

Hons merupakan gelar yang kamu dapatkan ketika kamu menguasai suatu bidang studi dengan lebih spesifik. Gelar ini sangat populer dan banyak disukai perusahaan atau para pemberi pekerjaan.

 

3. Lain-lain

Ada hal lain yang akan sering didengar oleh mahasiswa internasional dan mungkin berbeda dari anggapan mereka. Contohnya adalah course. Arti course bukanlah sebuah kursus, melainkan jurusan.

Di sisi lain, ada juga istilah off-campus housing yang berarti tempat penginapan di luar kawasan kampus. Sedangkan on-campus housing berarti tempat penginapan yang masih berada di kawasan kampus. Ada pula istilah hall of residence yang artinya asrama mahasiswa, dimana tempatnya tidak selalu berada di kawasan kampus, melainkan juga di luar kawasan.


Ada istilah tentang kuliah di luar negeri lain yang perlu kamu tahu? Yuk tanyakan langsung ke tim konsultan pendidikan Vista Education!