Ini 20 Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Ini 20 Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

 Ini 20 Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Tidak suka matematika? Jangan khawatir! Ini 20 jurusan kuliah yang bebas dari pelajaran matematika. Pilihan tepat untuk calon mahasiswa!

Matematika memang menjadi momok bagi sebagian orang. Angka-angka dan rumus yang rumit seringkali membuat kita pusing dan menjadi hambatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata masih banyak pilihan jurusan kuliah yang tidak memerlukan matematika?

Ya, Anda tidak salah baca. Di era modern ini, terdapat banyak bidang ilmu yang fokus pada aspek lain, seperti bahasa, seni, sosial, dan humaniora.

Bagi Anda yang ingin menghindari matematika, Berikut dibawah ini adalah beberapa jurusan kuliah yang tidak memerlukan matematika sebagai mata kuliah utama yang bisa Anda pertimbangkan.


1. Jurusan Sastra Dan Bahasa

Jurusan ini cocok bagi Anda yang gemar membaca, menulis, dan mendalami bahasa. Di sini, Anda akan mempelajari berbagai jenis sastra, seperti puisi, prosa, dan drama.

Selain itu, Anda juga akan belajar mengenai tata bahasa, kosa kata, dan struktur bahasa, serta memperdalam kemampuan membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa yang dipelajari.

Tugas-tugas yang diberikan biasanya juga masih berhubungan dengan analisis, penafsiran, dan evaluasi karya, serta publikasi karya sendiri.


2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia komunikasi dan media, jurusan Ilmu Komunikasi adalah pilihan tepat. Jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari berbagai aspek komunikasi, seperti jurnalisme, komunikasi media dan penyiaran, hubungan masyarakat/PR, hingga periklanan.

Meski tidak memerlukan matematika, jurusan ini membutuhkan kemampuan analisis dan kritik yang tajam.

 

3. Jurusan Ilmu Hukum

Jika Anda tertarik dengan dunia hukum dan keadilan, jurusan Ilmu Hukum adalah pilihan yang tepat. Jika Anda masuk ke Jurusan Ilmu Hukum, Anda nantinya mempelajari berbagai aspek hukum, termasuk teori dan praktek hukum.

Jurusan ini tidak ada hubungannya dengan matematika, namun memerlukan kemampuan analisis dan kritik yang tajam.


4. Jurusan Pendidikan Bahasa

Bagi Anda yang ingin menjadi guru bahasa, jurusan Pendidikan adalah pilihan yang tepat. Jurusan Pendidikan Bahasa mempelajari berbagai aspek bahasa, seperti teori dan cara-cara dalam pendidikan dan pengajaran. Tidak ada hubungan dengan matematika, namun untuk berkuliah di jurusan ini memerlukan kemampuan analisis dan emosional yang baik.


5. Jurusan Sosiologi

Jika Anda masuk ke jurusan Sosiologi, maka sehari - hari Anda akan mempelajari struktur sosial masyarakat dan interaksi antar individu didalamnya.

Meski tidak memerlukan matematika, jurusan ini memerlukan kemampuan analisis dan kritik yang tajam, serta statistika di tingkat akhir untuk menghasilkan penelitian yang valid.

6. Jurusan Desain/Animasi

Jurusan Desain / Animasi adalah pilihan tepat bagi Anda yang kreatif dan memiliki jiwa seni, baik grafis maupun komunikasi visual, dan animasi menghabiskan lebih banyak waktu untuk menggambar dibanding menghitung.

Jika Anda ingin belajar grafis dengan cakupan yang lebih luas, termasuk animasi didalamnya, pilihlah Desain Komunikasi Visual. Jurusan Animasi lebih terfokus pada film atau game 3D.


7. Jurusan Ilmu Filsafat

Jurusan Ilmu Filsafat mempelajari berbagai topik, seperti hakikat kehidupan manusia di dunia, penciptaan alam semesta, dan berbagai topik menarik lainnya.

Kuliah di jurusan ini tidak ada hubungannya dengan matematika, namun tetap memerlukan kemampuan analisis dan daya kritik yang tajam.


8. Jurusan Ilmu Sejarah

Jurusan Sejarah mempelajari tentang peristiwa masa lampau dan pengaruhnya terhadap kehidupan saat ini. Di sini, Anda akan mempelajari berbagai metode penelitian sejarah, analisis sumber sejarah, dan penulisan sejarah.

Jurusan ini tidak ada hubungannya dengan matematika, namun tetap memerlukan kemampuan analisis dan kritik yang tajam.


9. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional mempelajari diplomasi dan politik internasional, serta kecakapan berkomunikasi serta kemampuan menggunakan bahasa asing.

Di jurusan ini tidak ada hubungannya dengan matematika, namun memerlukan kemampuan analisis yang baik.


10. Jurusan Kriminologi

Di jurusan Kriminologi Anda nantinya Akan mempelajari berbagai aspek kriminalitas, termasuk analisis perilaku masyarakat dalam menelusuri setiap kasus hingga menemukan solusi. Tidak ada hubungan dengan matematika, namun memerlukan kemampuan analisis dan kritik yang tajam.

Baca juga artikel menarik lainnya : Apakah Lulusan Smk dan Paket C Bisa Kuliah Ke Luar Negeri


11. Jurusan Antropologi

Jika Anda memutuskan untuk mengambil jurusan Antropologi, nantinya Anda akan mempelajari berbagai aspek manusia dan kebudayaannya, serta beririsan dengan cabang ilmu lainnya seperti sosiologi, psikologi, ekonomi, kesehatan, teknologi, dan banyak lagi. Tidak ada hubungan dengan matematika, namun memerlukan kemampuan analisis dan kritik yang tajam.


12. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan mempelajari berbagai aspek pengelolaan arsip dan buku di perpustakaan, serta teknologi, literasi digital, dan sistem informasi.
Jurusan ini memang tidak ada hubungan dengan matematika, namun memerlukan kemampuan analisis dan kritik yang tajam.


13. Jurusan Keguruan dan Pendidikan

Jika Anda ingin berkontribusi mencerdaskan kehidupan berbangsa jurusan keguruan adalah jurusan yang tepat untuk dipilih.
Jurusan Keguruan dan Pendidikan mempelajari berbagai aspek pendidikan, termasuk teori dan cara-cara dalam pendidikan dan pengajaran. Tidak ada hubungannya dengan matematika, namun tetap memerlukan kemampuan analisis dan kritik yang tajam.


14. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah mempelajari berbagai aspek pendidikan luar sekolah, termasuk teori dan cara-cara dalam pendidikan dan pengajaran.

Jurusan ini tidak ada hubungan dengan matematika, namun memerlukan kemampuan analisis dan daya kritis yang tajam.


15. Jurusan Bimbingan Konseling

Jurusan Bimbingan Konseling mempelajari berbagai aspek bimbingan dan konseling, termasuk teori dan cara-cara dalam bimbingan dan konseling.

Di jurusan ini tidak ada hubungan dengan matematika, namun memerlukan kemampuan analisis, memahami individu dan juga daya kritik yang tajam.


16. Jurusan Kesejahteraan Sosial

Jurusan Kesejahteraan Sosial mempelajari berbagai aspek kesejahteraan sosial, termasuk teori dan cara-cara dalam kesejahteraan sosial.
Jurusan ini tidak ada hubungan dengan matematika, namun yang perlu Anda ketahui matematika hanya diajarkan dalam konteks dasar untuk memahami statistik dan analisis data penelitian.


17. Jurusan Pariwisata

Tidak ada matematika di jurusan pariwisata, karena Jurusan Pariwisata dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dan peluang di industri pariwisata.
Dengan berbagai bidang yang meliputi manajemen hotel, perencanaan destinasi, hingga tour guiding, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkarier di sektor ini.


18. Jurusan Ilmu Sosial

Jurusan Ilmu Sosial mempelajari berbagai aspek sosial, termasuk teori dan cara-cara dalam ilmu sosial. Matematika hanya diajarkan dalam konteks dasar dan skala kecil untuk memahami statistik dan analisis data sosial.


19. Jurusan Ilmu Budaya

Jurusan Ilmu Budaya mempelajari berbagai aspek budaya, termasuk teori dan cara-cara dalam ilmu budaya. Jurusan ini tidak ada hubungan dengan matematika, namun memerlukan kemampuan analisis, keingin tahuan dan daya kritik yang tajam.

Baca juga artikel kami lainnya : Berapa lama kuliah S1 di luar negeri? Ini Durasi Lengkapnya

 

20. Jurusan Ilmu Politik

Jurusan Ilmu Politik mempelajari berbagai aspek politik, termasuk teori dan cara-cara dalam ilmu politik. Jurusan ini tidak ada hubungan dengan matematika, namun memerlukan kemampuan analisis yang tinggi karena nantinya akan mempelajari budaya manusia dan daya kritik yang tajam terkait Analisis sistem politik dan pemerintahan.

Dengan demikian, bagi Anda yang tidak begitu suka dengan matematika, tidak perlu khawatir karena masih banyak sekali pilihan jurusan kuliah yang tidak memerlukan kemampuan matematika yang tinggi.

Penting untuk diingat:

  • Setiap universitas terutama jika Anda memutuskan kuliah keluar negeri memiliki kurikulum yang berbeda, sehingga penting untuk mencari informasi detail mengenai mata kuliah yang ditawarkan di jurusan yang Anda minati.

  • Meskipun jurusan-jurusan di atas minim matematika, bukan berarti tidak ada sama sekali. Pastikan Anda siap untuk mempelajari matematika dasar, seperti statistik dan kalkulus sederhana.

  • Selain minat dan kemampuan, pertimbangkan juga prospek kerja dan peluang karir di masa depan.

Memilih jurusan kuliah terutama jika Anda mempunyai keinginan untuk kuliah ke luar negeri merupakan keputusan penting yang akan menentukan masa depan.

Jangan ragu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya dan berkonsultasi dengan orang tua, guru, atau konselor pendidikan seperti vista education untuk mendapatkan arahan yang tepat.

Mau Kuliah Ke Luar Negeri Dengan Aman Dan Mudah ? Yuk Vista Education bantu!


Vista Education adalah konsultan pendidikan yang berpengalaman selama 25 tahun. Bermitra dengan 200 lebih universitas dari USA, UK, Kanada, Swiss, Korea Selatan, China, Hongkong, Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand dan masih banyak lagi.

Team kami biasa membantu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, negara, pendaftaran, admission sampai akomodasi. Pokoknya, proses kuliah ke luar Negeri Anda dijamin lebih mudah dan aman

Yuk diskusi dengan konsultan kami sekarang, disini!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !