Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Daftar Universitas di Melbourne yang Perlu Kamu Tahu

Daftar Universitas di Melbourne yang Perlu Kamu Tahu

Di Melbourne ada kampus yang bagus nggak ya? Kamu wajib cek daftar ini!

Melbourne menjadi salah satu kota yang mendapat penghargaan sebagai Kota Paling Layak Huni dari Ekonomis. Selain itu dia dinobatkan menjadi kota Sastra menurut UNESCO. Melbourne memiliki The National Gallery dan State Library yang megah. Wah! Bakal seru juga nih kuliah di Melbourne Australia. Kira-kira, Vista Education sebagai konsultan pendidikan luar negeri punya rekomendasi universitas mana saja yang ada di Melbourne.

1. University of Melbourne

Terkenal sebagai universitas tertua kedua, University of Melbourne juga menjadi universitas penelitian yang paling progresif. Di tingkat kedua, universitas ini menempati urutan ke-37 menurut QS WUR.

Perlu diketahui, bahwa University of Melbourne punya klub-klub yang cukup unik, seperti klub catur dan perkumpulan masyarakat pecinta cokelat. Fasilitas yang ada di University of Melbourne antara lain ialah gym, kolam renang indoor, perpustakaan dan lain-lain.

2. RMIT University

Di antara universitas muda yang berusia kurang dari 50 tahun, RMIT University menempati peringkat terbaik ke-18 dunia. Universitas ini tak hanya ada di Melbourne, tetapi juga di Vietnam dan Spanyol. Atas pelayanan pendidikannya kepada Persemakmuran dan kontribusinya dalam upaya perang, RMIT University dianugerahi patronase kerajaan oleh Ratu Elizabeth II.

RMIT University menjalankan program mentoring industri yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk memperoleh koneksi dengan para profesional. RMIT University juga memiliki ratusan klub mahasiswa yang bisa diikuti untuk menambah pengalaman dan jaringan pertemanan.

3. La Trobe University

La Trobe University adalah universitas riset publik yang kampus utamanya terletak di pinggiran kota Melbourne, Bundoora. Sama dengan kampus-kampus lainnya, La Trobe University memiliki lebih dari 90 klub, di antaranya adalah klub yoga, tari latin, musik, coding, dan lain sebagainya.

Mahasiswa pun dapat mengikuti program La Trobe University yang sangat diidam-idamkan. Program tersebut ialah Work Integrated Learning dan program Penghargaan Keunggulan Siap Karir yang terbilang cukup inovatif. Program ini berfungsi dalam menunjang potensi dan pembelajaran mahasiswa supaya memiliki kemampuan praktik yang cukup di bidangnya.

4. Monash University

Kampus ini dinobatkan menjadi kampus terbesar di Australia dan berhasil masuk ke urutan ke-58 ranking dunia menurut QS WUR. Di lingkup Australia, Monash University menduduki peringkat ke-4. Kampusnya memiliki lebih dari 54.000 mahasiswa sarjana dan 28.000 mahasiswa pascasarjana.

Monash University memiliki sejumlah departemen, seperti Departemen Fisioterapi dan Terapi Okupasi, Departemen Kedokteran Forensik, dan Departemen Epidemiologi dan Pengobatan Pencegahan. Pencapaian mengesankan dari Monash University adalah penemuan Relenza (obat anti-influenza) dan pengembangan obat anti-malaria. Universitas ini memiliki sejumlah fakultas, antara lain adalah hukum, seni, bisnis dan ekonomi, kedokteran, sains dan IT, serta fakultas teknik.

5. Victoria University

Victoria University masuk ke Top 2% universitas di dunia dan menduduki peringkat ke-8 di antara kampus muda lainnya. Kampus ini juga mendapatkan penghargaan Pendidikan Internasional Victoria (kategori universitas) dan penghargaan Pendidikan Internasional Australia Excellence (kategori inovasi).

Letak kampus ini cukup strategis karena berada di kawasan pusat bisnis dan life sciences and psychology. Victoria University memiliki berbagai program studi S1 dan S2, di antaranya ialah kesehatan dan biomedis, hukum dan kriminologi, komputer dan IT, bisnis dan manajemen, serta olahraga.


Selain Sydney, Melbourne juga punya banyak universitas dengan peringkat terbaik. Kota ini juga memiliki keunggulan tersendiri yang bisa membuat mahasiswa betah. Alat transportasi umum sudah menyebar dengan baik untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat, seperti kereta, bus, dan trem.

Kalau kamu ingin mendaftar universitas di Melbourne dan cari tahu selengkapnya mengenai kota ini, bisa kok dengan konsultasi bareng Vista Education.