Daftar List Pertanyaan Di Form Aplikasi Chevening
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Daftar List Pertanyaan Di Form Aplikasi Chevening

Daftar List Pertanyaan Di Form Aplikasi Chevening

Beasiswa Chevening terkenal sulit ditembus. Berikut adalah beberapa list pertanyaan penting yang perlu Anda jawab saat mendaftar beasiswa Chevening. 

Inggris merupakan salah satu negara yang terus menjadi destinasi studi favorit para pelajar internasional yang ingin menempuh studi jenjang Master di luar negeri.
Negara ini menjadi salah satu negara favorit tujuan studi pelajar mahasiswa Indonesia. Banyak sekali beasiswa yang tersedia untuk melanjutkan kuliah ke Inggris salah satunya yakni, Chevening. 

Beasiswa Chevening untuk jenjang pendidikan S2 biasanya dibuka setiap tanggal 2 Agustus. Anda bisa mempertimbangkan mendaftar beasiswa chevening untuk meraih mimpi studi master di Inggris.

Beasiswa Chevening terkenal dengan persyaratannya yang beragam dan sulit ditembus. Prosesnya juga terbilang rumit, salah satunya yakni mengisi form aplikasi online. Ada beberapa pertanyaan penting yang perlu Anda jawab dengan penuh pertimbangan dan ketelitian saat mendaftar beasiswa chevening. 

Tapi Anda tidak perlu khawatir dibawah ini ada beberapa pertanyaan yang sering muncul di form aplikasi Chevening dan beserta tips menjawabnya:

List pertanyaan yang sering muncul di form aplikasi Chevening

1. Tentang Diri Sendiri

  • Ceritakan tentang diri Anda dan apa yang memotivasi Anda untuk mendaftar Beasiswa Chevening?
  • Jelaskan bagaimana Beasiswa Chevening dapat membantu Anda mencapai tujuan karir dan berkontribusi pada komunitas Anda?

Jawab pertanyaan ini dengan menceritakan pengalaman, pencapaian, dan passion Anda dalam karir juga study. 

  • Bagaimana Anda belajar tentang Beasiswa Chevening?

Jelaskan sumber informasi dimana Anda memperoleh informasi resmi mengenai beasiswa Chevening, seperti website resmi, media sosial, atau seminar -  seminar pendidikan.

2. Tentang Pilihan Program Studi

  • Mengapa Anda memilih program studi dan universitas ini di Inggris?

Jelaskan bagaimana program studi tersebut sesuai dengan minat Anda serta tujuan karir Anda kedepan. Tunjukkan juga pengetahuan Anda dan pencapaian Anda tentang program studi tersebut dan universitas yang Anda pilih.

  • Apa rencana Anda setelah menyelesaikan studi di Inggris?

Jelaskan bagaimana Anda akan menggunakan ilmu dan pengalaman Anda untuk berkontribusi pada negara asal Anda setelah selesai menyelesaikan studi.

3. Tentang Kemampuan dan Pengalaman

  • Sebutkan tiga pencapaian terbesar Anda dalam kehidupan profesional atau pribadi.

Jelaskan pencapaian Anda secara detail dan tunjukkan bagaimana pencapaian tersebut menunjukkan kemampuan dan kualitas kepemimpinan Anda serta dampaknya terhadap lingkungan sekitar.

  • Berikan contoh bagaimana Anda mengatasi suatu rintangan dalam hidup Anda.

Jelaskan bagaimana Anda menghadapi rintangan tersebut dan apa yang Anda pelajari dari pengalaman berharga tersebut.

4. Tentang Kontribusi dan Motivasi Melanjutkan Study

  • Bagaimana Anda berkontribusi pada komunitas Anda saat ini?

Jelaskan kegiatan atau proyek yang Anda lakukan untuk membantu komunitas Anda dan dampak kontribusi Anda terhadap komunitas tersebut.

  • Apa yang ingin Anda capai dengan Beasiswa Chevening?

Jelaskan bagaimana Beasiswa Chevening dapat membantu Anda mencapai tujuan dan berkontribusi pada komunitas atau masyarakat.


Tips Menjawab Pertanyaan Beasiswa Chevening

Saran kami saat menjawab pertanyaan dari recruiter, perhatikan tata bahasa dan ejaan Anda dengan seksama. Jawablah pertanyaan dengan ringkas, padat, dan jelas. Anda harus mempermudah recruiter memahami jawaban Anda.

Pastikan pula jawaban Anda relevan dengan pertanyaan yang diajukan. Hindari pembahasan yang tidak relevan dan terlalu jauh.

Gunakan contoh konkret serta kontribusi Anda untuk mendukung jawaban Anda. Tunjukkan juga antusiasme dan motivasi Anda untuk mendapatkan Beasiswa Chevening.

 

Lihat juga : Beberapa Pertanyaan di Form Aplikasi LPDP dan Tips Menjawabnya


List Cakupan Pendanaan Beasiswa Chevening 

Beasiswa chevening merupakan beasiswa dengan pendanaan penuh atau fully-funded. Artinya, seluruh biaya kebutuhan Anda selama studi akan ditanggung oleh pihak Chevening. Setiap penerima beasiswa Chevening pun berhak mendapatkan pendanaan dengan rincian berikut:

  1. Biaya kuliah (termasuk biaya ujian dan laboratorium)
  2. Biaya perjalanan dari negara asal ke kota tujuan di Inggris sesuai dengan rute yang telah disetujui
  3. Tunjangan kedatangan
  4. Biaya satu kali pembuatan visa pelajar
  5. Tunjangan keberangkatan termasuk extra bagasi
  6. Subsidi biaya tes tuberkulosis sebesar 75 pound sterling (setara Rp1,4 juta) bila dibutuhkan
  7. Tunjangan perjalanan
  8. Biaya kebutuhan hidup bulanan (akomodasi, transportasi dan makan sehari-hari, pulsa telepon, kebutuhan kuliah, dan kesehatan)
     

Selama masa pendidikan selain selain kemampuan Akademik penerima beasiswa Chevening juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan segi profesional dengan berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan oleh pihak Chevening agar Anda bisa menjalin relasi dengan anggota dan Alumni Chevening Scholarship dari negara lain sambil mempelajari budaya dan juga gaya hidup masyarakat Inggris.
Hal ini merupakan kesempatan besar untuk Anda mengembangkan karir dan relasi diranah internasional.

 

Baca juga : Rata-Rata Biaya Sekali Makan di Eropa


Siapkan diri Anda untuk apply beasiswa Chevening di masa depan bersama Vista Education! Jika kini Anda ingin kuliah di luar negeri tapi masih bingung mau ambil negara dan jurusan apa? Yuk hubungi konsultan Vista Education aja!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !