Beberapa Pertanyaan di Form Aplikasi LPDP dan Tips Menjawabnya

Beberapa Pertanyaan di Form Aplikasi LPDP dan Tips Menjawabnya

Yang ingin daftar beasiswa LPDP wajib tahu pertanyaan-pertanyaan di form aplikasi LPDP

Ikut seleksi LPDP, tapi masih ragu sama kemampuan diri sendiri? LPDP menyediakan pertanyaan-pertanyaan mengenai penilaian diri yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan seleksi ke wawancara.

Kamu harus melalui seleksi LPDP dengan menjawab pertanyaan yang ada di form aplikasi LPDP. Sudah tahu belum, seperti apa pertanyaan esai seleksi LPDP sebelum sesi wawancara? Berikut beberapa pertanyaan di form aplikasi LPDP dan tips menjawabnya.


1. Pertanyaan mengenai kelebihanmu

Biasanya ada pertanyaan yang dilontarkan untuk mencari tahu apa kelebihanmu melalui di antara dua kalimat berikut:

Sebutkan kekuatan/kelebihan yang Anda miliki 
Pengalaman yang membanggakan
Jika kamu mendapat pertanyaan tersebut, kamu dapat menceritakan kelebihanmu dengan jujur dan tanpa menyombongkan diri. Kamu dapat membahas tentang kepemimpinan, kontribusi, pengabdian, dan berbagi. Kamu juga bisa menyinggung tentang realita dan masa depan di Indonesia.


2. Pertanyaan mengenai kekuranganmu

Biasanya ada pertanyaan yang dilontarkan untuk mencari tahu apa kelebihanmu melalui di antara beberapa kalimat berikut:

Sebutkan kekurangan/kelebihan yang Anda miliki
Kesalahan apa yang pernah Anda lakukan
Pengalaman yang kurang membanggakan
Jika kamu mendapat pertanyaan tersebut, ceritakan kekuranganmu yang masih bisa atau sudah diperbaiki. Jangan ragu menunjukkan sisi kelemahanmu, Namun, jangan hanya menceritakan tentang kekurangan tersebut, jelaskan pula bagaimana caramu bangkit atau memperbaiki tersebut dengan caramu sendiri.

Karena kekurangan tersebut bisa jadi bahan pertanyaan lanjutan oleh reviewer saat wawancara, maka jangan membuat sisi kelemahan tersebut menjadi sesuatu yang buruk dan melemahkanmu. Tapi buat kelemahan tersebut menjadi pembangun untukmu menjadi pribadi yang lebih baik.


3. Pertanyaan mengenai perkembanganmu

Biasanya, di formulir LPDP terdapat pertanyaan “Apa hal terakhir yang Anda ajarkan pada diri sendiri”. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah dirimu mengalami perkembangan dan dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Oleh karena itu, cari pelajaran atau pengalaman yang membuatmu berkembang dan dapat mempelajari sesuatu. Tunjukkan bahwa dirimu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemauan belajar akan hal baru. Jangan ragu untuk menceritakan kesulitan dalam melaluinya hingga kamu bisa ‘belajar’ darinya.


4. Pertanyaan untuk mencari tahu zona nyamanmu

Kamu akan menghadapi pertanyaan ini “Apakah Anda pernah mengerjakan pekerjaan di luar lingkup pekerjaan yang seharusnya? Jelaskan!”

Tips untuk menjawab pertanyaan ini adalah menjawab bahwa kamu suka melakukan hal-hal lebih dari tujuanmu atau bisa disebut go the extra mile. Contohnya, tujuanmu hari ini adalah dapat menyelesaikan tugas A. Setelah selesai mengerjakan tugas tersebut ternyata masih ada waktu, sehingga kamu memilih untuk menyicil tugas B yang seharusnya masih dapat dikerjakan besok.


5. Pertanyaan yang menjadi salah satu poin penting

Kamu akan mendapati pertanyaan yang ekstrim dan menegangkan. Pertanyaan tersebut adalah “Sebutkan dan jelaskan 1 (satu) hal yang membedakan Anda dengan peserta lainnya”. Pertanyaan ini cukup kompleks untuk mencari tahu keunggulan kamu yang perlu dipertahankan dan dianggap istimewa.

Di sini, kamu perlu menjawab pertanyaan dengan menjelaskan seperti apa keunggulanmu tanpa harus menyombongkan diri. Namun, kamu hanya harus pilih satu potensi yang paling kuat yang ada di dalam dirimu untuk bisa dijelaskan dan dibanggakan. Kamu bisa menyertakan penjelasan bagaimana perbedaan tersebut akan membawa kesuksesan.


Beberapa pertanyaan di form aplikasi LPDP di atas beserta tips menjawabnya dapat kamu pelajari. Kamu harus pandai-pandai introspeksi diri sendiri dan menceritakannya dengan cara yang tepat.