Cara Mudah Daftar Kuliah di Malaysia 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cara Mudah Daftar Kuliah di Malaysia 

Cara Mudah Daftar Kuliah di Malaysia 

Pendidikan tinggi di Malaysia telah menjadi tujuan populer bagi banyak mahasiswa di berbagai belahan dunia. Malaysia menawarkan berbagai program studi yang berkualitas dan fasilitas akademik yang memadai. Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Malaysia, berikut ada panduan mengenai cara mudah mendaftar kuliah di negara ini. Penasaran? Let’s check this out!

1. Pilih Program Studi dan Universitas 

Langkah pertama yang harus kamu lewati adalah memilih program studi yang sesuai dengan minat kamu. Malaysia memiliki berbagai institusi pendidikan tinggi yang menawarkan berbagai program, mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, bisnis, seni, kedokteran, dan lain-lain. Lakukan riset mengenai universitas-universitas terkemuka dan program studi yang ditawarkan. Tentunya kamu harus mempertimbangkan dengan minat dan kebutuhan ya!

Baca Juga: 3 Universitas Murah dan Berkualitas di Malaysia

2. Persyaratan Pendaftaran 

Setiap perguruan tinggi di Malaysia memiliki persyaratan pendaftaran yang berbeda. Oleh karena itu, pastikan kamu telah memahami persyaratan yang diperlukan untuk memasuki program studi tertentu. Nah, secara umum persyaratan pendaftaran meliputi beberapa dokumen seperti transkrip akademik, sertifikat kelulusan sekolah menengah, paspor, surat pengantar, dan formulir aplikasi yang telah diisi dengan lengkap. 

Baca juga : Biaya Kuliah di Malaysia Dalam Rupiah

3. Mendaftar Secara Online 

Banyak universitas di Malaysia yang sudah menyediakan fasilitas pendaftaran online untuk mempermudah calon mahasiswa. Kamu bisa mengunjungi web resmi universitas yang kamu pilih dan cari tautan untuk pendaftaran online. Isi formulir aplikasi dengan detail yang diperlukan seperti informasi pribadi, riwayat pendidikan, program studi pilihan, dan dokumen yang lainnya. Pastikan untuk memeriksa dengan teliti bahwa setiap bagian formulir aplikasi yang kamu input sudah akurat dan lengkap. 

4. Pemrosesan Aplikasi dan Pembayaran Biaya 

Setelah mengirimkan formulir aplikasi secara online, universitas akan memproses aplikasi kamu. Biasanya nih, kamu akan diberitahu lewat email mengenai follow up dari aplikasi kamu. Pastikan untuk memeriksa email secara teratur dan menjaga komunikasi yang baik dengan universitas terkait. Selain itu, kamu harus membayar biaya aplikasi yang telah ditentukan oleh universitas. Informasi mengenai biaya aplikasi biasanya dapat ditemukan di situs web universitas. Pastikan untuk membayar biaya aplikasi sesuai instruksi yang diberikan oleh universitas. 

Baca juga: Informasi Kuliah di Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

5. Pengiriman Dokumen 

Setelah aplikasi kamu diterima dan diproses, selanjutnya universitas akan meminta untuk mengirimkan salinan beberapa dokumen penting. Dokumen tersebut meliputi transkrip akademik, sertifikat kelulusan sekolah menengah, dan dokumen lain yang diminta oleh universitas. Pastikan untuk mengirimkan salinan asli yang telah diverifikasi secara resmi oleh pihak berwenang. 

6. Penerimaan dan Pendaftaran 

Setelah universitas menerima aplikasi dan dokumen-dokumen yang diminta, kamu akan diberitahu mengenai status penerimaan mahasiswa. Kemungkinannya adalah kamu diterima sebagai mahasiswa atau aplikasi kamu ditolak oleh pihak universitas. Jika kamu diterima, maka selanjutnya kamu harus mengikuti proses pendaftaran setelah lolos. Nah, jangan lupa untuk tetap mengikuti petunjuk pendaftaran yang diberikan oleh universitas, ya!

     Kuliah di Malaysia dengan Bantuan Konsultan Pendidikan Vista Education

Konsultan pendidikan seperti Vista Education adalah lembaga swasta yang biasa membantu masyarakat studi di luar negeri dengan lebih aman dan mudah. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun, Vista bermitra dengan 200 lebih universitas dari berbagai negara, salah satunya adalah Malaysia. Tim Vista biasa membantu siswa sejak proses pemilihan jurusan, pencarian universitas, update info dan syarat masuk terbaru, membantu proses pendaftaran, admission sampai ke pencarian akomodasi. Iya, semua akan dibantu langsung oleh konsultan berpengalaman. Jadi bakal minim resiko terlambat dan memperluas peluang diterima. Yuk mulai konsultasi gratis dengan Vista sekarang. Klik tombol whatsapp atau isi formulir konsultasi ya!

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !