Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cara Kuliah di Australia! Gak Pakai Ribet dan Dijamin Aman

Cara Kuliah di Australia! Gak Pakai Ribet dan Dijamin Aman

Cara paling mudah untuk kuliah di luar negeri? Hm, ada gak ya? Kuliah di luar negeri memang membutuhkan persiapan yang tidak enteng. Selain perlu melengkapi semua dokumen, kamu juga akan melalui beberapa tes. Baik itu ke negara terdekat seperti Malaysia atau ke Australia, kamu wajib menyiapkan segalanya dengan matang. Coba yuk kita pelajari satu-satu dulu syarat kuliah di Australia ini.

Persiapan Kuliah di Australia

Tentu saja persiapan untuk kuliah di luar negeri adalah dengan menyerahkan sertifikat kemampuan berbahasa Inggris. Kamu bebas menggunakan sertifikat IELTS, TOEFL, atau sertifikat Cambridge English: Advanced.

Pastikan kamu telah memenuhi skor minimal sertifikat tersebut. Tak hanya punya skor yang tinggi, kamu harus benar-benar mengerti bahwa orang-orang Australia memiliki aksen yang berbeda dibanding negara lainnya. Jadi, jangan sampai kamu sulit mengobrol atau mendengarkan orang Australia ya hehe.

Memiliki bukti keuangan (financial requirements)

Untuk kuliah di Australia, penting hukumnya memiliki bukti keuangan atau sering disebut financial requirements. Kamu harus punya bukti bahwa kamu memiliki kesiapan dana pendidikan dan biaya hidup selama kuliah.

Meskipun nantinya kamu akan kuliah sambil bekerja sekalipun, tetapi kamu harus bisa menjamin dirimu sendiri bahwa kamu sudah punya keuangan yang cukup untuk kuliah dan hidup selama kuliah.

Bukti keuangan ini berupa biaya kuliah selama satu 2 semester atau sesuai aturan dari kampus. Kemudian, pemerintah mematok financial requirements berupa biaya hidup yang ditetapkan sebesar AUD 19.830 atau IDR 203 juta. Angka tersebut mencakup ekspektasi biaya hidup selama 1 tahun ke depannya selama di Australia. Sedangkan untuk biaya transport membutuhkan biaya sekitar AUD 500 – 1.500 atau IDR 5 – 15,3 juta.


Memenuhi persyaratan pendaftaran kuliah

Visa
Wajib dan jangan sampai kelupaan untuk mengurus Visa Pelajar Australia ya. Dalam pembuatan Visa Pelajar ini, lebih baik kamu lakukan 3 bulan sebelum tanggal orientasi di universitas. Kamu bisa mengajukan aplikasi visa melalui laman website Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan Australia kok. Lampirkan dokumen untuk pembuatan visa meliputi:

  • formulir permohonan
  • pas foto 4x6
  • konfirmasi pendaftaran universitas
  • memiliki asuransi kesehatan dari Overseas Student Health Cover (OSHC)
  • sertifikat bahasa Inggris
  • dokumen akademis
  • financial requirements

Asuransi kesehatan
Untuk berjaga-jaga dan menjamin kesehatan serta keselamatanmu, pemerintah memiliki kebijakan untuk mahasiswa internasional memiliki asuransi kesehatan di Australia. Kamu bisa membuat asuransi kesehatan di Overseas Student Health Cover (OSHC). Dapatkan asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu, pelajari benefit yang akan kamu dapatkan juga ya.

Dokumen lain-lain
Seperti halnya dokumen pendaftaran di universitas di negara lainnya, kamu harus menyiapkan dokumen penting yang menjadi persyaratan masuk universitas. Dokumen-dokumen tersebut berupa rapor, letter of acceptance, ijazah, paspor dan surat rekomendasi yang ditulis oleh guru atau kepala sekolahmu.

Banyak juga nih yang menyarankan mahasiswa internasional untuk membuka akun rekening di Australia. Akun rekening ini juga penting bagi kamu yang ingin menyimpan uang dalam jumlah besar, terlebih jika kamu sudah memiliki rencana ingin bekerja selama kuliah nanti.

Nah kan banyak juga ya! Belum lagi kalau kamu masih bingung ambil jurusan dan universitas mana yang cocok. Apa lagi banyak update info kuliah terbaru yang harus kamu tahu juga. Sebagai jalan ninja, kamu bisa minta bantuan ke konsultan pendidikan luar negeri seperti Vista Education. Mereka punya layanan tes penjurusan, diskusi pemilihan universitas, pendaftaran, pemberkasan, pengurusan VISA sampai pencarian akomodasi loh!

Gratis kok. Langsung klik tombol whatsapp atau isi form konsultasi ya!