Berapakah Nilai Minimal Tes TOEFL dan Tes IELTS ?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berapakah Nilai Minimal Tes TOEFL dan Tes IELTS ?

Berapakah Nilai Minimal Tes TOEFL dan Tes IELTS ?

Cari tahu berapa nilai minimal untuk tes TOEFL dan IELTS. Artikel kali ini akan membantu Anda memahami syarat skor minimal TOEFL atau IELTS untuk studi di luar negeri.

Dalam proses pendaftaran ke universitas di luar negeri, tes bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS menjadi syarat wajib untuk menjamin kemampuan komunikasi mahasiswa dalam bahasa Inggris. Kedua tes ini digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara lisan dan tulisan dalam bahasa Inggris. Nilai minimal yang dibutuhkan untuk kedua tes ini dapat bervariasi tergantung pada institusi atau organisasi yang memerlukannya. 

Berikut dibawah ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai nilai minimal tes TOEFL dan IELTS.

Tujuan Tes

1. Keperluan akademik

  • Kuliah: Universitas di luar negeri umumnya memiliki standar nilai TOEFL dan IELTS minimal yang berbeda-beda. Rata-rata untuk program S1 membutuhkan skor IELTS 5.5 - 6.5, sedangkan program S2 membutuhkan skor IELTS 6.5 - 7.5. Seperti contoh, banyak universitas AS yang mengharuskan skor TOEFL iBT minimal antara 80 hingga 100. Bahkan universitas ternama seperti Harvard atau MIT memerlukan skor yang lebih tinggi, sekitar 100-110.

  • Beasiswa: Setiap program beasiswa memiliki persyaratan nilai TOEFL dan IELTS minimal. Contohnya, program Beasiswa LPDP 2024 mensyaratkan skor minimal TOEFL iBT® 90 atau IELTS™ minimal 6.5 untuk pendaftar program Magister.

  • Beberapa jurusan kuliah, seperti kedokteran, sastra, dan hukum, umumnya memiliki standar nilai TOEFL dan IELTS minimal yang lebih tinggi dibandingkan jurusan lain.

2. Keperluan profesional

  • Lembaga Profesional: Beberapa lembaga profesional di negara-negara berbahasa Inggris memerlukan skor TOEFL minimal sekitar 90-100.

  • Mencari Pekerjaan: Perusahaan multinasional yang mensyaratkan kemampuan bahasa Inggris dalam proses rekrutmen juga memiliki standar nilai TOEFL dan IELTS minimalnya sendiri.

3. Jenis Tes

TOEFL:

  • Paper-Based Test (PBT): Nilai minimal berkisar antara 450-550.
  • Internet-Based Test (iBT): Nilai minimal berkisar antara 79-100.
  • IELTS: Nilai minimal berkisar antara 6.0 - 7.5

Baca juga artikel kami lainnya : Berapa Skor Toefl Rata - Rata Orang Indonesia?


Tips Mendapatkan Tes TOEFL dan Tes IELTS 

  • Semakin tinggi nilai TOEFL dan IELTS yang Anda dapatkan, semakin besar peluang Anda untuk diterima di universitas, program beasiswa, atau pekerjaan yang Anda inginkan.

  • Persiapkan diri Anda dengan baik sebelum mengikuti tes TOEFL dan IELTS. Ada banyak sumber belajar yang tersedia, seperti buku, website, dan kursus.

  • Ikuti tes latihan TOEFL dan IELTS untuk mengukur kemampuan Anda dan mengetahui bagian mana yang perlu Anda perbaiki.

  • Anda bisa menikuti kelas persiapan TOEFL ITP dan TOEFL iBT di Vista Education untuk mendapatkan fasilitas pendukung pembelajaran, seperti pre-test, konsultasi, modul, tes simulasi toefl, bank soal terbaru, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel menarik yang lain : Berapa Lama Masa Berlaku Sertifikat TOEFL?


Yuk, Dapatkan Skor TOEFL Tertinggi Bersama Vista Education


Banyak yang bertanya kepada kami Apakah Saya Bisa Mengulang Saat Gagal Tes TOEFL / IELTS ?  Anda bisa mengulanginya kembali.

Sebab dalam tes TOEFL / IELTS tidak melihat berapa kali gagal dalam tes, tidak terbatas pekerjaan, usia, atau lainnya. Hanya saja Anda memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk mengulang kembali tes tersebut.

Maka dari itu Anda perlu mempersiapkan matang – matang sebelum tes TOEFL / IELTS. Jika Anda kedepan berencana untuk mengikuti ujian TOEFL / IELTS, Anda dapat mendaftar di Vista Education disini. Kami menyediakan kelas persiapan TOEFL ITP dan persiapan TOEFL iBT.

Anda akan mendapatkan pembelajaran menyeluruh dari guru-guru terbaik yang kami siapkan untuk membantu Anda mencapai skor TOEFL / IELTS yang tinggi.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !