Berapa tahun kuliah S1, S2 dan S3 di Korea Selatan? Cek Durasinya Disini
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berapa tahun kuliah S1, S2 dan S3 di Korea Selatan? Cek Durasinya Disini

Berapa tahun kuliah S1, S2 dan S3 di Korea Selatan? Cek Durasinya Disini

Ingin studi di Korea Selatan? Temukan durasi kuliah S1, S2, dan S3 di sini! Dapatkan informasi lengkap dan tips sukses untuk merencanakan pendidikan Anda di Negeri Ginseng. Cek sekarang dan siapkan masa depan cerah Anda di Korea Selatan

Korea Selatan telah menjadi salah satu destinasi populer bagi banyak mahasiswa internasional yang ingin mengejar pendidikan tinggi berkualitas dan menarik banyak minat pejar indonesia melanjutkan study di negeri gingseng ini. 

Banyaknya institusi pendidikan yang terkenal dan program-program yang inovatif, Korea Selatan menarik banyak perhatian dari para pencari ilmu dari seluruh dunia. Disamping itu biaya kuliah di korea juga relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan universitas berbahasa Inggris seperti di US, Kanada, dan UK serta biaya hidup di Korea Selatan lebih murah.

Berbeda dengan negara lainnya, pada umumnya mahasiswa asing di Korea Selatan uang kuliahnya juga tidak dibedakan dengan mahasiswa lokalnya.

Menariknya lagi mahasiswa asing juga bisa bekerja di Korea Selatan setelah lulus, terutama untuk mahasiswa lulusan teknologi dan sains. Mahasiswa asing yang kuliah S1, S2, atau sekolah bahasa diperbolehkan bekerja part time setelah tinggal minimal 6 bulan di Korea.

Banyak juga universitas di Korea menyediakan program kuliah dalam bahasa Inggris. Namun sebaiknya Anda mengambil program bahasa Korea sebelum memulai kuliah agar anda bisa beradaptasi dan tinggal di Korea dengan baik.

Nah, salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh calon mahasiswa internasional kepada konsultan vista education adalah seberapa lama mereka akan menghabiskan waktu kuliah untuk meraih gelar sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3) di Korea Selatan? Jawaban kami Untuk lama studi S1, S2 dan S3 di Korea Selatan bervariasi tergantung pada universitas, program studi serta prestasi akademik mahasiswa.

Beberapa program S1 dan S2 di Korea Selatan menawarkan pilihan program ganda (double degree) yang memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar dari dua universitas di negara yang berbeda.

Durasi Kuliah di Korea Selatan:

1. Sarjana (S1):

Biasanya, program sarjana di Korea Selatan memiliki durasi antara 4 hingga 6 tahun. Namun, secara umum, sebagian besar program sarjana membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk menyelesaikannya. Tapi, ada beberapa program yang memerlukan waktu lebih lama tergantung pada spesifikasi jurusan dan universitasnya.

2. Magister (S2):

Program studi magister di Korea Selatan umumnya berlangsung selama 1,5 sampai 2 tahun. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan  pemahaman yang komprehensif di bidang yang dipilih, dan juga memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian atau proyek akademik yang berhubungan dengan bidang spesialisasi mereka.

3. Doktor (S3):

Program doktor di Korea Selatan umumnya membutuhkan waktu antara 3 hingga 5 tahun. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gelar doktor dapat bervariasi tergantung pada bidang studi, tingkat kerumitan penelitian, serta kemajuan individu dalam proyek disertasinya.


Baca juga : Panduan Lengkap Cara Mendaftar Kuliah di Korea Selatan


Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Durasi Kuliah

1. Jurusan dan Program Studi

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi sering kali bergantung pada jenis jurusan dan program yang dipilih. Program yang bersifat lebih teknikal atau yang menuntut riset mendalam biasanya memerlukan waktu yang lebih panjang untuk diselesaikan.

2. Kemahiran dalam Bahasa Korea

Mahasiswa internasional yang belum mahir berbahasa Korea seringkali membutuhkan waktu ekstra untuk menguasai bahasa pengantar yang digunakan dalam perkuliahan.

Untuk membantu dalam hal ini, beberapa universitas menyediakan kursus bahasa khusus untuk mahasiswa asing, yang bisa menambah durasi waktu kuliah.

3. Dukungan Keuangan

Ketersediaan dukungan keuangan, seperti beasiswa, bisa berdampak pada berapa lama mahasiswa menyelesaikan studinya. Mahasiswa yang perlu bekerja untuk mendukung diri mereka sendiri secara finansial mungkin harus membagi waktu antara bekerja dan belajar, sehingga memperlama periode studi mereka.

4. Tingkat Kesulitan Proyek Riset

Untuk mahasiswa yang program studinya berfokus pada riset, lamanya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan studi bisa dipengaruhi oleh tingkat kesulitan dari proyek riset yang dikerjakan. Proyek riset yang kompleks dan membutuhkan waktu lama bisa mengakibatkan penambahan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.


Persyaratan Kuliah di Korea Selatan

  • Lulus SMA (untuk program S1) atau Lulus S2 (untuk program S2)
    Memiliki nilai TOPIK (Ujian untuk para non-penutur asli bahasa Korea yang ditujukan untuk mengukur kemahiran mereka dalam berbahasa Korea) minimal 3 (atau 4 di universitas top 10), atau skor IELTS minimal 5.5 – 6.5 untuk program kuliah dalam bahasa Inggris.
  • Bagi yang ingin kuliah di Korea tapi belum bisa bahasa Korea atau belum memiliki TOPIK, anda bisa belajar bahasa di universitas selama 1 – 2 tahun sebelum masuk ke program kuliah pilihan anda. Seringkali universitas juga memberikan beasiswa sebesar 30-50% buat lulusan sekolah bahasa di universitas tersebut
  • Harus memiliki uang di bank minimum US$20,000 untuk program kuliah S1 & S2, atau US$ 9,000 untuk program belajar bahasa Korea
  • Mahasiswa harus diterima terlebih dahulu di institusi pendidikan yang terdaftar untuk menerima mahasiswa internasional
  • Calon mahasiswa harus memiliki kesehatan yang baik


Baca juga artikel kami yang lain : 5 Tempat Healing Ekonomis Saat Kuliah di Korea Selatan

 

Bagaimana Proses Penerimaan Mahasiswa di Universitas Korea Selatan


Tahun ajaran Korea Selatan pada umumnya dimulai pada bulan Maret. Pendaftaran biasanya dimulai dari bulan Januari hingga Febuari, namun banyak juga universitas di Korea Selatan yang menerima mahasiswa baru dua kali setahun. yakni di bulan Maret dan September dan pengumuman penerimaan di bulan April. Beberapa program kuliah mewajibkan ujian kelancaran bahasa yang biasanya diadakan di bulan Agustus.

Untuk intake Maret, penerimaan mahasiswa biasanya di bulan September – November di tahun sebelumnya. Sedangkan untuk intake September, penerimaan mahasiswa di bulan Mei – Juni.


List Universitas Terbaik di Korea Selatan

  • Ajou University
  • Chung Ang University
  • Dankook University
  • Konkuk University
  • Kookmin University
  • Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)
  • Korea University
  • Kyung Hee University
  • Pohang University of Science and Technology (POSTECH)
  • Sejong University
  • Seoul National University
  • Solbridge International School of Business
  • Sol International School Korea
  • Sungkyunkwan University
  • Ulsan University
  • Yonsei University

Durasi kuliah untuk gelar S1, S2, dan S3 di Korea Selatan bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jurusan, program studi, kemampuan bahasa, dan sumber daya keuangan yang tersedia.

Secara umum, program S1 memerlukan waktu sekitar 4 tahun, S2 sekitar 1,5 hingga 2 tahun, dan S3 antara 3 hingga 5 tahun. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa durasi ini bersifat perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada situasi individual dan persyaratan program yang diambil oleh mahasiswa. 

Sebelum mendaftar kuliah ke korea selatan, calon mahasiswa disarankan untuk memeriksa persyaratan spesifik dari program yang mereka minati di universitas yang mereka pilih.


Yuk, Wujudkan Mimpimu Kuliah di Korea Selatan Bersama Vista Education


Apakah kamu ingin berkuliah di Korea Selatan dalam jarak dekat? tapi kamu masih bingung masuk ke Universitas apa di Korea? Butuh bantuan untuk berdiskusi? 

Yuk mulai diskusimu dengan konsultan pendidikan berpengalaman di Vista Education.Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Vista punya banyak partner institusi yang tersebar di berbagai negara khususnya Korea Selatan. Isi form konsultasi kami disini atau hubungi kami lebih cepat via whatsapp dibawah.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !