Apakah Jurusan PAUD Menjanjikan?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apakah Jurusan PAUD Menjanjikan?

   Apakah Jurusan PAUD Menjanjikan?

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah salah satu bidang jurusan yang secara khusus menitikberatkan pada pengembangan anak-anak. Terutama pada usia dini ( biasanya dari 0 hingga 6 tahun) Dalam beberapa tahun terakhir, muncul isu bahwa jurusan PAUD semakin sepi peminat karena penghasilan pekerjanya sangat minim. Ditambah dengan perkembangan teknologi dan banyaknya ilmu parenting yang dibagikan gratis di sosial media. Apa benar jurusan PAUD tidak lagi menarik untuk dijadikan ilmu? Yuk kita bahas bersama

Apa itu Jurusan PAUD?

Secara internasional, jurusan ini disebut dengan early childhood education major. Gelar yang disediakan beragam. Mulai dari associate, bachelor's, master's, sampai doctorate. Jurusan ini fokus pada bagaimana mendidik bayi dan anak-anak saat mereka mengalami perubahan kognitif dan fisik yang cepat. seperti belajar berjalan, menggunakan pensil, berhitung, berteman dan mengelola emosi. 

Jurusan ini cocok untuk kamu pecinta anak kecil. Seorang periang dan mereka yang pandai menghidupkan suasana. Kreativitas dan kesabaran juga dibutuhkan. Beberapa materi yang akan kamu pelajari adalah:

  • Child Development
  • Classroom Management and Guidance of Young Children
  • Creative and Affective Experience for Young Children
  • Early Literacy Learning
  • Infant and Toddler Care
  • Math Content and Processes
  • Methods of Curriculum and Instruction
  • Play Development and Assessment
  • Young Children with Special Needs

Jurusan PAUD

Universitas di luar negeri dengan early childhood education pilihan diantaranya adalah: University of Central Florida, New York University, Auburn University , Monash University, Deakin University dll

Baca Juga: Daftar Universitas di Melbourne yang Perlu Kamu Tahu

Mengapa Jurusan PAUD Layak Untuk Diperjuangkan?

  1. Pendidikan Awal Sangat Penting

Penting untuk diingat bahwa awal kehidupan seorang anak adalah periode yang sangat penting dalam perkembangan mereka. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa perkembangan otak anak terjadi dengan cepat pada usia dini. Terlebih lagi pengalaman awal mereka akan membentuk dasar bagi perkembangan masa depan. Oleh karena itu, pendidikan awal yang baik sangatlah penting.

Jurusan PAUD membekali calon guru dengan pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan anak-anak pada usia dini. Hal ini termasuk memahami cara anak-anak belajar, mengembangkan kurikulum yang sesuai, dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Oleh karena itu, dari perspektif pentingnya pendidikan awal, jurusan PAUD tetap relevan.

  1. Perubahan dalam Metode Pengajaran

Metode pengajaran dan pendekatan dalam PAUD telah mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Guru-guru PAUD sekarang lebih fokus pada pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak. Artinya, pendekatan tersebut memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk aktif dalam proses pembelajaran mereka sendiri. Pendekatan ini berbeda dengan model tradisional yang lebih berpusat pada guru.

Teknologi juga telah memainkan peran besar dalam perubahan pendekatan pembelajaran di PAUD. Aplikasi pendidikan, permainan interaktif, dan perangkat lunak pembelajaran telah menjadi alat yang berguna dalam membantu anak-anak belajar dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.

  1. Mendaftarkan anak ke sekolah adalah solusi

Saat ini, sekolah PAUD banyak menawarkan program full day. Betul, mereka juga menjelma sebagai daycare atau penitipan anak. Berbeda dengan penitipan anak biasa,  lembaga seperti ini biasanya lebih menjanjikan karena diisi oleh para profesional. Juga dianggap lebih aman dibandingkan menitipkan anak ke suster. Bisnis daycare disebut makin populer karena bisa menjadi solusi untuk para orang tua pekerja.

  1. Tenaga pendidik PAUD diburu untuk membentuk kepribadian anak

Punya keponakan atau adik yang kecanduan gadget? Masalah ini juga terjadi di banyak tempat. Untungnya, banyak orang tua yang mulai sadar dan memilih untuk memasukan anak ke sekolah lebih dini untuk memberi aktivitas yang lebih bermanfaat. 

  1. Sekolah Montessori Sedang Digandrungi 

Sekolah montessori untuk anak mulai dari 6 bulan sedang menjamur di banyak tempat. Sekolah ini biasa melatih motorik dan sensorik anak bahkan kedekatan mereka bersama orang tua. Jangan bayangin anak-anak bayi itu diajari menulis ya. Tentu saja tidak, mereka hanya akan diajak berenang, mencoret, bermain warna dan lain-lain. Biaya sekolah montessori juga cukup pricy. Namun tidak membuat dia sepi peminat.

Dari 5 hal di atas, dapat dipastikan jika jurusan PAUD masih punya banyak peluang. Jika kamu merasa cocok, mengapa tidak mencari tahu lebih lanjut? Terutama jika kamu ingin kuliah jurusan ini di luar negeri. Kamu bisa langsung berkonsultasi dengan Vista Education ya! 



 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !