Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa Itu Letter of Acceptance?

Apa Itu Letter of Acceptance?

“Selamat, kamu telah diterima sebagai mahasiswa! Silakan lakukan regitrasi ulang dengan langkah-langkah berikut.” Siapa coba yang gak mau dapat surat letter of acceptance ini? Apasih LoA itu?

Kalimat tersebut akan kamu terima ketika lolos seleksi perkuliahan dan menjadi mahasiswa dari universitas yang telah kamu dambakan. Tahu tidak, surat pernyataan tersebut namanya apa? Pernyataan kelulusanmu untuk kuliah di luar negeri biasa disebut sebagai Letter of Acceptance.


Apa sih Letter of Acceptance itu?

Letter of Acceptance atau bisa disingkat LoA adalah surat yang dikeluarkan oleh pihak universitas atau institusi sebagai tanda kamu telah lolos semua proses seleksi dan diterima secara resmi menjadi mahasiswa baru. Surat ini bisa didapatkan dari mahasiswa yang lolos seleksi jalur reguler maupun beasiswa.


Jenis Letter of Acceptance

Letter of Acceptance ini memiliki dua jenis yang berbeda, yang juga membedakan posisi seorang mahasiswa.

  • LoA unconditional
    Letter of Acceptance unconditional adalah surat yang diberikan kepada mahasiswa tanpa persyaratan lain untuk dipenuhi. Menurut Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, LoA unconditional pada program beasiswa diberikan kepada kandidat yang hanya tinggal registrasi ulang saja.

Jadi, jika kamu sudah menerima LoA unconditional, kamu tidak perlu menyiapkan dokumen lainnya lagi karena dokumen yang kamu serahkan sebelumnya telah memenuhi persyaratan. Isi yang tercantum pada LoA unconditional antara lain ialah program studi, durasi studi, awal perkuliahan, dan informasi lainnya mengenai langkah-langkah memulai perkuliahanmu.

  • LoA conditional
    Letter of Acceptance conditional adalah surat yang diberikan kepada mahasiswa disertai persyaratan tertentu yang harus dipenuhi mahasiswa. Biasanya, kandidat belum dinyatakan diterima sepenuhnya pada universitas.

Kandidat yang menerima LoA conditional diberitahukan bahwa ada persyaratan lain yang harus dipenuhi, seperti TOEFL/IELTS yang harus memenuhi skor sesuai syarat, kelengkapan dokumen persyaratan, pernyataan sponsorship, dan lain-lain.


Letter of Acceptance merupakan dokumen penting yang diperlukan ketika kamu ingin mendaftar sebagai mahasiswa di luar negeri. Sebelum mendapatkan letter of acceptance kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen, yaitu:

- Ijazah dan transkrip nilai pendidikan sebelumnya menggunakan bahasa Inggris

- CV (Curriculum Vitae) atau resume

- Surat Rekomendasi

- Tugas akhir atau skripsi

- Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS)

- Motivation letter


Letter of Acceptance sama dengan pemberitahuan kelulusanmu yang berbentuk surat resmi. LoA bisa dikirim dalam bentuk email maupun surat dokumen yang dikirim langsung ke alamat rumah atau tinggal. Jika kamu mendaftar di luar negeri, kamu akan mendapat LoA yang dikirimkan melalui email.

Bagaimana cara mendapatkan LoA?

Surat sakral LoA ini bisa kamu dapatkan dengan cara mendaftarkan diri secara pribadi. Yap, tentu saja membutuhkan usaha yang lebih besar. Kamu perlu mendapat serangkaian informasi valid dan tak boleh miss jadwal. Jika kamu merasa hal tersebut terlalu beresiko, kamu boleh meminta bantuan. Salah satunya ke lembaga konsultan pendidikan seperti Vista Education.

Apakah kamu sudah siap untuk kuliah di luar negeri? Apakah kamu sudah dapat LoA tapi masih butuh beberapa info sebelum berangkat? Yuk hubungi konsultan pendidikan Vista Education. Klik icon kuda yang bawa HP di samping ini yak!