Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa itu Jurusan Industrial Engineering ?

Apa itu Jurusan Industrial Engineering ?

Ulasan lengkap jurusan Industrial Engineering

Apakah kamu pernah mendengar tentang jurusan Industrial Engineering atau Teknik Industri? Penasaran dengan prospek karir ke depannya? Yang pasti jurusan ini sudah tidak asing lagi di Indonesia, ya. Kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai jurusan ini. 

Apakah Industrial Engineering itu?

Industrial Engineering atau Teknik Industri menantangmu untuk meningkatkan, merancang, mengelola, mengevaluasi, dan menguji sistem produksi. Kamu akan melihat bagaimana suatu produk dibuat atau bagaimana suatu layanan diberikan sehingga kamu dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan tersebut. Bidang ini fokus pada manusia. Kamu akan mempelajari bagaimana manusia menjadi bagian dari sistem produksi. Juga menyelidiki bagaimana mereka dapat melakukan pekerjaan dengan lebih efisien, dan bagaimana sistem produksi dapat dirancang untuk melayani mereka dengan lebih baik.

Mata Kuliah

Lalu apa saja mata kuliah yang akan kamu pelajari nanti? Siap-siap, ya, karena kamu akan mempelajari banyak hal, seperti Rekayasa Produk, Pengendalian dan Penjaminan Mutu, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Perancangan E-Business, Perancangan Tata Letak Perusahaan, Rekayasa Keselamatan Kerja, Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Kerja, Analisis dan Perancangan Perusahaan, serta Supply Chain Management. Kamu akan mempelajari bagaimana melakukan analisis, berpikir sistematis, problem solving, kemampuan manajerial, membuat keputusan, pemahaman matematika dan dasar teknologi.

Peluang Karir

Jenis karir yang ditawarkan untuk lulusan Industrial Engineering juga sangat bervariasi. Kamu bisa bekerja di perusahaan dengan gaji yang kompetitif. Beberapa bidang pekerjaan yang dapat kamu pilih antara lain produksi dan penjaminan mutu, sistem informasi, konsultan manajemen, logistik, dan marketing. Kamu mungkin akan memiiki profesi sebagai berikut:

1.     Bagian Operasional dan Logistik

2.     Product Manager

3.     Bagian Personalia (HRD)

4.     Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan

5.     Market Researcher

6.     Data Scientist

7.     Teknisi dan Operator Pabrik

8.     Pengajar/Dosen

9.     Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC)

10.  System Analyst

Kampus dengan Jurusan Industrial Engineering

Beberapa kampus dengan Jurusan Teknik Industri terbaik di luar negeri yang bisa kamu pilih adalah: Curtin University. Monash University, University of Nottingham, Queensland University of Technology (QUT), University of Greenwich, University of Groningen, Auckland University of Technology, dan University of Windsor . Kamu bisa menghubungi Konsultan Vista Education untuk mulai berdiskusi kuliah jurusan industrial engineering di luar negeri. 

Bagaimana? Sudah tidak penasaran lagi, kan, tentang jurusan ini? Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk kamu yang sedang bingung memilih jurusan kuliah. Tetap jaga semangat belajarmu, ya!