5 Tips Ampuh Mengerjakan Sesi Reading Dalam TOEFL
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Tips Ampuh Mengerjakan Sesi Reading Dalam TOEFL

5 Tips Ampuh Mengerjakan Sesi Reading Dalam TOEFL

Sesi reading dalam TOEFL memang seringkali bikin pusing. Namun ternyata ada cara-cara yang lebih efektif untuk mengerjakanya, lho. Biar nggak pusing lagi, yuk, simak beberapa tips mengerjakan soal reading TOEFL!

  1. Pahami pertanyaan atau soal

Yup, perhatikan dulu pertanyaan yang diberikan dalam tes. Karena kamu akan menemukan jawabannya di dalam artikel. Carilah keyword atau kata kunci dalam pertanyaan, sehingga akan memudahkan kamu menemukan jawabannya dengan cepat.

  1. Strategi skimming dan scanning

Teknik membaca ini penting karena akan menghemat waktu karena tidak perlu membaca keseluruhan artikel. Skimming yaitu membaca cepat artikel untuk mendapat inti bahasan. Sedangkan scanning adalah membaca cepat dengan tujuan mencari kata atau kalimat tertentu. Jadi, rajin-rajinlah berlatih membaca cepat sebelum menempuh TOEFL, ya.

  1. Pahami urutan soal

Biasanya, jawaban untuk soal reading akan berurutan dari atas ke bawah. Contohnya jawaban soal nomor 1, akan terdapat pada awal-awal paragraf pertama, bukan di akhir. Begitu juga jawaban soal terakhir, tidak ada di awal bacaan. Jadi, kamu akan tahu kira-kira dimana letak jawaban dari soal tersebut.

Baca juga: Berapa Biaya tes TOEFL/IELTS di Indonesia

  1. Jangan berhenti pada soal yang terlalu sulit

Hindari menghabiskan banyak waktu untuk sebuah soal yang sulit. Lebih baik tinggalkan dulu soal tersebut dan beralih ke soal lainnya yang lebih mudah dijawab. Kalau mengatur waktu dengan baik, kamu akan bisa menjawab soal yang sulit di sisa waktu tes dengan lebih tenang.

  1. Eliminasi jawaban yang salah

Dari beberapa pilihan jawaban, sebaiknya kamu eliminasi dahulu pilihan jawaban yang kamu yakini salah agar tidak membuatmu bingung. Perhatikan dan pahami semua pilihan jawaban, karena bisa saja jawaban yang benar tidak menggunakan kata atau kalimat yang persis seperti pada artikel. 

Itulah beberapa tips untuk mengerjakan sesi reading TOEFL. Semoga bermanfaat, ya! 

Nah, kalau kamu ingin mempersiapkan tes TOEFL atau IELTS didampingi tutor berpengalaman, jangan ragu untuk ikut kelas di VIP ! Akan ada lebih banyak tips buat kamu.

Wujudkan mimpimu kuliah di luar negeri bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

Baca juga: Harga Terbaru Vista English, Solusi Terbaik Tingkatkan Skill Bahasa Inggris

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !