Berapa rata-rata biaya les TOEFL atau IELTS di Indonesia?
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Berapa rata-rata biaya les TOEFL atau IELTS di Indonesia?

Berapa rata-rata biaya les TOEFL atau IELTS di Indonesia?

Yang mau ambil international, ayo baca ini dulu

Ingin tes TOEFL atau IELTS sebelum kuliah di luar negeri? Kira-kira biaya tesnya di berbagai lembaga? sama atau tidak ya? 

Sebelum kamu mengikuti tes TOEFL atau IELTS, kamu wajib tahu tujuan kamu mengikuti tesnya. Pastikan juga persyaratan dari calon universita. Apakah mereka mengharuskanmu melampirkan sertifikat TOEFL, atau malah si IELTS.

Soal biaya, kamu perlu berhati-hati. Banyak lembaga yang menawarkan tes TOEFL maupun IELTS. Harganyapun beragam dan cenderung murah.

Namun, kamu perlu tahu jika tes resmi TOEFL atau IELTS tidak bisa dilakukan disembarang tempat. Bahkan disebuah universitas lokal sekalipun. International test resmi TOEFL dilaksanakan oleh ETS dan lembaga yang terotorisasi bekerja sama dengan mereka seperti Vista Education. Sedangkan tes IELTS resmi dilaksanakan oleh British council dan lembaga partnernya.

Biaya tes TOEFL di Indonesia

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes kemampuan bahasa inggris yang sering digunakan oleh mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Tes TOEFL berlaku di negara Amerika Serikat atau Kanada.

Terdapat 2 jenis tes TOEFL, yaitu TOEFL ITP (Instituional Testing Program) dan TOEFL iBT (Internet Based Test).

  • TOEFL ITP adalah tes yang bersifat institusional sehinggga hanya berlaku pada institusi dan negara tertentu saja.
  • TOEFL iBT adalah tes yang menggunakan komputer, sehingga hasil tes akan langsung terhubung ke internet.

Skor maksimal TOEFL iBT adalah 120. Setiap universitas punya ketentuan skor minimum yang berbeda. Namun, rata-rata skor TOEFL adalah 100/120 – 110/120. Yang terpenting, skor di atas 90 itu sudah tergolong bagus kok. Tetap saja lihat terlebih dahulu ketentuan nilai minimum institusi tersebut.

Rata-rata biaya tes TOEFL di Indonesia adalah Rp2.957.500. Namun, di sejumlah lembaga bahasa atau balai bahasa di institusi, harganya sudah berbeda lagi dan tentunya jauh lebih terjangkau. Rata-rata biaya tes TOEFL ITP di beberapa universitas di Indonesia adalah Rp500.000.

 

Biaya tes IELTS di Indonesia

IELTS (International English Language Testing System) adalah tes kemampuan bahasa inggris yang mencakup 4 bagian, yaitu listening, reading, speaking, dan writing. Tes IELTS berlaku di institusi pendidikan di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Hongkong, Irlandia, serta sejumlah badan profesional di berbagai negara.

Terdapat 2 jenis tes IELTS, yaitu academic test dan general training test.

Academic test adalah tes yang digunakan mahasiswa ketika ingin kuliah di luar negeri ke negara berbahasa inggris.
General training test adalah tes yang digunakan untuk seseorang yang ingin pindah ke negara berbahasa inggris atau bekerja di organisasi profesional.
Untuk skor IELTS diukur menggunakan skala 0-9. Standar kelulusan nilai IELTS biasanya adalah antara 5.5 sampai 7. Rata-rata untuk program S1 membutuhkan sekitar 5.5 – 6.5, sedangkan program S2 membutuhkan 6 – 7.5. 

Mahasiswa asal Indonesia yang ingin ikut tes IELTS jangan sampai ketinggalan update-an biaya tesnya ya! Kalau ingin ikut, biaya tes IELTS untuk academic atau general training ada di kisaran USD 215 atau IDR 3,08 juta.

Rata-rata biaya tes IELTS UKVI adalah USD 270 atau IDR 3,87 juta. Sedangkan untuk biaya tes IELTS rata-rata adalah USD 200 atau 2,87 juta. Jadi, untuk rata-rata biaya tes IELTS adalah sekitar Rp3.000.000.


Dimana kamu bisa mengikuti tes TOEFL atau IELTS? Untuk tes TOEFL, kamu bisa mendaftar di laman resmi ETS. Kamu juga bisa melalui Vista Education loh. Cek jadwalnya di sini. Jika ada yang cocok, hubungi kami segera untuk mendaftar. Maksimal pendaftaran TOEFL international test adalah H-2 minggu sebelum tes berlangsung.

Sedangkan untuk IELTS, kamu bisa mengikutinya di British Council. Cek jadwalnya di laman resmi mereka, atau juga bisa mendaftar melalui Vista Education. 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !