Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Rekomendasi Universitas Untuk Belajar Energi

5 Rekomendasi Universitas Untuk Belajar Energi

Universitas di luar negeri ini jadi rekomendasi untuk kamu yang lagi jurusan energi

Kamu tertarik untuk belajar energi di universitas luar negeri? Ada 5 rekomendasi universitas yang bisa kamu pertimbangkan. Intip dulu seperti apa sih jurusan energi itu.


Sekilas Tentang Jurusan Energi

Energi adalah sesuatu yang dibutuhkan benda untuk melakukan suatu usaha. Maka, jurusan energi adalah jurusan yang mempelajari energi dari sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contoh sumber energi terbarukan adalah air, matahari, panas bumi, dan biomassa.

Jurusan teknik energi terbarukan memiliki berbagai cabang lagi, seperti teknik bioenergi dan kemurgi, konversi energi, rekayasa pembangkit energi, ketahanan energi, dan sistem pembangkit energi.

Prospek kerja lulusan jurusan teknik energi sangat dibutuhkan di masa depan. Profesi dan karir lulusan teknik energi umumnya adalah auditor energi, ahli teknik energi, ahli teknik sistem solar energi, dan ahli teknik energi angin.


5 Universitas Terbaik Jurusan Energi

1. Mid Sweden University

Universitas terbaik pertama untuk jurusan energi ini adalah Mid Sweden University, terletak di Sundsvall, Swedia. Universitas ini memiliki 2 gedung kampus yang masing-masing terletak di Sundsvall dan Ostersund.

Mid Sweden University menyediakan banyak fakultas, terutama berfokus pada teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu sosial dan media. Jenjang karir di kampus ini juga terjamin karena Mid Sweden University memiliki hubungan yang erat dengan industri dan perdagangan, otoritas lokal, hingga otoritas pemerintah.


2. International University of Rabat

Berikutnya adalah universitas swasta yang terletak di Maroko. Universitas ini menduduki peringkat ke-2 sebagai institusi terbaik dalam kategori pendidikan tenaga surya. Universitas ini memiliki jurusan Energy and Renewable Energy (E2R) dengan durasi pendidikan selama 3 tahun.

Pada jurusan energi di kampus ini, mahasiswa akan mempelajari pengetahuan ilmiah dan teknis yang diperlukan insinyur spesialis energi. Setelah lulus dari universitas, kamu akan mendapatkan jenjang karir yang menjanjikan. Mulai dari energi auditor, insinyur proyek energi terbarukan, insinyur studi energi rekayasa, teritorial engineer, dan lain-lain.


3. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Menjadi kampus teknik andalan, MIT juga unggul di bidang studi energi. Kampus ini memberikan peluang kepada mahasiswanya untuk melakukan penelitian yang berlangsung selama musim panas. Penelitian tersebut akan melibatkan berbagai sumber energi, sperti nuklir, matahari, panas bumi, dan angin.


4. New Jersey Institute of Technology

Letak kampus ini di kota Jersey. Reputasinya cukup mengagumkan dengan menduduki peringkat ke-118 sebagai National University dan peringkat ke-81 sebagai Best Colleged for Veterans menurut QS World University Ranking.

Kampus ini memiliki jurusan Power and Energy Systems dengan berbagai program studi yang menarik. Seperti energy conversion, energi terbarukan, control system components, dan lain-lain. Didukung dengan studi pembelajaran environmental impact analysis yang ilmunya dibutuhkan serta berkaitan erat dengan energi terbarukan.


5. Politecnico De Coimbra

Institusi ini menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi terbesar di Portugal. Kampus ini memiliki jurusan Electric Mobility and Power System untuk gelar master. Untuk jurusan ini, Politecnico De Coimbra menawarkan dua cabang pilihan untuk program master, yaitu Sustainable Transport dan Energy Systems.

 

Kemudian ada pula universitas dan institusi yang menyediakan jurusan teknik listrik dan energi. Seperti University of Petroleum and Energy Studies, Polytechnic University of Tirana, University of Southampton, dan University of Liverpool.

Jika kamu masih bingung dengan universitas yang tepat untukmu, konsultasikan saja dengan Vista Education yuk!