5 Rekomendasi Jurusan Terbaru Untuk Lulusan IPS

Lulusan IPS juga punya banyak jurusan terbaru dan paling banyak dicari. Yuk coba cari tahu

Gak cuma anak IPA yang punya pilihan jurusan kekinian . Kamu, para lulusan IPS juga punya berbagai pilihan jurusan keren. Bahkan, beberapa jurusan sudah menyesuaikan dengan teknologi yang berkembang saat ini. Sehingga, kamu tidak hanya belajar ilmu humaniora namun juga mempelajari teknologi yang menyertainya. Penasaran kan? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Aktuaria

Saat ini, setiap orang wajib melek investasi dan asuransi. Nah, Jurusan ini akan memberikanmu pemahaman tentang risiko-risiko ekonomi dan keuangan. Lulusannya dibutuhkan di perusahaan yang bergerak di bidang keuangan, khususnya insurance. Jurusan ini dapat dibilang langka karena masih terhitung jurusan baru. Padahal kebutuhan akan profesi aktuaris semakin meningkat setiap tahunnya. Sebuah peluang emas bukan? Apalagi kalau kamu tertarik juga dengan matematika. Yup, jurusan ini adalah jurusan IPS rasa IPA. Karena selain bidang humaniora, kamu juga akan mempelajari beberapa mata kuliah saintek. 

Digital Marketing

Siapa yang suka kena racun tik-tok atau dari para selebgram? Yes, mode iklan dengan media sosial merupakan salah satu trik digital marketing. Seperti namanya, jurusan ini akan membekalimu cara-cara untuk mempromosikan sebuah brand melalui media digital. Digital marketing kian populer karena dianggap menjangkau konsumen secara tepat, cepat, dan relevan.  Jurusan ini tak hanya mempelajari tentang teknik pemasaran di era digital, kamu juga akan mempelajari konsep-konsep psikologi, antropologi, dan multimedia. Salah satu universitas rekomendasi yang memiliki jurusan digital marketing adalah PSB Academy dari Singapore.

Akuntansi Teknologi Sistem Informasi

Jika masuk di jurusan ini kamu akan mendapatkan dua ilmu sekaligus, yaitu Sistem Informasi dan Akuntansi. Mahasiswa jurusan ini disiapkan untuk mengolah transaksi seperti kas, biaya produksi, gaji, dan utang-piutang untuk dijadikan sebuah laporan. Cocok banget buat kamu lulusan IPS yang menyukai akuntansi sekaligus ingin melek teknologi. Sikapmu yang tekun, teliti, dan detail akan sangat berguna.

Bisnis Digital

Jurusan Bisnis Digital mempersiapkan profesional di bidang penguasaan start up digital, marketplace, big data, hingga artificial intelligence. Jadi, kamu akan dibekali dengan ilmu bisnis menggunakan teknologi digital. Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari yaitu Pengantar Manajemen, E-Commerce Business, Analisa Bisnis Digital, Etika Bisnis, Strategi Bisnis Digital dan Implementasi, serta Ekonomi Digital Baru.

Penyiaran (Broadcasting) 

Jurusan yang masih terhitung baru ini adalah salah satu cabang dari ilmu komunikasi, khususnya jurnalistik. Kamu akan mempelajari bagaimana menciptakan dan mengemas suatu ide menjadi sebuah program acara. Selanjutnya, ide tersebut akan diproduksi dan disiarkan pada khalayak melalui media massa. Nantinya kamu bisa menjadi seorang sutradara, cameramen, fotografer, news anchor, reporter, dan presenter.

Gimana? Seru, kan, pilihan jurusannya? Kira-kira jurusan apa yang paling cocok buat kamu?