5 Rekomendasi Jurusan Kekinian Untuk Lulusan IPA

Kamu anak IPA? Habis ini lulus dan bingung mau ambil jurusan apa? coba baca dulu deh

Memilih jurusan kuliah ternyata gak bisa sembarangan loh. Wajib diperhitungkan dengan baik. Dilarang dadakan apalagi cuma ikut-ikut teman. Sebaiknya lagi, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Namun, pertimbangkan juga prospek karirnya. Nah, ulasan kali ini akan membahas beberapa jurusan terbaru untuk kamu para lulusan IPA. Yuk, kita simak bareng!

Cyber Security

Jurusan ini akan mengajarkanmu cara melakukan proteksi dari cyber-attack. Serangan dunia maya kerap terjadi terhadap dunia industri maupun pemerintah. Biasanya mereka menyasar database penting, rahasia perusahaan atau bahkan mencuri data untuk diperjual belikan kembali. Ya, seperti kasus salah satu ecommerce Indonesia yang kebobolan kemarin. Data jutaan penggunanya termasuk user name dan password mampu diambil oleh pihak tak bertanggung jawab. Jika ambil jurusan cyber security, kamu akan dibekali dengan pengetahuan dan keahlian dalam merancang, mengimplementasi, dan menguji pertahanan system. Cyber security ini cocok banget buat kamu yang berminat mempelajari sains komputer, serta punya kemampuan berpikir kritis tentang teknologi terbaru. 

Data Science

Pada jurusan Data Science kamu akan mempelajari bahasa pemrograman, khususnya yang digunakan untuk penggalian/ penambangan data atau data mining. Dimana pengolahan dan interpretasi data juga memerlukan ilmu Statistika dan Matematika. Mahasiswa juga akan belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Sehingga, dapat menyampaikan hasil pengolahan datanya dengan lancar. Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui yaitu Metode Numerik, Sistem Kecerdasan Bisnis, Pengantar Penambangan Data dengan Python, Basis Data dan Pemrograman SQL untuk Big Data, serta Teknologi Big Data dan Cloud Computing.

Agroekoteknologi

Agroekoteknologi adalah salah satu cabang ilmu pertanian yang lebih kompleks. Karena merupakan gabungan dari beberapa program studi di Fakultas Pertanian yaitu Agronomi, Ilmu Tanah dan Ilmu Hama, serta Penyakit Tumbuhan. Harapannya, kamu dapat melakukan inovasi untuk modernisasi pertanian yang berkelanjutan dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan, dan teknologi. Setelah lulus dari jurusan ini kamu dapat bekerja di perusahaan komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, dan atau kehutanan. Atau kamu bisa memilih untuk bekerja di bidang teknologi pangan, pakan, dan bioenergi.

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Kebutuhan tenaga kerja dari jurusan ini sangat sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Dimana banyak hal dilakukan dengan mudah menggunakan alat yang serba digital. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan mempelajari beragam hal tentang robot dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Kamu akan memahami konsep kerja robot dan penerapan ilmu AI. Asisten pribadi virtual seperti Siri, Alexa, dan Google Assistant, adalah contoh produk dari bidang ini.

Teknik Biomedis

Teknik Biomedis menggabungkan bidang ilmu keteknikan dan kedokteran, yang akan mempelajari bagaimana merancang alat-alat mekanis dan elektronis untuk membantu dunia kesehatan. Jurusan ini  mempelajari sistem elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan. Lulusannya diharapkan dapat membantu mengembangkan industri alat-alat medis, sehingga nantinya Indonesia semakin mandiri di industri ini. Nantinya kamu bisa berkarir di rumah sakit, laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian, pengembang perangkat lunak untuk kesehatan, dan tenaga pengajar di universitas.


Itulah beberapa jurusan baru untuk para lulusan IPA. Cukup beragam juga kan? Tak melulu masuk jurusan biologi, fisika atau kimia murni. Lulusan IPA juga bisa berduet dengan kemajuan teknologi. Apakah kamu berminat?
Jika kamu ingin informasi jurusan mana yang cocok untukmu saat kuliah di luar negeri, hubungi Vista Education aja. Kami siap membantu dan memberikan opsi universitas terbaik. Semangat!