5 Pekerjaan Menarik untuk Lulusan Biologi
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Pekerjaan Menarik untuk Lulusan Biologi

5 Pekerjaan Menarik untuk Lulusan Biologi

Bagi lulusan biologi yang ingin pekerjaan menarik dan tidak cepat membuat bosan harus baca ini!

Fokus jurusan biologi terbagi menjadi 2. Kita menyebutnya biologi murni dan terapan. Bidang kerja untuk lulusan ilmu biologi pun terbilang cukup luas dan beragam. Apakah keduanya bisa mendapat peluang kerja yang sama? Kira-kira, pekerjaan apa saja yang bisa kamu lakoni setelah lulus dari jurusan biologi kelak?

 

1. Food Scientist

Kamu pasti tahu frozen food atau makanan kemasan yang diawetkan layak konsumsi. Wah! Siapa sih yang pertama kali punya ide ini. Benar-benar sangat membantu bukan? Mengawetkan makanan haruslah melewati berbagai tahap analisa yang baik. Mari berterima kasih kepada para food scientist. Mereka membuat kita mengetahui pengolahan bahan makanan yang benar untuk dikonsumsi masyarakat.

Food scientist juga berperan dalam menghitung kandungan apa saja yang tertera dalam sebuah produk makanan. Kita bisa melihatnya di komposisi produk. Biasanya tertulis di belakang label kemasan. 

2. Ahli Botani

Biologi membuatmu semakin tertarik dengan dunia tumbuhan? Bagus! Prospek dalam bidang ini juga sedang bagus lho. Kamu bisa menjadi seorang ahli botani. Sebuah pekerjaan yang mempelajari berbagai aspek mengenai tumbuhan.

Sebagai ahli botani, kamu akan menganalisis proses fisiologis tumbuhan, sejarah evolusi, dan hal lainnya yang berkaitan dengan tanaman dan lingkungan. Bekerja sebagai ahli botani juga akan membuka peluangmu di bidang pertanian untuk mempelajari hama dan variasi iklim.

3. Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Lulus dari jurusan biologi tak harus bekerja di laboratorium rumah sakit atau instansi kesehatan saja. Kamu memiliki peluang bekerja di pabrik atau perkantoran untuk mengawasi keselamatan kerja para pegawai. Karena, tempat kerja dan peralatannya juga penting untuk diawasi lho.

Yang kamu kerjakan jika menjadi spesialis kesehatan dan keselamatan kerja pun cukup menarik dan menyenangkan. Seperti mendidik pegawai tentang prosedur kerja, lingkungan kerja, dan berbagai peralatan kerja yang aman dan memenuhi ketentuan keselamatan dan kesehatan.

4. Science Writer

Siapa sangka dari jurusan biologi pun bisa membuat tulisan yang menarik dan berharga mahal? Skill menulis yang kamu miliki dapat memuat tentang ilmu biologi yang kamu pelajari selama kuliah dan membuatnya menjadi beragam karya tulis.

Jenis tulisan yang bisa diunggah di media antara lain tulisan yang bertujuan untuk bisnis, media umum, maupun jurnal ilmiah. Lebih berani lagi jika menulisnya dengan bahasa inggris dan mengirimkannya ke redaksi luar negeri. Pendapatan dari tulisan bisa mencapai ribuan dollar.

5. Ilmuwan Forensik

Bukan hanya lulusan kriminologi yang bisa bekerja di bidang forensik. Lulusan biologi juga bisa menjadi ilmuwan forensik kok. Mahasiswa biologi juga akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan forensik untuk menemukan penyebab terjadinya suatu kasus. Seperti mengidentifikasi cairan tubuh dan darah, rambut, zat yang mudah terbakat, hingga serat pakaian.

Ilmu forensik itu sendiri banyak yang melibatkan ilmu sains dan fisika, tak hanya tentang kimia. Pekerjaannya pun mencari tahu dan mengidentifikasi jejak-jejak atau barang-barang yang ada di TKP dan sekitarnya. Kemudian ilmuwan forensik akan melaporkannya pada tim medis dan penegak hukum untuk mendokumentasikan temuannya.


Setelah lulus nanti, pekerjaan apa yang kira-kira cocok untukmu? Masih ada lagi pekerjaan menarik lainnya. Bahkan lulusan biologi juga bisa menjadi pengusaha, PNS, dan analis finansial juga lho!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !