Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Kota Pelajar Terbaik Untuk Kuliah di Australia

5 Kota Pelajar Terbaik Untuk Kuliah di Australia

Ingin jadi mahasiswa yang ambis juga, kuliahnya di kota pelajar dong. Ini daftar kota pelajar terbaik kalau kamu mau kuliah di Australia.

Australia punya kota-kota yang indah dan nyaman. Namun, kalau untuk kuliah, apa Australia punya kota yang kondusif? Apakah kamu pernah berfikir seperti itu? Gapapa kok. Sebelum kuliah di luar negeri, kamu juga perlu cari tahu kondisi lingkungannya juga. Kamu harus menikmati hari-harimu di luar negeri kelak. Yap, dengan memilih area tempat tinggal yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu ingin kuliah di Australia, maka kamu gak perlu khawatir. Negara ini setidaknya punya minimal 5 kota yang ramah untuk mahasiswa internasional. 

Apa aja tuh kota pelajar terbaik untuk kuliah di Australia? Ini dia 5 kotanya dengan keunggulan masing-masing.


1. Melbourne

Saat ini, Melbourne menjadi kota yang paling layak huni di dunia menurut The Economist. Kota ini juga berada di urutan kedua sebagai kota pelajar terbaik setelah Perancis. Kota Melbourne juga dikenal sebagai ibu kota budaya Australia yang punya banyak event, seperti musik live, acara olahraga, dan lain-lain.

Melbourne dijadikan kota idaman bagi para pelajar karena adanya Menara Eureka. Seperti Monas-nya Jakarta, dari Menara Eureka, pantai 297, orang-orang bisa melihat penguin di Teluk Port Phillip atau dermaga Semenanjung Mornington.

Di Melbourne terdapat berbagai universitas idaman pula, seperti:

  • Monash University
  • RMIT University
  • University of Melbourne.

2. Sydney

Jumlah mahasiswa internasional ada lebih dari 50.000 di kota Sydney. Kota ini jadi pusat keuangan negara dan kantor pusat dari beberapa perusahaan multinasional. Sydney memiliki tempat-tempat indah untuk dikunjungi, mulai dari museum hingga tempat teater yang sering mengadakan acara.

Pemandangan alam dan margasatwa juga bisa kamu lihat di Sydney. Kamu dapat menemui beruang koala dan kanguru liar lho! Tak cuma itu, Sydney pun menjadi tempat bagi 5 universitas peringkat dunia. Di antaranya adalah:

  • University of Sydney
  • University of Technology Sydney
  • Australian Catholic University.

3. Brisbane

Cari kota pelajar terbaik untuk kuliah di Australia sekaligus affordable? Brisbane jawabannya. Kota Brisbane merupakan kota terbesar ke-3 di Australia yang menawarkan biaya kuliah affordable. Rata-rata biaya kuliahnya sekitar AUD 27.000 – 34.000.

Yang bikin tergiur, Brisbane juga menjadi kota dengan tujuan wisata dengan ekonomi terbesar selain Sydney dan Singapura. Sedangkan untuk universitas affordable-nya, Brisbane punya universitas sebagai berikut:

  • James Cook University
  • University of Queensland

4. Canberra

Terkenal dengan banyak atraksinya, Canberra termasuk salah satu kota pelajar terbaik di Australia juga nih. Disini kamu bisa lihat Captain James Cook Memorial, Black Mountain Tower, dan bisa juga menghadiri turnamen Pemuda Sepak Bola Australia International Barassi tahunan.

Kota ini juga merupakan kota yang punya rata-rata biaya kuliah yang affordable, yaitu antara AUD 19.500 – 31.000. Istimewanya, Canberra punya universitas yang peringkatnya tertinggi di Australia, yaitu Australian National University (peringkat ke-19 di dunia menurut QS WUR).


5. Perth

Bukan cuma pelajar, kota ini juga menjadi salah satu pilihan terbaik para wisatawan. Meski tempatnya cukup terpencil di pantai Barat, iklimnya hangat dan nyaman, serta punya banyak tempat yang bisa dikunjungi. Seperti Scitech Discovery Centre, Kings Park, dan Pantai Cottesloe dan Pinnacles.

Pelajar menyukai Perth yang merupakan kota kecil, juga kehidupan sosial mahasiswa yang ada di kota tersebut. Terdapat beberapa universitas peringkat tinggi yang ada di Perth, yaitu:

  • University of Western Australia
  • Murdoch University

Kota pelajar terbaik di atas punya keunggulan apa lagi sih? Kalau ingin tahu lebih lanjut mengenai kota-kota di atas atau rekomendasi universitas yang ada di sana, hubungi Vista Education saja. Kamu bisa konsultasi mengenai universitas dan kota tempat studi yang cocok untukmu.